Home >  Berita >  Medan
Medan
Tekan Covid-19
gosumutcom_nujgv_75621.jpg
MEDAN-Sterilisasi sejumlah rumah ibadah dengan disinfektan kembali dilakukan Relawan Bobby Nasution (Reborn) pada hari Kamis 26 Maret 2020.
gosumutcom_xx2vy_75619.jpg
MEDAN-Dikira terpapar Virus Corona (Covid-19), ternyata penyakit jantung Yakub Handoko (35) personel Satuan Pengamanan (Satpam) di Medan kambuh.
Pemko Medan Tutup 12 Ruas Jalan
gosumutcom_uslj5_75620.jpeg
Warga Diimbau Berdiam di Rumah
Sabtu, 28 Maret 2020 18:19 WIB
MEDAN-Ribuan personil yang terdiri dari unsur Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, unsur TNI/Polri serta unsur forkopimda lainnya mengikuti Apel Penutupan Sejumlah Ruas Jalan yang ada di Kota Medan di Jalan Bukit Barisan, Sabtu (28/3) Pagi. Penutupan ini dilakukan untuk mengurangi aktivitas warga di luar rumah demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).
gosumutcom_fabeb_75618.jpg
MEDAN-Dalam rangka mengantisipasi dan upaya preventif menyikapi penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19), serta menjaga sekaligus melindungi masyarakat Kota Medan dari virus berbahaya tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali mengeluarkan Surat Edaran No.443/2762 tanggal 27 Maret 2020 tentang Antisipasi Penyebaran Lebih Luas Covid 19 di Kota Medan kepada seluruh institusi pendidikan yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara.
gosumutcom_jcgdu_75608.jpg
MEDAN-Jurnalis menjadi salah satu kelompok yang paling rentan terpapar COVID-19. Berbagai komunitas jurnalis juga terus memberikan imbauan kewaspadaan.
gosumutcom_vz865_75598.jpg
MEDAN - Pemerintah diminta percepat pembayaran dana sertifikasi untuk guru di seluruh Indonesia terkait wabah Coronavirus (Covid-19) guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal itu disampaikan sejumlah guru sertifikasi yang bertugas di Sekolah Bina Bersaudara Titikuning Medan, Sabtu (28/3/2020). Menurut Irwansyah SPd salah seorang guru, perlunya percepatan pengucuran dana sertifikasi untuk menutupi kebutuhan biaya sehari-hari keluarga di rumah.
gosumutcom_xjepr_75596.jpg
LABUHANBATU - Meski weekend, Kapolres Labuhanbatu AkBP Agus Darojat peduli dengan kesehatan para tahanan, Sabtu (28/03/2020) pagi.
gosumutcom_y44xm_75591.jpg
MEDAN - Produk baru My USU (Untuk Seluruh Umat) berbentuk Hand Sanitizer untuk treatment Anti Coronavirus, Jumat (27/3/2020) di halaman Masjid Al-Jihad Medan, diluncurkan Owner My USU Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si, M.Si bersama Ketua Umum Persatuan Pengamal Tarekat Islam (PPTI) Sumatera Utara Tuan Sutan Jalaluddin Siregar, SH. Menurut Sontang Sihotang, kelebihan produk Hand Sanitizer My USU berbahan bio metamaterials sehingga aman untuk kulit dan juga halal karena ada bahan adsorbent terhadap zat additif di setiap produk. "Produk hand sanitizer dari bahan bio metamaterials ini merupakan yang pertama di dunia dari hasil riset selama bertugas sebagai Konsultan Grant Knowledge Transfer Program di Universitas Terengganu Malaysia," ujar Sontang yang juga Dosen dan Peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU).
gosumutcom_mtptq_75590.jpg
MEDAN-Lembaga amil zakat nasional, dalam hal ini Lazismu Pusat sebagai pengelola donasi konsumen Alfamidi berkolaborasi mengajak masyarakat untuk peduli pandemi Corona serta membantu pemerintah dalam hal penanggulangannya.
gosumutcom_as4nc_75585.jpg
MEDAN - KNPI Sumatera Utara mendukung langkah dan kebijakan pemerintah daerah dengan segala upaya yang sedang dan telah dilakukan dalam penanganan wabah Covid-19 khususnya di wilayah Sumatera Utara.
gosumutcom_f9cqq_75578.jpg
Besok, Sejumlah Ruas Jalan Kota Medan Akan Ditutup
Jum'at, 27 Maret 2020 18:02 WIB
MEDAN-Guna mengantisipasi merebaknya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan akan melakukan penutupan beberasa ruas jalan di Kota Medan. Diharapkan, langkah ini dapat menekan angka mobilitas masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah.
gosumutcom_w9gwa_75575.jpg
MEDAN-Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), sejumlah ruas jalan di Kota Medan rencananya akan ditutup mulai Sabtu, (28/3/2020).
gosumutcom_dtfxx_75576.jpg
JAKARTA - Menyusul penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia, perusahaan telah mulai menerapkan kebijakan bekerja dari rumah dan jarak sosial untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan karyawan mereka.
gosumutcom_qwmjg_75562.jpg
MEDAN -Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) melalui surat Nomor 027/KADIN-SU/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020 mengirimkan surat kepada para penanggungjawab regulasi kargo udara yang beroperasi di Sumut perihal penyesuaian tarif RA. Dalam surat yang ditandatangani Ketua Kadin Sumut Khairul Mahalli itu dijelaskan bahwa sehubungan dengan kondisi wabah COVID-19/Corona yang berdampak kepada ekonomi Sumatera Utara, maka Kadin Sumatera Utara mengajukan penyesuaian/penurunan tarif RA untuk kargo udara domestik dan internasional yang beroperasi di Bandara Sumatera Utara.
gosumutcom_uewqp_75557.jpg
Medan-Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (24/3/2020) kemarin menyebutkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kelonggaran atau relaksasi kredit bagi usaha mikro dan kecil dengan nilai di bawah Rp10 miliar, baik kredit bank maupun industri keuangan non-bank. Para debitur itu akan diberikan penundaan sampai dengan 1 (satu) tahun dan penurunan bunga.
Percepat Penanganan Covid-19
gosumutcom_xkdry_75544.jpg
MEDAN-Dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerukan kepada pemerintah kabupaten/kota, para pelaku industri dan seluruh masyarakat Sumut untuk terlibat langsung dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19, mulai dari pelaksanaan protokol penanganan Covid-19, tidak melakukan PHK, menjaga stabilitas ekonomi hingga imbauan pola hidup sehat.
gosumutcom_qggnq_75540.jpg
Bawaslu Sumut 'Monja' Kabupaten/Kota
Kamis, 26 Maret 2020 17:34 WIB
MEDAN-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) monitoring jarak jauh (Monja) akivitas Bawaslu kabupaten/kota melalui media video conference.
gosumutcom_vkvjz_75528.jpg
MEDAN-Informasi yang akurat dan terpercaya terkait transaksi saham dan reksa dana di era digital dewasa ini menjadi salah satu konsen utama PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier) dalam membangun trust (kepercayaan) dan meningkatkan kenyamanan layanan pada para nasabah.
gosumutcom_7mfj5_75527.jpg
MEDAN-Pemko Medan terus bekerja keras untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di Kota Medan. Rabu (25/3), Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali menurunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota yang juga selaku Team Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Kali ini, penyemprotan difokuskan di 21 pasar tradisional yang ada di Kota Medan.
gosumutcom_vv9bj_75516.jpg
MEDAN - Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Ir Zulfikar Tanjung berharap pemerintah dapat memberikan semacam insentif kepada para wartawan dalam meliput musibah Coronavirus (Covid-19) dewasa ini. "Wartawan juga manusia biasa, bukan superman. Jadi wajar bila dalam bencana Coronavirus ini wartawan meski tanpa pamrih meliput dan memberitakannya, juga mendapat perhatian khusus dari pemerintah," ujarnya di Medan, Rabu (25/3). Sembari memberi apresiasi atas kebijakan Presiden yang telah memberikan perhatian khusus kepada para dokter, tenaga medis, pelaku UKM dan koperasi, Zul yang juga pengurus PWI Sumut ini berharap wartawan hendaknya juga mendapat perhatian. "Bagaimana teknis dan legitimasinya agar insentif itu bisa diberikan tanpa mengurangi independensi dan kaidah jurnalistik, pemerintah dapat meminta masukan dari Dewan Pers (DP) yang mempunyai konstituen berkompeten. Tentu DP dapat memikirkannya karena insentif itu khusus bagi pers dalam negara kondisi bencana," ujarnya. Zul yang juga anggota Litbang SMSI Pusat ini mengakui dalam Standar Perlindungan Wartawan yang ditandatangani sejumlah organisasi pers, perusahaan pers, tokoh pers serta Dewan Pers di Jakarta, 25 April 2008, hal semacam ini ditekankan menjadi tanggung jawab perusahaan pers. "Dalam SOP itu jelas wartawan melaksanakan tugas khusus seperti di wilayah berbahaya dan atau konflik wajib dilengkapi peralatan keselamatan, asuransi serta pengetahuan. Namun kita tidak usah la berpura-pura, sebagian besar perusahaan pers hanya bisa memenuhinya dengan apa adanya. Untuk itu, pemerintah masih perlu ikut membantu semacam insentif," tuturnya. Dalam suasana bencana Coronavirus ini katanya wartawan memerlukan banyak biaya ekstra seperti untuk masker, handsanitizer dan lain-lain yang dalam waktu tertentu harus diganti dalam tugas relatif 24 jam, membeli pulsa dan paket internet yang banyak karena bekerja lebih banyak tidak di kantor sebab sebagian kantor tutup dan lainnya. Lagipula sudah menjadi rahasia umum gaji wartawan sebagian besar masih sangat jauh dari standar kebutuhan minimum meskipun wartawan selama ini paling "ribut" kalau upah buruh di bawah UMR. "Ini realita. Selama ini ekonomi keluarga wartawan banyak ditopang oleh isterinya yang mencari usaha tambahan misalnya berjualan, bekerja di perusahaan dan lain-lain. Namun karena social dan phisyk distancing maka isteri dan keluarga lebih banyak di rumah sehingga tambahan ekonomi tersendat. Jadi wajar la kalau wartawan diberi insentif," ujarnya.
gosumutcom_w7fck_75512.jpg
MEDAN-Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Ir Zulfikar Tanjung berharap pemerintah dapat memberikan semacam insentif kepada para wartawan dalam meliput musibah Coronavirus (Covid-19) dewasa ini.
gosumutcom_ccqcr_75507.jpg
Markas Polsek Medan Baru Dipasangi Wastafel
Rabu, 25 Maret 2020 19:12 WIB
MEDAN-Markas Polsek Medan Baru dipasangi wastafel oleh pihak Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Medan, Rabu, (25/3/2020).
gosumutcom_bxmwn_75504.jpg
MEDAN-Guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Kapolsek Medan Barat, Kompol Afdhal Junaidi memimpin Patroli Berkah (Berbagi Kasih).
gosumutcom_6zdcr_75499.jpg
AKARTA -Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) melalui Surat Nomor 025/DPP-GPEI/III/2020 tertanggal 25 Maret 2020 melayangkan surat kepada Direktur PT Pelindo I, II, III dan IV Persero perihal Kebijakan atau Insentif Tarif Khusus Jasa Kepelabuhanan. Menurut Ketua Umum DPP GPEI Khairul Mahalli kepada GoSumut.com, Rabu (25/3/2020), permohonan kebijakan insentif tarif itu dimintakan agar kegiatan ekspor tetap berjalan di tengah wabah pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada aktivitas ekspor.
gosumutcom_pa8vm_75494.jpg
BELAWAN - Sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Corona, CEO atau Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, Dian Rachmawan membagikan vitamin C dosis tinggi bagi para petugas operasional pada Selasa, 24 Maret 2020 di area Terminal Curah Cair Pelabuhan Belawan.
gosumutcom_psbtj_75485.jpg
MEDAN-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Edizzon Issir mempimpin patroli sinergitas pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Helvetia.
gosumutcom_3pbqw_75482.jpg
MEDAN-Jambret yang telah sukses beraksi di 22 tempat kejadian perkara (TKP) ditembak personel Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan.
gosumutcom_dxtfj_75478.jpg
MEDAN-Mendukung upaya pencegahan COVID-19, Pertamina Peduli melakukan penyemprotan disinfektan di 30 titik sarana umum. Penyemprotan ini dilakukan di sepuluh titik Ring I Kantor Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I dan 20 titik lainnya di Ring I Fuel Terminal Integrated Medan Group (IMG) pada Selasa (24/3/2020).
gosumutcom_cmnh5_75492.jpg
MEDAN -Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Khairul Mahalli memohon kepada Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi mengingatkan jajaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provsu agar menjaga kontinuitas pasokan air untuk kebutuhan masyarakat di tengah merebaknya virus Corona (Covid-19). Hal itu diutarakan Khairul Mahalli menyusul macetnya pasokan air pada jam-jam tertentu seperti pada waktu pagi dan sore hari di wilayah Kota Medan sekitarnya.
gosumutcom_jtywa_75474.jpg
MEDAN-Jalur alternatif Medan-Berastagi disurvei Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Medan, Kompol M Reza Chairul Akbar, Selasa, (24/3/2020).
gosumutcom_pll23_75463.jpg
MEDAN - Polres Pelabuhan Belawan melalui Unit II Ekonomi Sat Reskrim melayangkan 4 surat permintaan keterangan terhadap jajaran direksi PT Plasindo Mas yang beralamat di Jalan Pulau Bangkalan KIM I, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli.
gosumutcom_pv8gb_75460.jpg
MEDAN-Pemerintah telah mengeluarkan anjuran masyarakat untuk menerapkan social dan physical distancing, sebagai salah satu upaya dalam menekan penyebaran wabah Covid-19. Menanggapi anjuran ini, BPJamsostek mulai melakukan penyesuaian jam operasional di seluruh unit kerja layanannya di seluruh Indonesia.
gosumutcom_jnpg5_75459.jpg
MEDAN-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik kembali mengumumkan update jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) yang mereka rawat di ruang isolasi bertambah. Awalnya 2 orang kini menjadi 8 pasien. 1 diantaranya telah meninggal dunia.
gosumutcom_gvucu_75448.jpg
MEDAN - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara (Kadis Perindag Provsu) Zhonny Waldy menyambut positif kehadiran produk pesisir yang ditemukan Dosen Fisika Universitas Sumatera Utara (USU) Kh. Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si dan akan memfasilitasi hasil temuan tersebut dalam bentuk Air Minum kemasan.
gosumutcom_kapdd_75446.jpg
MEDAN-Seorang residivis di Kota Medan bernama Safriansyah Lubis (27) meringis ditembak Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Patumbak.
Sikapi kelangkaan Hand Sanitizer dan Masker
gosumutcom_amcnf_75443.jpeg
Akhyar Cek 3 Perusahaan Penyedia
Senin, 23 Maret 2020 21:27 WIB
MEDAN-Guna mengecek ketersediaan hand sanitizer, masker, thermo gun, serta alkohol sebagai dasar pembuatan hand sanitizer. Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forkopimda meninjau meninjau 3 perusahaan penyedia, Senin (23/3/2020).
gosumutcom_ef53g_75442.jpg
MEDAN-Sejak berdiri sekitar 7 bulan yang lalu, Pondok Tahfidz Ikhwanul Mu'minin, memiliki sisi cerita penuh inspirasi haru dalam proses mendirikannya. Berawal dari niat Ust Khairul Amri Manurung yang sejak awal selesai mondok dari pesantrennya, sangat ingin sekali mendirikan rumah tahfidz. Terlebih tadinya kegiatan mengajar itu dilakukan menyatu dengan rumah milik org tua beliau.
gosumutcom_hetvb_75440.jpeg
Akhyar Minta Penumpang Masuk Pelabuhan Diperketat
Senin, 23 Maret 2020 21:19 WIB
MEDAN-Langkah antisipatif terus dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi guna mencegah penyebaran virus corona di Kota Medan. Senin (23/3), Akhyar bersama unsur Forkopimda Kota Medan meninjau Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan Jalan Stasiun Belawan. Dalam peninjauan tersebut, Akhyar minta kepada pihak pengelola terminal agar melakukan pemeriksaan secara ketat setiap penumpang yang baru datang dari luar Kota Medan tersebut.
gosumutcom_rcvwh_75438.jpg
MEDAN-Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia mengajukan atau menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumut maupun pihak berwenang penanganan pandemi virus corona (Covid-19) yang belakangan jumlah korban terpapar terus mengalami peningkatan signifikan.
gosumutcom_nd8j2_75439.jpg
MEDAN-Sampai hari ini update data dari Posko Utama Pelaksana Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut), untuk Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang dirawat 50 pasien. Dimana keseluruhan 50 pasien yang dirawat ini dalam pengawasan dari 6 kabupaten/kota di 25 rumah sakit yang ada di Sumut.
gosumutcom_yfdwu_75433.jpg
MEDAN -Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Perusahaan Ekspor Indonesia (APEI) Khairul Mahalli yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) meminta agar pemerintah menutup sementara pasar Bursa Saham menyusul merosotnya nilai mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) sebagai dampak wabah Covid-19. Saat ini kurs mata uang rupiah diperdagangkan Rp 17.000 per dollar AS. "Inilah yang saya khawatirkan sehingga saya usulkan agar Bursa Saham ditutup dulu sementara. Karena selama ada masalah virus Corona maka investor asing akan jual saham dan beli dollar kemudian akan dilarikan keluar negeri. Bank Indonesia akan menghabiskan banyak devisa untuk intervensi dan itu tidak akan kuat," kata Mahalli kepada GoSumut.com, Senin (23/3/2020).
gosumutcom_g79pk_75429.jpg
MEDAN - Pengadilan Negeri Medan mengeluarkan penetapan sita eksekusi terhadap harta kekayaan milik Tergugat STIE IBBI sebagai Badan Hukum Yayasan Pendidikan IBBI Medan yang berkedudukan di Jalan Sei Deli No.18, Silalas Kota Medan yang di Ketuai oleh Amrin Susilo Halim sebagai Tergugat/Termohon Eksekusi.
gosumutcom_drha7_75428.jpg
MEDAN-Pencuri Sepeda Motor (Curanmor), nekad beraksi untuk mengurus pasport diringkus Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Medan Barat.
gosumutcom_c3cvx_75424.jpg
MEDAN – Menanggapi himbauan pemerintah untuk bekerja dan belajar di rumah sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) saat ini, Smartfren merilis Kartu Perdana 1ON+ (baca : ion plus).
gosumutcom_dg9nk_75422.jpg
MEDAN-Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan melaksanakan penempelan maklumat Kapolri, Jendral Pol Idham Azis, Senin, (23/3/2020).
gosumutcom_4x2z5_75418.jpg
MEDAN - PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL) memperketat lingkungan kerja guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid 19). Sejumlah prosedur pencegahan dan penanganan telah dijalankan sejak akhir Januari 2020 dan terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya resiko penyebaran virus berdasarkan perkembangan data kasus baik di luar negeri maupun di dalam negeri.
gosumutcom_pcz3f_75416.jpg
MEDAN-Jaringan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengalami lonjakan trafik data yang signifikan sepanjang sepekan masyarakat menerapkan bekerja dan belajar dari rumah. Data dari pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center menunjukkan kenaikan cukup tajam yaitu rata-rata sebesar 10% dibandingkan hari normal pada trafik penggunaan seluruh layanan data dalam cakupan nasional.
gosumutcom_wdpkj_75401.jpg
MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan saat ini merawat seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait corona virus disease (Covid-19) yang dirujuk RSUP H Adam Malik.
gosumutcom_xy5uv_75395.jpg
MEDAN-Penyebaran virus corona COVID-19 yang semakin meluas di berbagai belahan dunia mendorong berbagai pihak melakukan antisipasi. Pemerintah, kalangan dunia usaha, dan pendidikan juga menyiapkan langkah-langkah pencegahan seperti bekerja dari rumah, belajar jarak jauh, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.
www www