PALAS - Sebanyak 15 Calon Legislatif (Caleg) petahana di Kabupaten Padanglawas (Palas) diprediksi terancam gagal menuju DPRD Palas priode 2024-2029. Para caleg petahana yang berkompetisi di pemilu legislatif serentak tahun 2024, mulai harap - harap cemas karena tipis kemungkinan untuk mendapat kembali kursi DPRD Kabupaten.
 
Pasalnya, semua caleg petahana yang maju di Pemilu 2024, tidak meraih suara maksimal dari hasil perhitungan sementara di tingkat PPK yang tersebar di 17 Kecamatan se Palas.
 
Dari 25 anggota DPRD Kabupaten Palas yang kembali maju di Pemilu serentak 2024, setidaknya ada 16 orang yang terancam terpilih kembali menjadi anggota Dewan.
 
Hanya 10 orang caleg petahana yang diprediksi lolos melenggang ke DPRD Kabupaten Palas. Di antaranya, Raja Parlindungan Nasution (PPP), Puli Parisan Lubis(PKS), Romi Parmonangan Nasution (Gerindra), Amran Pikal Siregar (Golkar).
 
Selanjutnya, Sipriadi Halomoan Hasibuan (PAN) Kholid Mulia Daulay (PPP) Erwin Suwandi Harahap (Hanura), Raja Aslin Sinaloan Lubis (NasDem) Luat Hasibuan (Gerindra) Mhd Dayan Hasibuan (Demokrat).
 
Berdasarkan hasil hitung cepat KPU melalui aplikasi Sirekap yang ditayangkan pada situs https://pemilu2024.kpu.go.id/ hingga Minggu 22 Februari 2024, pukul 12.05 WIB, tercatat suara masuk sudah mencapai 66,17 % atau 530 TPS dari 801 TPS se Palas. 
 
Wajah pendatang baru yang berpeluang lolos di antaranya; untuk Dapil Palas I, memperebutkan 10 Kursi DPRD diantaranya, Arpan Habibi (Golkar), H.Feriansyah (Hanura) Hendra Kusnandar (NasDem), Hasan Basri (Demokrat), Aulia Rahman (Golkar) Rahmad Saidi Marbun (Gerindra). 
 
Dari Dapil Palas I, ada empat caleg petahana yang diprediksikan lolos ke DPRD. Di antaranya, Romin Pramonangan Nasution (Gerindra), H Puli Parisan Lubis (PKS) Supriadi Halomoan Hasibuan (PAN) dan Raja Parlindungan Nasution (PPP).
 
Di Dapil Palas II, memperebutkan 9 kursi DPRD di antaranya, Fachrul Rizal (Gerindra) Ubudiyah Husein Al Amin Siregar (Gerindra), Gontar Halomoan Harahap (PKB), Basaruddin Hasibuan (PAN), Lukman Hakim Daulay (PKS). 
 
Dari dapil Palas II, ada empat nama caleg petahana yang lolos ke DPRD di antaranya, Amran Pikal(Golkar), Raja Aslin Sinaloan Lubis (NasDem),Erwin Suwandi Harahap (Hanura), Kholid Mulia Daulay (PPP).
 
Sementara itu dari Dapil Palas III, memperebutkan 11 kursi DPRD diantaranya, Ibnu Kotob (Golkar), Ahmad Husein (Golkar)  Rizal Kurnia Saleh Nasution (PAN), Himpun Daulay (PDI-P), Muhammad Rajab Siregar,SE (PDI-P) 
 
Achyar Hidayat Hasibuan (Demokrat), Abu Bokar Hasibuan (Gerindra), M Yusuf(PKS), Doni Andrian,ST (PKB).
 
Dari dapil Palas III, ada dua nama caleg petahana yang lolos ke DPRD di antaranya, Luat Hasibuan (Gerindra) dan Mhd Dayan Hasibuan (Demokrat).
 
Dengan demikian ada sekitar 20 kursi DPRD Kabupaten Palas yang diisi pendatang baru periode 2024-2029.
 
Meski demikian perolehan suara ini masih bersifat sementara. Hasil final adalah rekapitulasi manual yang dilakukan KPU Palas.
 
Ketua KPU Palas, Indra Alamsyah ditemui Go Sumut, Minggu (25/2/2024) mengatakan, rencana pleno rekapitulasi terbuka perhitungan suara pemilu akan digelar, Selasa (27/2/2024) di Hotel Syamsiah Sibuhuan.
 
"Perhitungn hasil pemilu tingkat Kabupaten, akan dilaksanakan sesuai daerah pemilihan (Dapil) dari 3 dapil yang ada. Diperkirakan akan selesai dalam waktu tiga hari kedepan," katanya.