Home >  Berita >  Interaksi
Interaksi
gosumutcom_tqc2y_71749.jpg
MEDAN-Bakal calon Wali Kota Medan Bobby Nasution menyanyikan lagu batak Mardua Holong saat hadiri udangan aqiqah di rumah salah seorang relawan Kolaborasi Medan Berkah, Hasanul Jihadi di kawasan Medan Denai, Minggu (12/1/2020).
gosumutcom_59vuw_71724.jpg
Kader GSM siap Berkolaborasi dengan Bobby Nasution
Sabtu, 11 Januari 2020 19:44 WIB
MEDAN-Kader Gerakan Sumut Mengajar (GSM) siap berkolaborasi dengan Bobby Nasution.
gosumutcom_db5ld_71722.jpg
MEDAN- Lahan kosong seluas 1.000 meter di Jalan Eka Rosa Medan Johor dimanfaatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kreatif untuk bercocok tanam berbagai sayuran.
gosumutcom_2fgcp_71694.jpg
MEDAN-Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah Hermindo Tobing menyerahkan bantuan pertolongan jika terjadi banjir kepada para camat wilayah hukumnya.
gosumutcom_b3gjw_71676.jpg
KNKS Dorong Semua Pihak Kembangkan Ekonomi Syariah
Jum'at, 10 Januari 2020 19:46 WIB
MEDAN - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden RI Joko Widodo Nomor 91 Tahun 2016 sangat mengharapkan semua pihak ikut mengembangkan sistem Ekonomi Syariah terutama dari kalangan umat Islam yang jumlahnya mayoritas di Indonesia.
gosumutcom_hkdzr_71674.jpg
Rempala Dukung Niat Bobby Nasution Benahi Kota Medan
Jum'at, 10 Januari 2020 19:00 WIB
MEDAN-Remaja Masjid Pecinta Alam (Rempala) Indonesia Kota Medan mendukung Muhammad Bobby Afif Nasution yang dikabarkan maju di Pilkada Medan 2020.
gosumutcom_dbkqq_71664.jpg
KBDN Doakan Bobby Nasution jadi Wali Kota Medan
Jum'at, 10 Januari 2020 16:03 WIB
MEDAN-Keluarga Besar Dalihan Natolu (KBDNT) mendoakan serta mendukung penuh penuh pencalonan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan 2020-2024 mendatang.
gosumutcom_ekfgf_71621.jpg
MEDAN-Pertumbuhan perekonomian global diprediksi akan membaik di 2020. Demikian yang disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Wiwiek Sisto Widayat pada wartawan, Kamis (9/1/2020).
gosumutcom_4xjnn_71614.jpg
MEDAN-Bobby Nasution mengajak pegiat Media Sosial (Medsos) untuk menggali potensi Kota Medan.
Lewat Sungai Deli
gosumutcom_wuw3x_71582.jpg
Bobby Nasution Ingin Kembalikan Identitas Kota Medan
Kamis, 09 Januari 2020 12:30 WIB
MEDAN-Tokoh muda Kota Medan Bobby Nasution menyusuri Sungai Deli, Rabu (8/1/2020) siang.
gosumutcom_epvwy_71542.jpg
MEDAN-Muhammad Bobby Afif Nasution beranjangsana ke Taman Edukasi Alquran, Jalan Durung I Andansari, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.
gosumutcom_yguql_71535.jpg
MEDAN-Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Medan Amplas beraudiensi ke Kantor Komando Rayon Militer (Koramil) 08/Medan Johor, Rabu, (8/1/2020).
Medan Belum Ramah Difabel
gosumutcom_5t5cj_71530.jpg
MEDAN-Bobby Nasution rangkul Ahmad Faury, tokoh difabel inspirator Sumatera Utara (Sumut) untuk berkolaborasi mencari solusi terkait kaum disabilitas.
gosumutcom_btlw3_71572.jpg
MEDAN - Kalsium Organik dari tulang ikan yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Hydroksiapatit (Ha) tidak terlepas dari nama Dr. Muhammad Sontang Sihotang S Si MSi PhD. Beliau adalah Dosen Tetap dan Peneliti pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU). Lahir di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Sebagai Inventor (Penemu) Kalsium Organik dari Limbah Pesisir, Sontang Sihotang bersama Dosen Tetap FISIP USU Dra. Dara Aisyah M.Si., Ph.D yang juga sebagai Penggiat Program Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Malaysia dan Indonesia sepertinya tak kenal lelah memperjuangkan agar Kalsium Organik sebagai campuran makanan dan minuman dapat berterima dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Dalam berbagai kesempatan Sontang dan Dara Aisyah selalu mengkampanyekan pentingnya kalsium organik sebagai campuran makanan dan minuman agar masyarakat dapat hidup lebih sehat. Karena itu, berbagai produk makanan dan minuman mereka sasar mulai dari air minum isi ulang, jus buah, selai, roti, aneka kue dan bakso. Bahkan juga ada Spray pembersih wajah dan pengharum ruangan. Sontang dan Dara Aisyah merupakan anggota Pusat Unggulan Inovasi Green Chitosan dan Advanced Materials USU, mereka juga Pemenang Grass Roots Innovation Award dari Yayasan Inovasi Malaysia (YIM) di bawah Kementerian Sains dan Teknologi Malaysia, serta mendapat anugerah Al Khawarizmi Awards dalam Inovasi Sosial Pesisir untuk Tata Kelola Limbah Pesisir dan Berbagai Produk dari University Islam Malaysia (USIM) tahun 2013. Berbicara dengan GoSumut.com di sela perjalanan menuju Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat, Senin 6 Januari 2020 lalu, Sontang dan Dara Aisyah bersama Ketua Komunitas Go Eco Health Tourism (wisata kesehatan berwawasan lingkungan) Dr. Tengku Yohanita SpTHT KL menginginkan masyarakat Desa Perlis dan Jaring Halus di Kabupaten Langkat dapat diberdayakan mengolah limbah pesisir menjadi Kalsium Organik dan Karbon berkualitas ekspor. Sontang dan Dara Aisyah berharap agar Pemerintah Kabupaten Langkat dapat mendukung program pemberdayaan masyarakat pesisir tersebut. "Kesempatan pemberdayaan untuk masyarakat pesisir lainnya juga terbuka luas di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara. Yang penting Pemerintah Daerah setempat mau bekerjasama," ujar Sontang Sihotang seraya menyebutkan nomor WA yang dapat dihubungi +62 812-1489-6742.***
gosumutcom_2djpt_71497.jpg
Bobby Nasution Disambut Histeris di Pasar Petisah
Selasa, 07 Januari 2020 19:42 WIB
MEDAN-Para pedagang di Pasar Tradisional Petisah Medan, dibuat terkejut bercampur gembira saat melihat kedatangan Bobby Nasution, Selasa (7/1/2020) siang.
gosumutcom_5krbe_71472.jpg
MEDAN-Pelaku industri starup di Medan memberi respon positif terhadap konsep Kolaborasi Medan Berkah yang diusung Muhammad Bobby Afif Nasution.
gosumutcom_w2vxc_71470.jpg
Panwaslih Medan Amplas Anjangsana ke Polsek Patumbak
Selasa, 07 Januari 2020 12:31 WIB
MEDAN-Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Medan Amplas beranjangsana ke Mapolsek Patumbak, Jalan Pertahanan Patumbak, Selasa, (7/1/2019).
Songsong Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan
gosumutcom_p9bfr_71449.jpg
Panwaslih Medan Baru Konsolidasi dengan Muspika
Selasa, 07 Januari 2020 00:47 WIB
MEDAN-Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Medan Baru konsolidasi dengan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat.
gosumutcom_hcp2m_71440.jpg
STABAT - Wakil Bupati Langkat Syah Afandin bersama Wakil Ketua DPRD Langkat Ir. Antoni Ginting beserta jajaran mendukung program Go Eco Health Tourism (GEHAT) untuk diterapkan di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Hal itu diutarakan Syah Afandin dan Ir. Antoni Ginting saat menerima Ketua GEHAT Dr Tengku Yohanita SpTHT beserta unsur Pengurus di kediaman Wakil Bupati di Stabat, Senin (6/1/2020). Menurut Tengku Yohanita didampingi Sekretaris GEHAT Azharuddin, Koordinator Tim Peneliti Muhammad Sontang Sihotang PhD yang juga Dosen FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) dan Ahli Prototipe Pangan Berkalsium Organik Dara Aisyah PhD, Go Eco Health Tourism atau disingkat GEHAT adalah perkumpulan para penggiat Wisata Kesehatan Berwawasan Lingkungan. Konsentrasi kegiatan programnya, kata Tengku Yohanita, memberdayakan masyarakat lokal dengan dukungan pemerintah setempat. Khusus di Kabupaten Langkat memberdayakan potensi sumber daya alam, budaya melayu dan sejarah teknologi pertambangan minyak pertama di Indonesia Pangkalan Berandan menjadi objek wisata dengan melatih masyarakat membuat produk inovativ berupa produk inovasi kesehatan dari sampah pesisir dan wisata edukasi pengolahan sampah menjadi produk inovasi kesehatan yaitu kalsium organik. Kemudian menata wisata sejarah perminyakan, wisata budaya Melayu, wisata bahari beserta wisata kulinernya. Selain itu juga, kata Tengku Yohanita, GEHAT melalui jaringan perusahaan travel akan mempromosikan wisata Mangrove, wisata religi, wisata alam, wisata kebugaran mandi uap rempah Melayu, menata Homestay rumah panggung Melayu, menghidupkan Agrowisata, serta menata Kampung Wisata Bahari Budaya Melayu lengkap dengan wisata seni dan kuliner Melayu. "Semoga programGo Eco Health Tourism tersebut dapat diterima masyarakat dan pemerintah Kabupaten Langkat," harap Tengku Yohanita yang masih keturunan Sultan Langkat. Mendengar paparan itu, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin sangat menyambut positif dan akan menyinergikanya dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Langkat beserta jajaran. Secara terpisah Tim GEHAT juga diterima Sekdakab Langkat Dr. Indra di ruang kerjanya. Senada Wakil Bupati, Sekda mengapresiasi kedatangan penggiat Go Eco Health Tourism ke Kabupaten Langkat. "Semoga dengan sinergi GEHAT dengan Pemerintah Kabupaten Langkat dapat memajukan ekonomi masyarakat," harap Dr Indra yang saat itu didampingi Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat dan sejumlah Staf. Sebelumnya Tim GEHAT juga diterima Camat Berandan Barat Muhammad Harmain SSTP, Kepala Desa Perlis Junaidi Salim beserta perangkat desa di Kantor Camat Berandan Barat.***
gosumutcom_t53hb_71478.jpg
STABAT - Wakil Bupati Langkat Syah Afandin bersama Wakil Ketua DPRD Langkat Ir. Antoni Ginting beserta jajaran mendukung program Go Eco Health Tourism (GEHAT) untuk diterapkan di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Hal itu diutarakan Syah Afandin dan Antoni Ginting saat menerima Ketua GEHAT Dr.Tengku Yohanita Sp.THT (KL) beserta unsur Pengurus di kediaman Wakil Bupati di Stabat, Senin (6/1/2020). Turut mendampingi Tengku Yohanita, Sekretaris GEHAT Azharuddin, Koordinator Tata Kelola Limbah dan Inovasi Produk Pesisir , Muhammad Sontang Sihotang,S.Si.,M.Si., Ph.D., yang juga anggota Pusat Unggulan Inovasi Material Maju USU, dan Dosen Tetap Fisika FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU), serta Koordinator Organisasi dan Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat Dra. Dara Aisyah, M.Si., Ph.D. Dijelaskan Tengku Yohanita, Go Eco Health Tourism atau disingkat GEHAT adalah perkumpulan para penggiat Eko Wisata Berwawasan Kesehatan Lingkungan. Konsentrasi kegiatan programnya, kata Tengku Yohanita, memberdayakan sosial ekonomi masyarakat lokal dengan dukungan pemerintah setempat. Khusus di Kabupaten Langkat memberdayakan juga potensi sumber daya alam, budaya melayu dan sejarah teknologi pertambangan minyak pertama di Indonesia dan nomor 2 di dunia. Pangkalan Berandan menjadi objek wisata dengan melatih masyarakat membuat produk inovatif berupa membangun produk inovasi kesehatan dari sampah pesisir dan wisata edukasi pengolahan sampah menjadi produk inovasi kesehatan yaitu karbon aktif dan kalsium organik yang bermanfaat untuk peningkatan pendapatan serta memenuhi keperluan makanan dan minuman kesehatan karena serba organik demi peningkatan kesehatan masyarakat pesisir . Kemudian menata wisata sejarah perminyakan, wisata budaya Melayu, wisata bahari beserta wisata kulinernya. Selain itu, kata Tengku Yohanita, GEHAT melalui jaringan perusahaan travel akan mempromosikan wisata Mangrove, wisata religi, wisata alam, wisata kebugaran mandi uap rempah Melayu, menata Homestay rumah panggung Melayu, menghidupkan Agrowisata, serta menata Kampung Wisata Bahari Budaya Melayu lengkap dengan wisata seni dan kuliner Melayu. "Semoga program GEHAT tersebut dapat diterima masyarakat dan pemerintah Kabupaten Langkat," harap Tengku Yohanita yang masih keturunan Sultan Langkat. Mendengar paparan itu, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin sangat menyambut positif dan akan mensinergikannya dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Langkat beserta jajaran.Dalam waktu dekat ini Wakil Bupati Syah Afandin juga mengharapkan produk-produk inovasi GEHAT juga di ikut sertakan terlibat dalam pameran HUT Kab.Langkat yang akan berlangsung di alun-alun Stabat selama 3 hari sampai tgl.17 Jan 2020 nanti. Secara terpisah Tim GEHAT juga diterima Sekda Kab. Langkat Dr. Indra Salahuddin di ruang kerjanya. Senada Wakil Bupati, Sekda mengapresiasi kedatangan penggiat GEHAT ke Kabupaten Langkat. "Semoga dengan sinergi GEHAT dengan Pemerintah Kabupaten Langkat dapat memajukan sosial ekonomi masyarakat," harap Dr. Indra yang saat itu didampingi Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat dan sejumlah Staf. Sebelumnya Tim GEHAT juga diterima Camat Berandan Barat Muhammad Harmain STP, Kepala Desa Perlis Junaidi Salim beserta perangkat desa di Kantor Camat Berandan Barat.***
gosumutcom_rtghl_71423.jpg
MEDAN-Bobby Nasution menghadiri acara Open House dalam rangka menyambut Tahun Baru 2020 di Keuskupan Agung, Jalan Imam Bonjol Medan, Minggu (5/1/2019).
gosumutcom_sbnk2_71411.jpg
MEDAN-Muhammad Bobby Afif Nasution mengajak milenial Kota Medan untuk berkolaborasi membuat terobosan berdasarkan bakat dan kreativitas secara positif.
gosumutcom_mmu4z_71442.jpg
MEDAN - Sembari melaksanakan Jalan Sehat, ratusan anggota Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) menggelar silaturahmi di rumah Prof Dr H Dharma Bakti MS/Prof Dr Ir Hj Rosmayati MS (Wakil Rektor I USU) Jalan Tri Dharma Komplek Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Ahad (5/1/2020). Hadir saat itu Ketua KAHMI Medan Prof Dr Hasyim Purba, Presiden KAHMI Forever Jalan Sehat (KFJS) Ashari Tarigan, Senioran KAHMI Drs. H. Panusunan Pasaribu MM, Ketua KNPI Sumut Sugiat Santoso, unsur KAHMI Sumut dan Medan, Ketua Iptek Lebah Madu Sumut Drs M Achir Lubis yang juga alumni HMI UISU serta undangan lainnya. Acara silaturahmi diwarnai sarapan pagi bersama ditambah cemilan kue dan minuman berkalsium organik racikan Peneliti FMIPA USU Dr Muhammad Sontang Sihotang S Si MSi bersama Pengajar FISIP USU Dara Aisyah PhD. Prof Dr H Dharma Bakti selaku tuan rumah dalam sambutan berharap kepada Pengurus KFJS agar bisa melaksanakan kegiatan jalan sehat setiap pekan secara bergantian di lain-lain tempat. "Silaturahmi ini penting untuk menyatukan pandangan dalam menghadapi tantangan ke depan," ujar Dharma Bakti. Sementara Panusunan Pasaribu berharap perlunya pembangkitan program produktif generasi penerus HMI dengan dukungan para alumni. "Ada 12.000 alumni HMI. Supaya jangan ngemis kemana-mana lagi adik-adik kita, para alumni bisa sumbang 200 juta per tahun untuk mendukung kegiatan produktif generasi generasi penerus HMI. Ini kan lumayan. Kalau tak ada HMI, KAHMI juga habis," kata Pasaribu seraya mengajak generasi penerus HMI mengaktifkan Kantor Komisariat di Jalan Adinegoro Medan. Di kesempatan tersebut juga digalang bantuan sumbangan bagi keluarga besar HMI yang sedang terkena bencana alam banjir.***
Pesta Rakyat Old and New Sambut Tahun Baru 2020 di Simalungun
gosumutcom_ymbxl_71360.jpg
SIMALUNGUN-Jelang Memasuki Pergantian Tahun Old And New, Pemkab Kabupaten Simalungun mengadakan pesta rakyat yang sederhana namun punya makna kebersamaan, penuh keakraban.
gosumutcom_lay5t_71340.jpg
JAKARTA-Gojek hari ini resmikan kerjasama tanggap darurat banjir dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan badan terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kerja sama ini merupakan bagian dari serangkaian inisiatif Gojek yang berjalan sejak hari pertama banjir di Jakarta dan sekitarnya.
gosumutcom_qczwn_71330.jpg
Bobby Nasution Terharu Dijamu Warga Bilal Makan Pakkat
Jum'at, 03 Januari 2020 16:51 WIB
MEDAN-Makan bersama warga Jalan Bilal, Pulau Brayan Darat I, Medan Timur, Kota Medan memberi kesan sangat berarti bagi Bobby Afif Nasution.
gosumutcom_6wbug_71304.jpg
Intip Tips Hadapi Body Shaming Berikut Ini
Kamis, 02 Januari 2020 15:41 WIB
MEDAN-Masih banyak yang menganggap bahwa kecantikan ideal perempuan itu adalah perempuan yang bertubuh tinggi semampai, langsing dengan kulit putih dan rambut panjang seperti layaknya model di atas catwalk. Sehingga orang terutama terutama kaum perempuan akan berlomba lomba berusaha memenuhi kriteria tersebut untuk dikatakan cantik. Bahkan berbagai iklan produk pelangsing atau penurunan berat badan dan pemutih warna kulit selalu laris di media.
gosumutcom_qjbgu_71283.jpg
Panwascam Medan Polonia Audiensi ke Kantor Camat
Rabu, 01 Januari 2020 23:51 WIB
MEDAN-Panitia Pengawas Pemilihan tingkat Kecamatan (Panwascam) Medan Polonia beraudiensi ke kantor Camat Medan Polonia, Senin, (30/12/2019).
gosumutcom_eynnf_71282.jpg
MEDAN-Menjelang malam tahun baru 2020, sejumlah anak muda di Kota Medan menggelar kegiatan kreatif dan positif.
gosumutcom_qhqah_71281.jpg
MEDAN-Bobby Nasution ikut merayakan pergantian tahun di Kota Medan.
Sambut Tahun Baru 2020
gosumutcom_ne2er_71280.jpg
Bobby Nasution Gelar Doa Bersama di Medan
Rabu, 01 Januari 2020 22:50 WIB
MEDAN-Muhammad Bobby Afif Nasution ikut merayakan pergantian tahun di Kota Medan dengan menggelar doa bersama.
gosumutcom_juujl_71192.jpg
Ada Jambore Remaja Masjid BKPRMI Sumut di Arena PRSU
Senin, 30 Desember 2019 19:41 WIB
MEDAN - Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) mulai Senin (30/12/2019) menggelar Jambore Remaja Masjid se-Sumatera Utara. Kegiatan dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah. Demikian disampaikan Ketua Umum DPW BKPRMI Sumut Zulchairi Pahlawan SH di arena PRSU Medan hari ini. Dikatakan Zulchairi, kegiatan digelar di Area Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) mulai 30 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. "Sudah kita mulai hari ini (30 Desember 2019) bakda Zuhur dengan beberapa perlombaan. Insha Allah besok pembukaan dilakukan Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajekshah," ungkap Zulchairi Pahlawan. Menurut Zulchairi, jambore sengaja digelar mendekati akhir tahun agar remaja muslim tidak lagi merayakan tahun baru masehi secara berlebihan yang terkadang menjurus ke sifat-sifat jahiliyah. "Tahun Baru Islam ada, tapi terkadang kita kurang semangat menyambutnya. Jambore ini mudah-mudahan bisa mengurangi kegiatan-kegiatan jahiliyah," urai Zulchairi. Disampaikannya, jambore ke-3 BKPRMI Sumut ini merupakan refleksi remaja muslim terhadap apa yang sudah dilakukan terhadap kemaslahatan umat. "Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi, pertemuan sesama kader BKPRMI se-Sumatera Utara. Menarik nafas yang sama untuk kemaslahatan umat yang lebih baik ke depannya," terang Zulchairi. Jambore juga diisi pembahasan mengenai kewirausahaan bagi kader-kader BKPRMI se-Sumut. "Kita ingin menciptakan wirausahawan BKPRMI. Oleh karenanya kami juga menggandeng Bank Sumut Syariah, PDAM Tirtanadi dan beberapa BUMD Provinsi Sumut lain," terang Zulchairi. Sementara itu, Ketua Panitia Diki Anugerah Panjaitan mengatakan jambore akan diisi 14 cabang perlombaan. Di antaranya tabligh akbar, muzakarah dan muhasabah. "Pemenang akan diumumkan saat penutupan tanggal 1 Januari 2020," pungkas Diki.***
gosumutcom_4hdfu_71188.jpg
PALAS-Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV tahun 2019.
gosumutcom_lg5yp_71140.jpg
DELI SERDANG - Dosen FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muhammad Sontang Sihotang SSi MSi memamerkan aneka produk makanan dan minuman hasil penemuannya yang mengandung kalsium organik di sela kegiatan bakti sosial komunitas Go EcoHealt Tourism (GEHAT) di lokasi Wisata Mangrove Jalan Persil Dusun 18 Desa Bagan Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Minggu (29/12/2019). Aneka produk makanan dan minuman mengandung kalsium organik yang dipamerkan tersebut antara lain roti, selai, coklat kurma, kerupuk, bakso, minyak goreng, jus buah-buahan, susu dan air mineral. "Ini baru beberapa contoh produk makanan dan minuman kesehatan yang mengandung kalsium organik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Sebenarnya masih banyak lagi makanan dan minuman yang bisa diversifikasi mengandung kalsium organik," ujar Sontang kepada GoSumut.com. Uniknya, kata Sontang, kalsium organik campuran aneka makanan dan minuman tersebut bersumber dari limbah tulang ikan yang higienis dan halal. Bagi Anda yang ingin menikmati aneka makanan dan minuman sehat dan lezat itu dapat juga dibeli di Politeknik Bisnis Corner Komplek USU Medan atau di Restoran GH Corner Jalan Dr Mansur dekat SPBU.***
gosumutcom_gcaup_71128.jpg
Nenek Khadijah Terharu Dapat Kunjungan Bobby Nasution
Minggu, 29 Desember 2019 15:32 WIB
MEDAN-Khadijah (60) tak kuasa menahan air matanya saat menerima kunjungan Bobby Afif Nasution, Jumat (27/12/2019) malam.
gosumutcom_3wzvp_71166.jpg
Bakso Sehat Berkalsium Organik, Ada di Jalan Ringroad
Minggu, 29 Desember 2019 14:04 WIB
MEDAN - Ini memang lain. Beda dari bakso biasanya. Lainnya terletak pada campuran kalsium organik yang menyelimuti bakso dan kuahnya. Bening dan tidak berlemak. Rasanya? Luar biasa, maknyus. Mantul (mantap betul). Itu dirasakan GoSumut saat menikmati semangkuk Bakso Ha di arena bakti sosial dan pameran aneka produk panganan sehat berkalsium organik yang digelar Komunitas EcoHealt Tourism (GEHAT) di lokasi Wisata Mangrove Jalan Persil Dusun 18 Desa Bagan Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Ahad (29/12/2019). Menurut Joko Imawan Manager Bakso Ha, mereka sengaja meracik bakso berkalsium organik setelah bertemu dengan penemu kalsium organik dari tulang ikan yang juga Dosen FMIPA Universitas Sumatera Utara Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si MSi. "Setelah menggunakan kalsium organik, bakso kami kok tambah enak, padahal tanpa campuran penyedap rasa. Kata Pak Sontang, makanan atau minuman yang dicampur dengan kalsium organik rasanya tambah lezat, bahkan membuat sehat," tutur Joko. Mengutip penjelasan sang penemu kalsium organik dari tulang ikan, papar Joko, anak-anak yang suka makan bakso Ha sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi. Khusus untuk orang tua bahkan bisa mengobati Osteoporosis atau pengeroposan tulang. Menurut MS Sihotang, sang penemu, Kalsium Organik atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Hidroksiapatit (HA) adalah bentuk mineral murni yang juga sebagai komponen mineral utama bagi tulang manusia dan gigi. "Hidroksiapatit merupakan suatu kalsium fosfat seramik yang terdiri atas kalsium (Ca) dan fosfat (P) dan berasal dari rangka sejenis binatang karang dan melalui proses hidrotermal. Penggunaan Hidroksiapatit tidak mengalami permasalahan dari segi kesesuaian biologi. Bahkan Hidroksiapatit bersifat mudah diserap (resorpsi), tidak beracun dan bioaktif sehingga dapat membentuk ikatan langsung dengan tulang. Karana itu, kata MS Sihotang, Hidroksiapatit dapat digunakan sebagai bahan pengganti tulang misalnya untuk mengisi dan membangun kembali tulang yang cacat. Tak sabar mengetahui dimana alamat Resto Bakso Ha/Bakso Bom ini? Bagi Anda pencinta Bakso, boleh berkunjung ke Jalan Ringroad No.4 dekat simpang Jalan Kenanga Raya. Buat yang mau order untuk acara pesta dapat menghubungi nomor WA Joko Imawan 0812-6242-4119. Soal harga, dijamin terjangkau.***
gosumutcom_scwk5_71081.jpg
Bank Sumut Persiapkan Listing Ke Bursa Saham
Sabtu, 28 Desember 2019 11:18 WIB
MEDAN - Bank Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Bank Sumut) di 2020 akan melakukan persiapan untuk masuk (Listing) ke pasar Bursa Saham. Hal ini dikemukakan Direktur Utama (Dirut) PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo di depan peserta Ujian Calon Anggota Muda dan Anggota Biasa Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PWI Sumut) di aula lantai 10 Gedung PT Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Sabtu (28/12/2019). Hadir saat itu Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE beserta jajaran unsur pengurus, Sekretaris PT Bank Sumut H Syahdan Ridwan Siregar, Humas Datuk Sulaiman dan sejumlah Staf PT Bank Sumut. Lebih lanjut dijelaskan Budi Utomo, perlunya PT Bank Sumut melakukan persiapan Listing ke pasar Bursa, selain untuk menambah kemampuan modal juga untuk memudahkan balancing control yang dilakukan publik terhadap Bank Sumut. Khusus kepada wartawan, Dirut Bank Sumut berharap dapat bersinergi untuk memajukan Bank rakyat Sumut ini menjadi Bank kebanggaan masyarakat Sumatera Utara. Ujian Calonkan Anggota Muda dan Anggota Biasa PWI Sumut tersebut diikuti seratusan wartawan dari berbagai media massa di Sumatera Utara.***
gosumutcom_jbk9l_71076.jpg
MEDAN - Dirut Bank Sumut Muchammad Budi Utomo PWI akan membuka penerimaan calon anggota muda dan kenaikan tingkat dari anggota muda menjadi anggota biasa, Sabtu (28/12/2019) di Aula Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan. "Humasy Bank Sumut Datok Sulaiman menyatakan Dirut Muchammad Budi Utomo akan hadir serta membuka ujian tersebut," ujar Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE didampingi Sekretaris Edward Thaher, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal R Surya Wakil Sekretaris Rifki Warisan, Seksi Pendidikan Evaluasi Siregar dan lainnya, Jumat (27/12/2019). Dijelaskan, konfirmasi kehadiran Muchammad Budi Utomo disampaikan Humasy Bank Sumut Datok Sulaiman. Katanya Dirut Bank Sumut akan memaparkan rencana kerja bank yang dipimpinnya pada 2020 di antaranya IPO. Pemaparan ini akan menjadi bahan membuat berita. Dikatakan, acara akan dimulai pukul 08.00 WIB (registrasi) dan pembukaan pukul 09.30 WIB. “Usai pembukaan akan dilakukan pembekalan mengenai PD/PRT PWI, UU No 40 Tahun 1999 tentang pers, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Setelah itu ujian,” ungkap Herman. Pembekalan Selain ketiga materi itu, Ketua PWI Sumut dalam pembekalan kepada peserta ujian akan mengupas perubahan liputan khususnya terhadap wartawan media cetak dalam masa Revolusi Industri 4.0 sejalan dengan makin berkurangnya pembaca koran yang diperkirakan menyusut cuma tinggal 30 persen lagi. “Kondisi senja kala media cetak itu bukan saja terjadi di Sumatera Utara, tapi juga merata di semua daerah di tanah air, termasuk juga terhadap media ibukota karenanya konsekuensi dari hal itu wartawan juga harus mengubah pola liputannya dari cuma straight News menjadi liputan berkedalaman (Indepth News) dan reportase investigasi (investigative reporting),” ujar Hermansjah. Kalau wartawan tidak juga mau berubah dalam liputan, tambahnya lagi, jangan salahkan siapa-siapa jika media tempat kita bekerja cepat atau lambat akan menggusur wartawan tersebut dari tempatnya bekerja karena liputannya masih belum berubah juga, padahal zaman sudah jauh berubah. Selain itu Wakabid Organisasi Khairul Muslim akan mengupas Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI. Hal itu penting sebagai calon anggota wajib tahu mengapa harus masuk organisasi, termasuk juga soal Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Sedangkan Wakabid Pendidikan Rizal Rudi Surya akan mengupas soal Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) sejalan dengan ketentuan yang digariskan Dewan Pers agar wartawan melindungi anak saat yang berangkutan terlibat atau jadi korban tindakan kriminal. Dimana anak dalam ketentuan UU RI NOMOR 35 TAHUN 2014 Tentang Perubahan Atas Nomor 23 TAHUN 2002 tentang Perlindungan Anak Harus mendapat perlindungan masa depannya, sehingga pers berkewajiban memberikan perlindungan antara lain, menutup informasi terkait anak berusia maksimal 18 tahun dalam tiap pemberitaan di media massa. Ancaman terhadap pelanggaran UU ini sangat berat karena pers diancam hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta.***
gosumutcom_pxfbk_71037.jpg
MEDAN-Indosiar segera menginjak usia 25 tahun, usia perak ini Indosiar terus memberikan sumbangsihnya di industri televisi di Indonesia. Indosiar selalu menyuguhkan hal-hal spektakuler yang akan menjadi tolak ukur baru di industri pertelevisian Indonesia.
gosumutcom_8l9e6_70994.jpg
Johor Islamic Green School, Sekolah Alam Tanpa PR
Rabu, 25 Desember 2019 08:15 WIB
MEDAN - Agaknya ini menjadi sekolah pilihan kaum Milenial yang menarik untuk diikuti. Betapa tidak, Johor Islamic Green School (JIGS) yang berlokasi di Jalan Karya Kasih No.54 Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor ini memiliki metode belajar tanpa membebani siswa seperti Pekerjaan Rumah (PR) yang biasa diterapkan di sekolah umum. Kemudian sekolah ini juga tidak menerapkan sistem ranking. Pasalnya, sistem ranking dinilai tidak tepat. Karena seorang siswa tidak bisa dibandingkan dengan siswa lainnya.Justru yang terbaik adalah membandingkan siswa dengan perkembangan dirinya sendiri. "Strategi pendidikan di JIGS adalah memotivasi semangat kompetisi dalam bingkai kerjasama siswa atau fastabikhul khairat (berlomba untuk berbuat baik)", tutur Andi salah seorang Staf Pengajar tamatan Unimed. Satu hal yang juga menarik dari sistem pendidikan di JIGS adalah pemberian tanda bintang setiap hari kepada siswa yang menunjukkan sikap positif baik dalam sikap moral maupun akademik. Bahkan setiap minggunya khusus kepada beberapa siswa diberikan tanda super bintang bagi mereka yang menunjukkan upaya pencapaian atas sikap-sikap positif tersebut. JIGS juga melakukan pemantauan minat bakat setiap siswa. Setelah minat bakat siswa ditemukan selanjutnya dilakukan pengembangan melalui metode Talenta Mapping. Masih banyak lagi metode belajar yang kreatif dan inovatif dalam sistem pendidikan yang diterapkan JIGS. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi WA 081367478292 atau 082272729530. JIGS mengelola tingkat Playgroup, TK-A, TK-B dan SD. Yang pindahan di jenjang itu juga diterima. Pembiayaannya relatif terjangkau.***
gosumutcom_zxmf2_70979.jpg
Insan Pers Sumut Apresiasi Buku Bunga Rampai Pers
Senin, 23 Desember 2019 13:57 WIB
MEDAN - Para insan Pers yang bertugas di Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi peluncuran Buku "Bunga Rampai Pers Sumatera Utara Dari Zaman Kolonial Sampai Milenial" di Ruang T Rizal Nurdin Kantor Gubsu Medan, Senin (23/12/2019). Buku tersebut diterbitkan Biro Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara (Setda Provsu). Hadir saat itu Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provsu Hendra Dermawan S.STP MSP, Ketua PWI Sumatera Utara H Hermansjah SE, Ketua Unit Wartawan Pemprovsu Drs. Khairul Muslim, Perwakilan AJI Medan, Pengurus IJTI Sumut, FJP Sumut, Editor buku Vina Zuhra, puluhan wartawan dan undangan lainnya. Peluncuran ditandai pembagian buku oleh Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provsu kepada perwakilan insan pers. Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provsu Hendra Dermawan berharap kehadiran Buku Bunga Rampai dapat menambah khazanah perbendaharaan buku tentang pers di Sumatera Utara dan lebih khusus lagi bermanfaat bagi generasi muda sebagai pengetahuan bagaimana perjuangan pers di Sumatera Utara sejak pra kemerdekaan, masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan, masa Orde Lama, Orde Baru, Era Reformasi dan Zaman Milineal masa kini. Harapan senada juga disampaikan Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE. Menurut Herman, buku ini perlu jadi pegangan wartawan untuk mengetahui bagaimana idealisme wartawan pada zaman tempo dulu, sekaligus menjadi inspirasi, inovasi dan kreasi dalam mengelola media massa di zaman kekinian. Terlebih di tengah masa senja keberadaan media cetak seiring kemajuan Smart Phone.***
gosumutcom_jrzky_70884.jpg
MEDAN-Perayaan Natal Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik bersama pasien dan keluarga pasien dengan tema 'Bersama Tuhan Kulewati Semua (Filipi 4:6-7)' di Gedung CMU berlangsung hikmat, Sabtu (21/12/2019).
gosumutcom_d3ywe_70870.jpg
Metamorfosa Sosok Abirama di Single Terbarunya: EGO
Sabtu, 21 Desember 2019 18:04 WIB
JAKARTA-Ego just talk to me I know your insecurities Lower your guard slowly Gently.
gosumutcom_zqcbe_70790.jpg
Lebih Jauh Tentang Manfaat Susu, Ini Penjelasannya
Jum'at, 20 Desember 2019 14:10 WIB
JAKARTA - Ada anggapan bahwa susu hanya dibutuhkan untuk masa pertumbuhan anak-anak sampai dengan umur 15 tahun atau hanya sampai SMP saja. Begitu ada yang beranggapan bahwa anak muda 18 - 29 tahun sudah tidak perlu minum susu karena lemak susu bisa menambah berat badan berlebih. Namun, apakah hal tersebut benar? Apakah memang susu hanya untuk anak-anak saja? Kalau diperhatikan, anak muda yang berumur 18 - 29 tahun memiliki segudang kegiatan dan lebih aktif bergerak dibanding anak-anak, serta cenderung berkegiatan dari pagi sampai malam. Kalau kita lihat dari data Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di usia dewasa, tubuh masih membutuhkan nutrisi makronutrien dan mikronutrien. Apa saja nutrisi makronutrien yang dibutuhkan anak muda usia 18 - 29 tahun? Kebutuhan gizi makronutrien merupakan energi, protein, lemak, karbohirat, dan air. Sementara kebutuhan mikronutrien merupakan vitamin B3, B6, E, Zinc, dan kalsium. Apa sih manfaat Vitamin B3 dan B6? Vitamin B3 membantu metabolisme energi, sintesis glukosa, asam lemak, dan memperbaiki jaringan, sementara manfaat Vitamin B6 memelihara fungsi otak, pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme glukosa dan asam amino menjadi energi. Dimana bisa kita dapatkan nutrisi makronutrien dan mikronutrien tersebut? Tak lain adalah Susu. Jika produk susu digantikan bahan makanan lain dengan jumlah kalsium yang sama, contoh sayuran berdaun hijau dan susu soya yang diperkaya kalsium, maka asupan harian tersebut akan kekurangan jumlah protein, kalium, magnesium, fosfor, riboflavin, vitamin A dan vitamin B12. Jadi, susu masih dibutuhkan oleh semua golongan usia, khususnya mereka yang memiliki aktivitas fisik dan kebutuhan energi yang meningkat di usia dewasa sehingga tubuh memerlukan asupan nutrisi yang tepat. dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK, dokter spesialis gizi, mengatakan “Susu merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang menunjang kesehatan, termasuk menjaga kepadatan tulang, khususnya bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif. Banyak yang menganggap bahwa susu hanya dibutuhkan oleh anak-anak. Faktanya, susu mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk tiga nutrisi esensial (makronutrien) yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Susu juga mengandung berbagai mikronutrien seperti kalsium, potassium dan magnesium yang memiliki berbagai macam manfaat yang cocok untuk anak muda yang aktif. Jadi, memang disarankan untuk anak muda tetap mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan.” Lebih lanjut dijelaskan oleh dr. Diana, saat ini banyak anak muda yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik karena pola makan, gaya hidup, serta kurangnya vitamin dan mineral. Mereka menganggap asupan selain makanan utama, seperti susu, bukanlah asupan yang penting untuk mereka. Padahal, mikronutrien seperti yang terkandung dalam susu adalah nutrisi yang mendukung mereka dalam menjaga semangat dan aktivitas kesehariannya. Yuk, menjelang liburan akhir tahun ini kita jaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan vitamin yang sesuai dan diperlukan oleh tubuh kita!  NUTRIBOOST berlogo VITA GO merupakan sumber vitamin B3, B6, E dan Zink yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan dan metabolisme energi, serta memberikan semangat untuk jalani aktivitas sehari-hari. Untuk mendukung gaya hidup aktif,NUTRIBOOST tersedia dalam dua kemasan, yaitu kotak 180 ml dan botol 240 ml yang mudah dibawa kemana pun. Minuman susuNUTRIBOOST rasa cokelat dan rasa kopi juga dihadirkan sesuai dengan preferensi anak muda Indonesia.***
gosumutcom_pylnn_70787.jpg
BATANGTORU - PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe terus berkomitmen mendorong peningkatan kesejahteraan para petani di Batangtoru, di antaranya dengan memulai pembangunan jembatan gantung di Desa Sumuran pada Selasa (17/12/2019) dan peresmian pengaliran air perdana saluran irigasi pompa tenaga surya Pulogodang di Desa Telo (19/12/2019). General Manager Operations PT Agincourt Resources Darryn McClelland mengatakan, perusahaan terus berusaha mengoptimalkan kontribusi keberadaan Tambang Emas Martabe terhadap masyarakat agar upaya kemandirian desa tercapai. "Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan maksimal kedua insfrastruktur tersebut.  Sektor infrastruktur menjadi salah satu fokus utama program pemberdayaan masyarakat selain kesehatan, pendidikan, pertanian, dan pengembangan ekonomi lokal. Jembatan gantung di Desa Sumuran dan pompa irigasi tenaga surya Pulogodang di Desa Telo memberikan akses kepada para petani untuk meningkatkan produktivitas," ucap Darryn.  Darryn menjelaskan, pembangunan sistem pompa irigasi tenaga surya di Pulogodang bertujuan untuk menghidupkan kembali salah satu sentra pertanian yang sempat beralih fungsi akibar banjir besar. Sistem irigasi menggunakan tenaga surya yang ramah lingkungan dan biaya perawatan rendah. Mesin pompa digerakkan oleh sumber listrik dari 62 panel surya yang mampu memompa air dengan kapasitas 30 liter/detik. "Selain ramah lingkungan, pompa air ini juga lebih praktis dan mudah pengoperasiannya. Irigasi dengan pompa tenaga surya ini mampu mendukung pengairan 60-80 hektare area persawahan untuk 150 orang petani. Kami harap dengan sistem irigasi baru ini, persawahan Pulogodang kembali aktif, petani bisa kembali bercocok tanam sehingga perekonomian dan kesejahteraan meningkat," kata Darryn. Senior Manager Community PT Agincourt Resources Pramana Triwahjudi menambahkan pembangunan jembatan gantung di Desa Sumuran mempermudah akses para petani di desa tersebut menuju area persawahan Sikua-kua dan sebaliknya. Saat ini para petani harus memutar melalui jembatan gantung Batuhula yang lebih jauh. "Kalau melewati sungai, sangat berbahaya karena petani berisiko terseret arus sungai. Jembatan gantung dapat memudahkan akses petani, lebih cepat dan lebih aman. Selain itu, petani juga dapat menggunakan jembatan gantung untuk mengangkut hasil pertanian. Kami memperkirakan sebanyak 100 orang petani bisa mendapatkan manfaat dari jembatan gantung ini," papar Pramana. Pembangunan jembatan gantung Desa Sumuran bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Tapanuli Selatan yang membuat desain teknis serta mengawasi agar pembangunan berjalan lancar dan sesuai spesifikasi desain serta mutu bangunan. Adapun, panjang jembatan mencapai 101 meter, dengan lebar 2 meter dan tinggi pilon 7 meter. Pembangunan jembatan gantung ditargetkan selesai dalam 3 bulan. Kepala Bidang Bina Marga II Dinas PU dan Penataan Ruang Daerah Tapsel Budi Amin mengapresiasi program pembangunan infrastruktur oleh Tambang Emas Martabe di Kecamatan Batangtoru. Budi berharap kedua fasilitas ini dapat digunakan dan dirawat dengan baik oleh masyarakat. "Kami juga meminta dukungan kepada masyarakat agar turut memelihara dan menjaga kedua fasilitas ini. Kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan dan bantuan selama proses pembangunan, kami ucapkan terima kasih," tutup Budi.***
gosumutcom_fdvhl_70640.jpg
SEI RAMPAH-Bupati Kabupaten Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman sangat berkehendak mengantarkan kabupaten yang dipimpinnya menjadi kabupaten yang memiliki potensi ekonomi di bidang Pangan, Pariwisata, Pertanian dan Budaya atau disingkat dengan istilah "Pattaya".
gosumutcom_sgvkr_70475.jpg
MEDAN-Ibadah Natal Bimbingan Rohani Kristen (BRK) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik berlangsung hikmat di MICC, Jalan Gagak Hitam, Sabtu (14/12/2019) malam. Tema ibadah 'Orang benar akan hidup oleh iman (Roma 1:17b)' dan subtema 'Dengan Iman, Kita Memiliki Damai Sejahtera Untuk Melayani Sesama'.
gosumutcom_vs9lq_70468.jpg
BATUBARA-Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali melakukan promosi terhadap perwira di jajaran Polda Sumut.
gosumutcom_uvark_70458.jpg
SERDANG BEDAGAI-Dalam rangka menyambut bulan suci natal seluruh personil Polsek Dolok Masihul melaksanakan giat bakti sosial.
www www