Home > Berita > Medan
Medan
gosumutcom_pypgk_64141.jpg
MEDAN-Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sumatera Utara (USU) akan menggelar USU National Concrete Championship (Ulos) dengan tema kompetisi Inovasi Beton Ramah Lingkungan Berkekuatan Tinggi. Dengan total hadiah yang akan diberikan mencapai Rp 29 juta.
gosumutcom_evgdg_64134.jpg
MEDAN-Bank Indonesia (BI) tengah menyempurnakan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKBNI). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dalam transfer dana dan kliring berjadwal untuk proses pencatatan data keuangan elektronik pada layanan transfer dana. Juga, layanan kliring warkat debet dan pembayaran reguler serta layanan penagihan reguler.
gosumutcom_p6p4s_64121.jpeg
MEDAN – Era digital yang sejalan dengan perkembangan teknologi secara pesat saat ini memberikan dampak pada segala lini bisnis. Perkembangan ini mendorong pemilik bisnis untuk ikut menyesuaikan diri dengan persaingan bisnis yang serba digital.
Kebijakan Diskon Rokok Rusak Mental Masa Depan Bangsa
gosumutcom_phq9a_64122.jpg
MEDAN-Pemerintah terkesan hanya memikirkan soal penerimaan negara yang sebesar-besarnya dari industri hasil tembakau tanpa memikirkan kelangsungan masa depan penerus bangsa. Hal ini disampaikan oleh Ketua Indonesia Lawyer Association on Tobacco Control (ILATC) Muhammad Joni pada diskusi media yang mengangkat tema Ironi Diskon Rokok di Tengah Visi Jokowi Membangun Manusia Indonesia baru-baru ini di Jakarta.
gosumutcom_b7u5r_64092.jpg
Ganja Masih Dianggap Kejahatan di Indonesia
Selasa, 20 Agustus 2019 20:34 WIB
MEDAN-Tanaman ganja yang tumbuh subur di beberapa wilayah tanah air masih dianggap kejahatan di Indonesia.
gosumutcom_9mdpk_64109.jpg
MEDAN -Ribuan warga Kota Medan dan sekitarnya memadati Masjid Agung Medan, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (20/8/2019). Jamaah yang meluber hingga ke halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) terlihat antusias mendengarkan tausiyah yang disampaikan Ustad Abdul Somad (UAS).Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah, serta sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumut turut hadir dan mendengarkan tausiyah dari UAS hingga akhir. Diharapkan, kehadiran UAS di Sumut dapat mendorong percepatan pembangunan mewujudkan visi Sumut Bermartabat, yang salah satu misinya adalah mewujudkan masyarakat Sumut yang bermartabat dalam kehidupan karena memiliki iman dan taqwa.
gosumutcom_2cabq_64077.jpeg
MEDAN –Ribuan warga Kota Medan dan sekitarnya memadati Masjid Agung Medan, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (20/8). Jemaah yang meluber hingga ke halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) sangat antusias mendengarkan tausiyah yang disampaikan Ustaz Abdul Somad (UAS).
gosumutcom_v8mxf_64062.jpg
Prihatin. Kualitas udara Jakarta pada hari Minggu 11 Agustus 2019 tergolong tidak sehat. Seperti terpantau dalam laman AirVisual sekitar pukul 07.00 WIB, indeks kualitas udara atau Air Quality Index (AQI) Jakarta mencapai angka 171, yang berarti berada pada posisi level merah.Dengan angka itu, Jakarta mempertahankan predikat sebagai kota "juara" dengan kualitas udara terburuk di dunia, disusul Hanoi, Vietnam.Pada hari tersebut termasuk tiga hari kedepannya, Jakarta juga menjadi kota dengan kualitas terburuk disusul Tashkent, Uzbekistan dengan AQI 157 serta Lahore, Pakistan dengan AQI 155.AirVisual menggunakan rentang angka AQI 0-500, di mana semakin tinggi angka AQI semakin tinggi pula tingkat polusi udaranya.Terdapat enam kategori, masing-masing dengan AQI 0-50 baik, 51-100 sedang, 101-150 tidak sehat untuk kelompok rentan, 151-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, 301-500 berbahaya.
gosumutcom_fjvhy_64058.jpg
MEDAN-Kapolsek Patumbak, Kompol Ginanjar Fitriadi di hadapan Wadir Tipidnarkoba Bareskrim Polri paparkan pengeroyokan oleh pengedar narkotika terhadap dirinya.
gosumutcom_r98dj_64059.jpg
MEDAN-Kapolsek Patumbak, Kompol Ginanjar Fitriadi di hadapan Wadir Tipidnarkoba Bareskrim Polri paparkan pengeroyokan oleh pengedar narkotika terhadap dirinya.
gosumutcom_wmqb6_64031.jpg
Brand Asal Indonesia Azarine Rambah Pasar Medan
Senin, 19 Agustus 2019 19:59 WIB
MEDAN-Bukan hanya membuat cantik, produk kosmetik juga harus menghasilkan wajah yang sehat. Sehingga dapat menghasilkan wajah yang glowing dan hal inilah yang dilakukan Azarine brand bodycare skincare dan kosmetik asal Indonesia.
gosumutcom_vlyeq_64028.jpg
BI Sumut Kenalkan Aplikasi QRIS Unggul
Senin, 19 Agustus 2019 18:30 WIB
MEDAN-Bank Indonesia (BI) Sumut memperkenalkan QR Code bernama Quick Respon Indonesian Standard Universal Gampang Untung dan Langsung (Qris Unggul‎). Transaksi non tunai ini sudah diluncurkan BI di Jakarta bertepatan di Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2019, kemarin.
gosumutcom_lbwh5_64022.jpg
MEDAN -Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Antara lain menegakkan peraturan daerah (Perda) dan peraturan pelaksanaannya, memelihara dan menyelenggarakan ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat.
gosumutcom_dmsqx_63993.jpg
TANJUNG MORAWA-Merayakan hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia, Restoran Kembang Indonesia turut memeriahkan dengan berbagai kegiataan. Restoran yang terletak di jalan Tanjung Morawa no 329 ini mengadakan berbagai perlombaan seperti balap karung, tarik tambang, sendok guli, terong bola, engrang batok, makna kerupuk, masukin paku ke botol, hula hoop dan lain-lain. Menurut Yasmin selaku Marketing Communication, kegiataan ini dimulai dari pukul 1 siang sampai 4 sore. “Para tamu yang ingin mengikuti perlombaan ini, tidak akan dipungut biaya dan ada hadiah menarik untuk para pemenang yang sudah kami persiapkan.”
Lepas Pemulangan Paskibraka 2019
gosumutcom_pkhgc_63967.jpg
Edy Rahmayadi: Jangan Pernah Berhenti Berjuang
Minggu, 18 Agustus 2019 19:35 WIB
MEDAN – Berhasil melaksanakan tugas dengan baik pada Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Pernurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (17/8/2019), 66 Anggota Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) 2019 diharapkan terus berjuang untuk mengukir prestasi dan berperan dalam pembangunan Sumut.
gosumutcom_slzsg_63980.jpg
MEDAN - Ustadz H Abdul Somad Lc MA (UAS) dijadwalkan mengisi tausyiah Tabligh Akbar di Masjid Agung Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa 20 Agustus 2019 usai Shalat Zuhur.Ketua Panitia Penyelenggara Tabligh Akbar Masjid Agung Medan H Ramli Tarigan SH MH didampingi Sekretaris Panitia Drs H Abdullah Matondang dan fungsionaris lainnya diantaranya Edi Mulyono Siregar (BD) mengemukakan itu kepada wartawan di Medan, Minggu (18/8/2019).
gosumutcom_whj82_63952.jpg
MEDAN - Ustadz Abdul Somad (UAS), memulai rangkaian pulang kampungnya ke Sumatera Utara, dari Masjid Al Hidayah, Menteng Indah, Medan Denai, Minggu (18/8/2019).
gosumutcom_2bfdk_63944.jpg
MEDAN-Ustadz H Abdul Somad Lc MA dijadwalkan akan mengisi tausyiah Tabligh Akbar di Masjid Agung Sumut di Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa 20 Agustus 2019 bakda (setelah) Shalat Zuhur.
Pengalaman Pertama Jadi Irup Kemerdekaan RI
gosumutcom_vaebk_63937.jpg
Lapangan Merdeka Harus ‘Merdeka’
Minggu, 18 Agustus 2019 13:00 WIB
MEDAN-Menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Kemerdekaan RI di Lapangan Medeka Medan, ternyata punya kebanggaan tersendiri bagi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Menurutnya, lapangan kebanggaan rakyat itu, harus benar-benar ‘merdeka’.
gosumutcom_eatfy_63934.jpg
MEDAN-Resmi dilantik, Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Deliserdang diharapkan menjadi teladan. Pelantikan Pengurus Daerah KAMMI Deliserdang periode 2019-2020 tersebut digelar di Raz Hotel Medan, baru-baru ini.
gosumutcom_zax8n_63928.jpg
MEDAN - Siapa yang tidak mengenal Uzein. Dialah pemilik nama dan bertitel lengkap DR. Dr. Umar Zein, DTM&H, Sp.PD, KPTI. Meskipun seorang dokter, namun mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan ini juga seorang penulis aktif yang sudah aral melintang menuliskan karya-karya sastranya, baik puisi, cerpen ataupun novel.
gosumutcom_cbtzv_63922.jpg
MEDAN-Tokoh Masyarakat Adat di Sipirok, Marancar, Batangtoru (Simarboru), Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Selatan, menyerukan kemerdekaan dari intervensi LSM asing soal pembangunan pembangkit energi terbarukan PLTA Batang Toru. Mereka menantang LSM yang kerap melakukan kampanye hitam terhadap pembangunan pembangkit listrik yang menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) itu untuk berdialog untuk memahami keadaan sesungguhnya di lapangan.
gosumutcom_tsrdz_63920.jpg
MEDAN- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74 sekaligus Milad ke 21, DPD Front Pembela Islam (FPI) Sumut melaksanakan upacara di Jalam Perunggu Tengah Lingkungan VI Kelurahan Kota Bangun Kecamatan Medan Deli, Sabtu (17/8/2019).
gosumutcom_bqdym_63915.jpg
IM3 Ooredoo Hadirkan Minggu Merdeka
Minggu, 18 Agustus 2019 04:48 WIB
MEDAN-IM3 Ooredoo di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 menyelenggarakan program Minggu Merdeka dengan banyak aktivitas seru dan beragam promo internet dengan harga sangat terjangkau. Promo ini memberikan pelanggan kebebasan menikmati digital lifestyle dengan kuota besar.
gosumutcom_b46ny_63903.jpg
MEDAN-Sebanyak 100 mustahik di Kota Medan kembali menerima Zakat Program Pangan Untuk Dhuafa (PAUD) yang diserahkan langsung oleh Branch Manager Bank Muamalat Cabang Medan, Balai Kota, Ade Koes Djafri.
gosumutcom_pdeby_63900.jpg
MEDAN - Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU), dr Indra Janis MKT dianugerahi lencana Tri Dharma Perguruan Tinggi XX Tahun 2019 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I.
memeriahkan HUTRI ke-74
gosumutcom_bcstn_63877.jpg
Sejumlah Jalan di Kota Medan Ditutup
Sabtu, 17 Agustus 2019 12:10 WIB
MEDAN-Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan Kota Medan bekerjasama dengan Satlantas Polrestabes Medan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah ruas jalan, Sabtu (17/8/2019).
gosumutcom_xf6yc_63872.jpg
MEDAN - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I menganugerahkan penghargaan kepada DR. Dr. Umar Zein, DTM&H, Sp.PD, KPTI sebagai juara 3 dosen terbaik universitas swasta se Sumatera Utara.
gosumutcom_evnjb_63871.jpg
BELAWAN-Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, H Sabar Surya Sitepu mendesak Polres Belawan mengusut kasus perampokan pengemudi ojek online.
gosumutcom_krxwj_63839.jpg
MEDAN - Sejumlah partai politik sudah mulai membahas kemungkinan koalisi di Pilkada se-Sumatera Utara. Teranyar, Partai Golkar Sumut dan PAN Sumut diketahui juga sudah bertemu makan malam.
gosumutcom_ecxcq_63982.jpg
Perlu Sinergi Wartawan Senior dengan PWI Peduli
Jum'at, 16 Agustus 2019 20:33 WIB
JAKARTA - PWI Peduli perlu melakukan program sosial pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) dengan bersinergi para wartawan senior yang sudah pensiun, sebagai upaya meningkatkan kapasitas pribadi, khususnya untuk menjaga jaringan relasi (networking) yang sudah terjalin baik sebelumnya.
gosumutcom_6nxef_63827.jpg
MEDAN-Pekerja proyek yang belum uji kompetensi dan tidak memiliki sertifikat bisa dihentikan. Hal itu disampaikan Ketua DPP Himpunan Jasa Konstruksi Indonesia (HJKI) Sumut Ir Budiman Panjaitan usai terpilih pada Musda I dilaksanakan, Rabu (14/8) di Hotel Madani Medan.
gosumutcom_cjhpt_63818.jpg
MEDAN- Mitra pengemudi Grab Medan mengancam akan melaksanakan aksi mogok (offbid) massal pada 17 hingga 18 Agustus 2019 mendatang. Aksi damai yang dilakukan para mitra pengemudi Grab ini merupakan protes terhadap turunnya insentif yang diberikan aplikator kepada mitranya.
gosumutcom_cjbs3_63785.jpg
MEDAN-Aksi demonstrasi yang dilakukan pengemudi ojek online di Medan sangat disayangkan. Pendemo dinilai kurang memanfaatkan kesempatan komunikasi dua arah yang telah dibangun perusahaan dengan mitranya sejak lama.
gosumutcom_jsy6s_63769.jpg
MEDAN - Rencana pembangunan jalan tol dalam Kota Medan sepanjang 30 km, kini memasuki tahap baru, yaitu studi kelayakan. Studi kelayakan tersebut dilakukan sebelum memasuki tahap selanjutnya hingga akhirnya konstruksi dimulai.Pencanangan pelaksanaan studi kelayakan pengusahaan jalan tol dalam Kota Medan dilakukan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jalan AH Nasution Medan, Kamis (15/8/2019).
gosumutcom_xq8yj_63752.jpg
MEDAN-Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I lakukan pemantauan dan penelitian di salah satu pasar hortikultura terbesar di Sumatera Utara (Sumut) yakni Pasar Roga yang berada di Berastagi. Pasar Roga sendiri menjadi pusat pertemuan jual beli petani, pengepul, pedagang besar untuk di distribusikan ke Medan yakni ke Pusat Pasar dan Pasar Induk Lau cih dan kabupaten/ kota lainnya di Sumut, juga sampai ke Aceh, Riau, Batam, dan Jambi.
gosumutcom_4ykph_63720.jpg
MEDAN-Sebagai tindak lanjut penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara BPJS Kesehatan dengan Kepolisian RI dalam hal ini Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas) tentang Pemanfaatan Data Online Kecelakaan Lalu Lintas Bagi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat pada 21 Agustus 2018 silam.
gosumutcom_s5jge_63681.jpg
MEDAN - Hukuman pidana siap menjerat para pelaku pembajak siaran Premier League di Indonesia, terutama oknum platform penyedia layanan live streaming ilegal.Bukan hanya itu, para pihak yang ingin menyiarkan siaran Liga Inggris di Indonesia dengan tujuan kepentingan komersial juga akan ditindak tegas. Diketahui saat ini pemilik hak siar Liga Inggris di Indonesia adalah Mola TV yang bekerja sama dengan Matrix dan MIX.
gosumutcom_tbft5_63679.jpg
MEDAN-Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Perempuan menyebutkan perusahaan aplikator ojek online harus bertanggung jawab terjadinya kasus dugaan pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh driver mitra kerja. Hal ini menyusul kejadian meloncatnya penumpang dari kendaraan ojol Grab di Surabaya baru-baru ini.
gosumutcom_gu2nu_63674.jpg
Mitsubishi Luncurkan Produk Unggulan di Medan
Rabu, 14 Agustus 2019 21:08 WIB
MEDAN- Meski perekonomian bergejolak, Mitsubishi berani keluarkan produk terbarunya dalam event Mitsubishi Motors Auto Show di Medan. Produk terbaru ini merupakan sebagai bentuk apresiasi PT MMKSI atas penerimaan pasar di Medan dan sekitarnya yang cukup baik terhadap produk Mitsubishi Motors.
gosumutcom_srjzf_63654.jpg
MEDAN - Kalangan pegiat HIV/AIDS di Kabupaten Deli Serdang menyesalkan keluarnya Peraturan Bupati (Perbup) No 035 Tahun 2018 tentang tarif berbayar di seluruh jasa pelayanan di seluruh layanan kesehatan di Deli Serdang.
gosumutcom_jdhdk_63643.jpg
MEDAN-Perspektif gander merupakan hal penting dalam peliputan. Perempuan dan anak harus memiliki tempat yang sama, bukan hanya sebagai pelengkap. Sayangnya, di dalam dunia pers, hal ini justru belum menjadi perhatian.
gosumutcom_y5pbh_63642.jpg
MEDAN-Angka inflasi Kota Medan yang mencapai 0,92 % terhitung Juli 2019 ternyata kontribusi terbesarnya berasal dari cabai. Guna menekan laju inflasi yang dikhawatirkan terus merangkak naik, perlu adanya langkah konkrit serta sinkronisasi seluruh stakeholder terkait dalam mencegah hal tersebut. Dengan demikian, masyarakat tetap dapat menjangkau berbagai kebutuhan pokok sehari-hari serta menghindari kerugian bagi para petani.
gosumutcom_9ps8t_63611.jpg
MEDAN-‎BNI Syariah bekerja sama dengan Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) Medan melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada peringatan Idul Adha 1440 Hijriah, di Islamic Fullday School Siti Hajar di Jalan Paya Bundung, Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Selasa (13/8/2019).
gosumutcom_gynvf_63640.jpg
SPS Desak Menkeu Bebaskan Pajak Kertas
Selasa, 13 Agustus 2019 19:30 WIB
JAKARTA - Upaya Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat untuk memperjuangkan "Bebas Pajak bagi Pengetahuan" (No Tax for Knowledge) kembali kandas di tangan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Melalui surat tertanggal 7 Agustus 2019, Sri Mulyani merespons negatif permohonan Pengurus SPS Pusat untuk mendiskusikan ikhwal No Tax for Knowledge di atas. "Kami dengan menyesal belum bisa memenuhi permohonan pengurus SPS Pusat untuk bertemu Menteri Keuangan," bunyi kutipan surat yang ditandatangani Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, tanpa ada penjelasan memadai.
gosumutcom_5j4dy_63624.jpg
MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Letjen TNI (Purn) H. Edy Rahmayadi menyampaikan rencana pembangunan berbagai fasilitas umum dan infrastruktur kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala BAPPENAS Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi pada acara Konsultasi Regional (Konreg) penyusunan Rancangan Awal Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Selasa (13/8/2019) di Hotel Adimulia, Jalan Diponegoro, Nomor 8 Medan. “Yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saat ini antara lain, pembangunan Sport Centre, Islamic Centre, dan Rumah Sakit Haji, yang bertaraf internasional,” ujar Edy Rahmayadi.Gubsu juga menyampaikan 5 indikator makro yang mendukung pencapaian RPJMN 2020-2024 Pemprov Sumut, yaitu target laju pertumbuhan ekonomi nasional dari tahun 2020-2024 sebesar 5,4-6,0 %, dimana dukungan Provinsi Sumut terhadap capaian RPJMN pada periode yang sama sebesar 5,4-6,0 %.Kemudian angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) target nasional tahun 2020-2024 sebesar 4,0-4,6 % dimana dukungan Provinsi Sumut sebesar 5,45-5,25 %. Indeks angka gini ratio target nasional tahun 2020-2024 sebesar 0,370-0,374, dimana dukungan Provinsi Sumut sebesar 0,320-0,380.
gosumutcom_ycsbq_63602.jpg
CSR dan PKBL Pertamina Untuk Indonesia Lebih Baik
Selasa, 13 Agustus 2019 18:24 WIB
Perusahaan Pertambangan Minyak Nasional (Pertamina) senantiasa bekerja keras membangun bangsa dengan mengokohkan komitmen dalam bidang energi baru dan terbarukan serta diversifikasi usaha.PT Pertamina (Persero) telah menempuh enam dekade dalam industri energi.  Komitmen ini dibuktikan dengan penyediaan produk yang lebih berkualitas guna memenuhi kebutuhan konsumen akan produk yang unggul. Kini saatnya, Pertamina memantapkan langkah, menyongsong tantangan yang membentang dengan penuh optimisme guna menciptakan pertumbuhan bisnis Perusahaan yang berkelanjutan melalui investasi dan optimalisasi bisnis agar terus tumbuh sesuai dengan harapan seluruh pemangku kepentingan. Bersamaan itu Pertamina tak lupa berbagi untuk Indonesia yang lebih baik melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).Tonggak sejarah Pertamina diawali sekitar tahun 1950-an, Pemerintah Republik Indonesia menunjuk Angkatan Darat yang kemudian mendirikan PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatera Utara untuk mengelola ladang minyak di wilayah Sumatera. Pada 10 Desember 1957, perusahaan tersebut berubah nama menjadi PT Perusahaan Minyak Nasional, disingkat PERMINA. Tanggal ini diperingati sebagai lahirnya Pertamina hingga saat ini. Pada 1960, PT Permina berubah status menjadi Perusahaan Negara (PN) Permina. Kemudian, PN Permina bergabung dengan PN Pertamin menjadi PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada 20 Agustus 1968.Selanjutnya, pemerintah mengatur peran Pertamina untuk menghasilkan dan mengolah migas dari ladang-ladang minyak serta menyediakan kebutuhan bahan bakar dan gas di Indonesia melalui UU No.8 tahun 1971. Kemudian melalui UU No.22 tahun 2001, pemerintah mengubah kedudukan Pertamina sehingga penyelenggaraan Public Service Obligation (PSO) dilakukan melalui kegiatan usaha.Berdasarkan PP No.31 Tahun 2003 tanggal 18 Juni 2003, Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara berubah nama menjadi PT Pertamina (Persero) yang melakukan kegiatan usaha migas pada Sektor Hulu hingga Sektor Hilir. PT Pertamina (Persero) didirikan pada tanggal 17 September 2003 berdasarkan Akta Notaris No.20 Tahun 2003. Pada 10 Desember 2005, Pertamina mengubah lambang kuda laut menjadi anak panah dengan warna dasar hijau, biru, dan merah yang merefleksikan unsur dinamis dan kepedulian lingkungan.PT Pertamina (Persero) melakukan transformasi fundamental dan usaha Perusahaan pada 20 Juli 2006. PT Pertamina (Persero) mengubah visi Perusahaan yaitu, “menjadi perusahaan minyak nasional kelas dunia“Pertamina melalui anak usaha PT Pertamina International EP mengakuisisi saham perusahaan migas Prancis Maurel et Prom (M&P) dengan kepemilikan saham sebesar 72,65% saham pada tanggal 10 Desember 2007. Kemudian tahun 2011, Pertamina menyempurnakan visinya, yaitu “menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia“. Melalui RUPSLB tanggal 19 Juli 2012, Pertamina menambah modal ditempatkan/disetor serta memperluas kegiatan usaha Perusahaan.Pada 14 Desember 2015, Menteri BUMN selaku RUPS menyetujui perubahan Anggaran Dasar Pertamina dalam hal optimalisasi pemanfaatan sumber daya, peningkatan modal ditempatkan dan diambil bagian oleh negara serta perbuatan-perbuatan Direksi yang memerlukan persetujuan tertulis Dewan Komisaris. Perubahan ini telah dinyatakan pada Akta No.10 tanggal 11 Januari 2016, Notaris Lenny Janis Ishak, SH.Pada 2017, salah satu langkah nyata mewujudkan visi menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia adalah keberhasilan menuntaskan akuisisi saham perusahaan migas Prancis Maurel et Prom (M&P). Terhitung mulai 1 Februari 2017 melalui anak usaha PT Pertamina International EP, Pertamina menjadi pemegang saham mayoritas M&P dengan 72,65% saham. Melalui kepemilikan saham mayoritas di M&P, Pertamina memiliki akses operasi di 12 negara yang tersebar di 4 benua. Pada masa mendatang, Pertamina menargetkan produksi 650 ribu BOEPD (Barrels of Oil Equivalents Per Day) di 2025 dari operasi internasional, sebagai bagian dari target produksi Pertamina 1,9 juta BOEPD di 2025, dalam upaya nyata menuju ketahanan dan kemandirian energi Indonesia.Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina mempunyai kewajiban  dalam menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan bagi masyarakat."Sebagai sesama BUMN kita memiliki  kewajiban yang sama. Untuk itu kami ingin tahu lebih banyak bagaimana sistem pengelolaan CSR dan  PKBL yang ada di Pertamina," kata Muhamad Wahyudi,  Senior Manager Perencanaan dan Pengendalian Comuninty Development Telkom  Indonesia saat berkunjung ke Kantor Pusat Pertamina, Rabu  (20/2/2019).Dalam kesempatan tersebut, Vice President CSR & SME Partnership Program Pertamina Agus Mas'ud  menjelaskan tentang  pengelolaan CSR dan PKBL di Pertamina yang sudah terintegrasi, terutama dalam pembinaan terhadap mitra binaan yang sudah dikelola dengan baik."Pembinaan yang kami lakukan kepada mitra binaan, salah satunya dengan memilih mitra yang sehat. Selain itu, kita terus melakukan monitoring terhadap mereka," kata Agus.Agus berharap pertemuan ini dapat menjadi sebuah jalinan sinergi yang kuat antara kedua belah pihak. Terutama dalam kaitannya dengan program Rumah Kreatif  BUMN (RKB)  yang menjadi salah satu implementasi program BUMN Hadir Untuk Negeri.
gosumutcom_kgjvs_63601.jpg
Grabbike Kampanyekan Antingaret di Medan
Selasa, 13 Agustus 2019 18:18 WIB
MEDAN-Kebiasaan tidak menghargai waktu atau dikenal dengan istilah 'ngaret' saat ini sudah dianggap menjadi hal yang biasa bagi orang Indonesia dan sudah menjadi budaya. Padahal banyak yang dirugikan salah satunya budaya ini bisa merugikan diri sendiri.
Khusus Pelanggan Medan dan Batam
gosumutcom_txeej_63599.jpg
MEDAN-PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) memberikan penawaran khusus bagi pelanggan pascabayar XL PRIORITAS yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Medan dan Kota Batam. Penawaran ini berupa gratis layanan XL PRIO Pass selama di Malaysia dan Singapura. Pelanggan sudah bisa memanfaatkan program menarik ini mulai 15 Juli 2019.
wwwwww