Toba - Ketua DPRD Toba Efendi SP Napitupulu,SE bersama istri hadiri acara perayaan HUT Toba ke 25 tahun 2024 Zona 3 Habornas dengan peserta Kecamatan Habinsaran, Borbor, Nassau sebelum perayaan puncak di Balige pada hari Sabtu, (9/3/2024).

Efendi SP Napitupulu,SE saat di konfirmasi www.gosumut.com di sela sela acara perayaan usai menyampaikan sambutannya sekaitan keberadaan infrastruktur jalan di 3 Kecamatan Habornas yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan mengatakan, Memang kita agak miris melihat kondisi keberadaan infrastruktur Jalan utama menuju Habornas ini, terkhusus juga beberapa jalan di 3 Kecamatan Habornas (Habinsaran, Borbor dan Nassau) ini.

Oleh karenanya kita sangat berharap di penganggaran tahun depan pemerintah daerah bisa memberikan atensi terbaiknya, terkhusus untuk penganggaran dana pembangunan infrastruktur yang terkait di Tiga kecamatan ini.sebut Efendi.

Lebih lanjut disampikan Efendi, memang untuk ruas jalan utama, Jalan Lintas Sumatera (Janlinsum) Silimbat - Silaen menuju Habornas, kita akui memang urusannya di pemerintahan Propinsi Sumatetera Utara.

Tetapi kita juga berharap pemerintah daerah Kabupaten Toba melalui bapak Bupati bisa melakukan lobi lobi.karena untuk anggaran juga kita tau memang sangat terbatas di Propinsi.

"Namun demikian kita tidak boleh apatis untuk tidak bisa mendapatkannya. disinilah usaha atau upaya yang harus dilakukan dan diperjuangkan oleh pemerintah daerah ke Propinsi hingga ke pemerintahan Pusat ataupun di Kementerian terkait.

Lanjut Egendi, kita tau dan sadari bahwa akses jalan utama menuju ke Habornas ini hanya ruas Janlinsum Silimbat - Silaen - Parsoburan Habinsaran tersebut dan tak ada akses jalan lain.sebut Efendi.

Dikatakannya, kita berharap di usia Kabupaten Toba yang ke 25 tahun 2024 ini, terkhusus untuk ke 3 kecamatan ini tanpa mengesampingkan kecamatan lainnya di Kabupaten Toba, hendaknya ada atensi yang lebih oleh pemerintah Daerah, sehingga masyarakat kita di Tiga kecamatan ini tidak lagi selalu mengeluarkan stetmen stetmen "Anak Tiri/Habornas Anak Tiri".

Melalui peraayaan HUT Toba ke 25 di Parsoburan Kecamatan Habinsaran ini, kita sangat berharap supaya perbaikan perbaikan segera dilakukan, terkhusus perbaikan pembangunan infrastruktur jalan supaya segera dilakukan di 3 Kecamatan Habornas ini oleh pemerintah Daerah.

Terkait dengan masa jabatan kita di DPRD Toba yang tidak berapa lama lagi akan berakhir atau periodesasi, beberapa item item untuk program rencana ajuan pembangunannya kita telah membuatkannya di perencanaan usulan pembangunan kedepan. sebagaimana berbagai usulan usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat di 3 Kecamatan Habornas ini.

Nantinya kita akan menitipkannya kepada para anggota Dewan yang baru terpilih, khususnya yang berasal dari 3 Kecamatan ini.

Supaya setelah mereka dilantik resmi menjadi anggota Dewan di DPRD Kabupaten Toba bisa melakukan terobosan pekerjaan baru untuk 3 Kecamatan di Habornas (Habinsaran, Borbor dan Nassau).tandas Efendi