BERITA

PRESIDEN Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghabiskan libur Lebaran bersama anak dan cucu di Medan, Sumatera Utara. Namun, kedatangan Jokowi di Medan memunculkan persepsi sebagai bentuk dukungannya terhadap menantunya, Bobby Nasution yang akan maju sebagai calon gubernur di Pilgub Sumatera Utara.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin melihat silaturahmi hari Lebaran Presiden Jokowi ke Medan, Sumatera Utara, bukan merupakan lawatan biasa. Sebab, itu dilakukan di tengah persaingan menantunya, Bobby Nasution dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Utara Partai Golkar, Musa Rajekshah alias Ijeck, untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut di Pilkada 2024. “Bagaimanapun kalau Bobby ingin maju, harus kondusif semua,” kata Ujang saat dihubungi Tempo pada Jumat, 12 April 2024. 

HASIL CEK FAKTA

Merespon isu kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tersebut, Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar menegaskan untuk tidak dikaitkan ke sana. "Jadi mari kita lihat situasi ini dengan sejuk, dengan tenang," katanya.

Bobby mendapat surat penugasan dari Partai Golkar untuk maju sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara dalam Pilkada 2024, seperti diungkap Ketua Umum Airlangga Hartarto dalam pengarahan di Jakarta pada Minggu, 7 April 2024.

Adapun, Ketum Projo yang juga Menkominfo, Budi Arie menilai tidak masalah jika ada pihak yang memiliki pandangan seperti itu. "Ya, enggak apa-apa ada pandangan. Kamu punya pandangan sampaikan aja," kata Budi Arie di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Jokowi berada di Medan sejak Rabu (10/4/2024) sore hingga Minggu (15/4/2024). Kegiatan Jokowi di Medan di antaranya mengajak cucu-cucunya main hingga belanja sayur dan buah-buahan di pasar.
Koordinator Staff Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana mengatakan, kunjungan Jokowi dan Iriana ke Medan tersebut untuk menemui anak dan cucunya.

Ari menuturkan, pada momen Lebaran sebelumnya, Jokowi merayakan Lebaran di Solo bersama dengan keluarga. Pada tahun ini, Jokowi memilih menghabiskan hari pertama Lebaran untuk open house di Jakarta. "Seperti halnya setiap keluarga di Indonesia, Presiden Jokowi juga menggunakan momen Idul Fitri sebagai momen berkunjung, berkumpul, bersilaturahmi dengan keluarga, dengan sahabat, dan dengan masyarakat umum," ucapnya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga membantah bahwa kedatangan orang nomor satu ke Sumut itu disebut-sebut untuk melanggengkan langkahnya maju Pilgub Sumut.

Bobby mengatakan kedatangan Jokowi ke Sumut bukan kali pertama. Apalagi merayakan Idulfitri di luar daerah bersama anak menantunya juga kerap dilakukan Jokowi. "Saya rasa enggak pertama kali pak presiden Idulfitri di luar daerah," kata Bobby di Pemko Medan, Selasa (16/4/2024).

Bobby mengaku beberapa kali keluarganya juga menunggu kepulangan Presiden Jokowi dari beberapa daerah yang dikunjunginya agar mereka bisa merayakan Idulfitri bersama. "Bahkan biasanya sebelum sebelumnya, saya bersama keluarga menunggu pak presiden kembali dari daerah yg dikunjungi baru lebaran sama-sama," ungkapnya.

Suami dari Kahiyang Ayu itu menambahkan Jokowi datang ke Sumut untuk melihat dan merayakan Idulfitri bersama cucunya."Kali ini presiden hadir di sini mau lihat cucu-cucu," sebutnya.

KESIMPULAN

Pihak Istana Kepresidenan memberi klarifikasi bahwa kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana ke Medan, Sumatera Utara untuk  menghabiskan libur Lebaran bersama anak dan cucu di kota ini. Pandangan bahwa kunjungan itu untuk memuluskan langkah menantunya Bobby Nasution yang juga Walikota Medan maju Pilgub Sumut dibantah.

RUJUKAN

https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/lebaran-hari-kedua-presiden-jokowi-sapa-masyarakat-medan/

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240416165018-617-1086918/bobby-nasution-buka-suara-soal-isu-jokowi-5-hari-di-sumut-demi-pilgub

https://pemilu.tempo.co/read/1857513/momen-idul-fitri-keluarga-jokowi-ke-medan-buat-amankan-peluang-bobby-nasution

https://m.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2024/04/12/jokowi-ke-medan-terkait-menantunya-bobby-nasution-maju-pilgub-sumut-lewat-golkar-ini-kata-istana

https://m.kumparan.com/kumparannews/jokowi-ke-medan-dinilai-muluskan-bobby-di-pilgub-sumut-ini-kata-budi-arie-22Z4FsBMzMk