MEDAN - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe Prof. Dr. Danial, M.Ag mengatakan 30 persen mahasiswa di kampus yang dipimpinnya berasal dari Sumatera Utara. Hal tersebut diungkapkannya saat bersilaturahmi sekaligus penandatangan MoU dengan Kepala Kanwil Kemenagsu didampingi Kabiro IAIN Lhokseumawe, Dr H Tohar Bayoangin MAg, di Aula Kanwil Kemenag Sumut, Jumat (26/4/2024).
 
Prof Danial dalam sambutannya mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antara IAIN Lhokseumawe dengan Kanwil Kemenag Sumut beserta jajarannya.
 
"Sampai hari ini, tiga puluh persen mahasiswa IAIN Lhokseumawe berasal dari Sumatera Utara," ujarnya.
 
Mahasiswa yang kuliah di IAIN Lhokseumawe, katanya berasal dari berbagai darrah dengan budaya dan adat istiadat yang beragam. Hal ini menjadi suatu kekayaan lintas budaya yang dimiliki IAIN Lhokseumawe.
 
"Saya melihat IAIN Lhokseumawe ini dapat menjadi Kampus Nusantara," katanya.
 
Rektor juga berharap, kunjungan tersebut dapat lebih mempererat silaturahim antara IAIN Lhokseumawe dengan Kanwil Kemenag Sumut.
 
Ia juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi pada Kakanwil Kemenagsu dan jajarannya atas sambutan yang luarbiasa.
 
Ia melihat Kemenagsu dibawah kepemimpinan H. Ahmad Qosbi S.Ag., MM sebagai Kakanwil semakin 'terang'.
 
"Mudah-mudahan terus terang" imbuhnya.
 
Sementara Itu, Kakanwil Kemenagsu H Ahmad Qosbi S.Ag., MM mengucapkan ahlan wa sahlan dan marhaban pada rektor dan rombongan dari IAIN Lhokseumawe.
 
Dengan MoU ini diharapkan semakin banyak siswa yang melanjutkan pendidikan di IAIN Lhokseumawe.
 
Acara tersebut dihadiri Kasubbag TU Drs H Muhammad Yunus MA, para Kabid, Pembimas dan Katim, Plt Kemenag Deli Serdang H Fahrizal MSi dan Kakan Kemenag Sergai H Zulkifli Sitorus MSi.
 
Sementara dari IAIN Loksumawe dihadiri 
WR I Dr. Iskandar MSi Kabag Layanan Umum dan Akademik Yusnidar MH, Humas Taufik hidayatullah, S. Sos dan Kasubbag umum Kana Rizki, M.Kom.I.