MEDAN - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan melaksanakan kegiatan "Deklarasi Medan Rukun Kota Medan", Sabtu, 06 April 2024 di Kantor FKUB Kota Medan Jalan Puri / Ramlan Yatim Nomor 2 Kota Matsum Medan.

Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution memberikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan dan Majelis Majelis Agama yang ada di Kota Medan atas dideklarasikannya Kota Medan sebagai Kota Kerukunan Umat Beragama.

"Deklarasi Medan Rukun Kota Medan ini dimaknai sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan dan FKUB dalam rangka menjaga antar umat beragama di Kota Medan" Kata Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Sofyan ketika menghadiri kegiatan deklatasi tersebut.

Dijelaskan Aspemsos, Kota Medan ini dalam suasana yang kondusif dan aman, apalagi baru selesai pelaksanaan Pemilu 2024. Tentunya keadaan yang kondusif dan aman ini merupakan hal yang harus kita ciptakan mewujudkan kota Medan yang Berkah, Maju dan Kondusif.

Ketua FKUB Kota Medan, Ustadz Muhammad Yasir tanjung, menyampaikan bahwa Acara ini digelar merupakan salah satu kegiatan FKUB Kota Medan di tahun ini, dan sudah dirapatkan kepada Majelis-Majelis Agama (MUI, PGI, Keuskupan Agung, WALUBI, PHDI dan MATAKIN). Setelah dideklarasikan, dan ditandatangani oleh semua Majelis Agama, berkas deklarasi tersebut di serahkan Kepada Walikota Medan.

Ketua Panitia Pelaksana, Ust. H. Damri Tambunan yang juga Sekretaris FKUB Kota Medan menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan ini adalah merupakan suatu wujud keberhasilan Walikota Medan yang menjadikan Kota Medan sebagai kota yang toleran. Salah satu wujud tersebut dibangunnya Tugu Kerukunan Kota Medan di Kecamatan Medan Johor, dan lambang hari-hari besar Agama di jalan Ahmad Yani, Kesawan Medan.

Acara ini digandeng dengan Berbuka Puasa Bersama, dan mendengarkan Ceramah Kebangsaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Azhari Akmal Tarigan, MA yang juga merupakan Bendahara FKUB Kota Medan