Home >  Berita >  Mandailing Natal
Mandailing Natal
gosumutcom_rpzhy_87252.jpeg
Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi
Selasa, 17 November 2020 15:45 WIB
Medan – Seiring perubahan cuaca yang ekstrem di Kota Medan, redaksi GoSumut giat memantau informasi akan cuaca terkini yang ada pada situs resmi diantaranya signature.bmkg.go.id. Seperti yang diterima oleh redaksi pada hari selasa siang tanggal 17 November yang menginformasikan akan potensi curah hujan tinggi terutama di kawasan pegunungan dan dataran tinggi esok hari, Rabu 18 November 2020.
gosumutcom_muzcq_85892.jpg
Medan - Kontestasi pemilihan Kepala Daerah di Mandailing Natal dinilai sangat miskin gagasan, masing-masing kandidat terlihat hanya menempuh cara konvensional dengan menemui orang sebanyak mungkin, tapi tidak menawarkan apa gagasan yang diusung sehingga sangat sulit berharap ada perubahan signifikan.
gosumutcom_phqmb_85866.jpg
JAKARTA - Kementerian Desa PDTT dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan transformasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Eks PNPM Mandiri Perdesaan menjadi Lembaga Keuangan Desa (LKD). LKD langsung bergerak sebagai unit usaha di bawah BUMDesma kecamatan setempat. Upaya ini mengejawantahkan penetapan status Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai entitas badan hukum mandiri sebagaimana tercantum dalam UU Cipta Kerja. "Tertanggal hari ini 21 Oktober 2020 transformasi dimulai dari 147 UPK di Jawa Timur, dengan aset dana bergulir mendekati Rp 600 miliar. OJK sigap mendampingi sejak proses pengalihan lembaga, pembinaan kesehatan keuangan, hingga monitoring rutin triwulanan," ujar Menteri Desa PDTT H. Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri dalam keterangan pers kepada wartawan secara virtual melalui webiner, Rabu (21/10/2020).
gosumutcom_cngtb_86324.jpg
Cegah Covid-19, Pesantren Komit Terapkan 3M
Rabu, 07 Oktober 2020 14:58 WIB
TAPANULI SELATAN - Sejumlah Pesantren di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), komit menerapkan 3M dan perubahan perilaku baru untuk mencegah penyebaran Coronavirus Diseas 2019 (Covid-19). Hal itu tergambar saat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi mengunjungi beberapa pesantren di dua kabupaten itu, Selasa (6/10/2020). Sembari mencek komitmen perilaku baru setempat, Gubernur juga memberikan bantuan masker, alat kesehatan (ventilator), sembako dan obat-obatan. Di Pesantren Al Yusufiyah di Desa Holbung Kecamatan Angkola Muaratais Tapsel maupun Pesantren Daurat Tauhid di Jambur Padang Matinggi, Panyabungan Utara Madina, Gubsu mendapatkan warga Pesantren komit mematuhi protokol kesehatan. Perubahan perilaku terlaksana baik sehingga 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) menjadi perilaku baru. Cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, berolahraga, asupan vitamin dan gizi, periksa diri jika gejala, melapor jika ada gejala, dilaksanakan konsisten. “Anak-anakku saat ini kita sedang kena wabah, makanya saya minta untuk tetap menggunakan masker dan mengatur jaraknya. Karena virus ini sangat berbahaya bila masuk ke tubuh. Saat ini sudah 400 lebih rakyat kita (Sumut) yang sudah meninggal dan 10 ribu terinfeksi, sementara di Tapsel ini sudah 21 orang terdata,” ujar Edy Rahmayadi. Edy menyampaikan, kunker ke Pesantren Al Yusufiyah adalah yang ketiga kalinya. Saat ini, ia meminta kerja sama antara pengurus yayasan dan lainnya untuk saling menjaga kesehatan diri sendiri dan para santri. Ia menyatakan sektor kesehatan menjadi tanggung jawab pemimpin. “Saya menyampaikan dan meminta ini karena kesehatan adalah tanggung jawab pemimpin, untuk ilmu agama adalah tanggung jawab ulama dan guru. Masa depan bangsa ini ada di pundak kalian, ayo lanjutkan sampai ke perguruan tinggi. Saya akan membantu apa yang bisa saya bantu,” katanya. Di Pesantren Al Yusufiyah, Edy Rahmayadi juga menyerahkan bantuan 2.200 masker dan 145 paket sembako kepada pengurus yayasan, yang selanjutnya dibagikan pada seluruh santri. Edy juga menyempatkan diri bersalawat nariyah bersama para santri.
gosumutcom_dkzvd_79996.jpg
MANDAILING NATAL-Relawan ACT MRI yang berada dikawasan kordinasi daerah sekitaran Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan sekitarnya, sejak pag hari Juma’at ( 26/06 ) tampak sedang beraktifitas di wilayah Kec. Batahan, Kelurahan Pasar Baru Batahan dan Kec. Natal, Patiluban Hilir, Desa Bonda Kase.
gosumutcom_dgkt9_77891.jpg
MANDAILINGNATAL-Universitas Malikussaleh (Unimal) mengadakan berbagai pilihan kegiatan untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), salah satu dari KKN tersebut adalah KKN Covid-19 karena adanya kebijakan lockdown jadi KKN tersebut dilaksanakan di desa masing-masing.
gosumutcom_fpet3_72129.jpg
MADINA - Plt Wali Kota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution MSi disambut sholawatan ribuan santri-santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Musthafawiyah Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (18/01).
gosumutcom_pgxzy_54761.jpg
MADINA-Masyarakat Mandailing Natal (Madina), mengapresiasi Polda Sumut atas penegakan hukum kasus alih fungsi hutan yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Masyarakat pun meminta agar Polda Sumut juga menuntaskan kasus alih fungsi hutan lindung yang ada di Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal.
gosumutcom_7wk8k_50170.jpg
MEDAN - Ratusan pendemo yang berasal dari masyarakat Mandailing Natal (Madina) dan mahasiswa geruduk Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) yang berada di Jalan A.H Nasution, Selasa (23/10/2018).
Pasca Banjir Bandang dan Longsor
gosumutcom_uw7gg_50016.jpg
TBM FK UISU Buka Posko Kesehatan Pengungsi Madina
Sabtu, 20 Oktober 2018 23:07 WIB
MEDAN - Pasca banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang Kabupaten Mandailing Natal, Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (TBM FK-UISU) mendirikan posko kesehatan di pengungsian.
gosumutcom_txmyj_49810.jpg
MADINA - Usai meninjau korban banjir bandang Madina di Desa Muara Saladi Kecamatan Ulu Pungkut, Madina, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H Edy Rahmayadi turut menghadiri acara tahlilan tiga malam pasca kejadian, Senin (15/10) malam, sekaligus mengirimkan doa untuk korban meninggal dunia.
gosumutcom_truae_49751.jpg
Gubernur Sumut Tinjau Lokasi Banjir Bandang Madina
Senin, 15 Oktober 2018 19:39 WIB
MADINA - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang, di Kecamatan Ulu Pungkut Mandailing Natal (Madina), yang terjadi Jumat (12/10) lalu. Sebelum turun ke lokasi, shalat gaib pun dilangsungkan di Masjid Agung Panyabungan, Senin (15/10).
Pulihkan Psikologis Korban Banjir
gosumutcom_c6mph_49740.jpg
Polda Sumut Kerahkan Tim Dokter ke Madina
Senin, 15 Oktober 2018 17:49 WIB
MEDAN-Selain mengirimkan bantuan logistik, Polda Sumut mengerahkan Tim Dokter untuk memulihkan psikoligis korban banjir Kabupaten Mandailing Natal (Madina).
Banjir Bandang Madina
gosumutcom_t5qnd_49737.jpeg
Polda Sumut Kirim Bantuan Logistik
Senin, 15 Oktober 2018 16:47 WIB
MEDAN-Guna meringankan beban korban banjir bandang di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Polda Sumatera Utara mengirim bantuan logistik.
gosumutcom_kgvvm_48667.jpg
MEDAN-Gara-gara kedapatan membobol kotak infak di Mesjid Al-hidayah, Perumnas Mandala, warga Kayu Laut Panyabungan diarak ke Polsek Percut.
gosumutcom_4v86w_43967.jpg
MADINA - Menggelar Safari Ramadhan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk seperti narkoba.
gosumutcom_5mg8j_43738.jpg
Jelang Idul Fitri, Eramas Bantu Korban Kebakaran
Jum'at, 08 Juni 2018 23:37 WIB
MADINA - Untuk mengurangi beban warga korban musibah kebakaran di Desa Sinunukan III, Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Tim Pemenangan dan Relawan Cagubsu Edy Rahmayadi dan Cawagubsu Musa Rajekshah (Eramas) Madina memberikan bantuan kepada warga terdampak kebakaran.
gosumutcom_rmeq7_43542.jpg
MADINA - Pembunuhan berantai secara sadis terjadi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Tiga orang yang diduga pengikut aliran sesat tega menghabisi tiga orang lainnya yang merupakan keluarga mereka sendiri.
gosumutcom_dqsz6_43231.jpg
Energi Baru, Warga 12 Desa Ini Dukung Djoss
Kamis, 31 Mei 2018 09:33 WIB
MADINA - Dukungan terhadap Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus terus bertambah.
gosumutcom_bzuyb_43225.jpg
MADINA - Keberadaan Lubuk Larangan di sejumlah desa di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dinilai sebagai kekayaan budaya yang harus dilestarikan.
gosumutcom_fvaqx_43135.jpg
MADINA - Masyarakat diharapkan menentukan pilihan dengan melihat konsep pembangunan. Serta harus rasional dalam melihat konsep pembangunan dengan tolak ukur kebangsaan dan kekuatan bingkai kebhinnekaan.
gosumutcom_9pkuu_43134.jpg
MADINA -Warga Penyabungan di Mandailing Natal (Madina) mengharapkan agar gubernur baru yang terpilih nantinya dapat memperhatikan nasib guru honorer serta penghapusan pungutan liar yang kerap merugikan warga.
gosumutcom_gh9br_43074.jpg
Madina Siap Menangkan Djoss
Selasa, 29 Mei 2018 01:40 WIB
MADINA -Gerbang Swara Kabupaten Mandailing Natal (Madina) siap memenangkan pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat - Sihar Sitorus (DJOSS) pada Pilgubsu 27 Juni mendatang.
gosumutcom_be9vp_43073.jpg
Djarot Kagumi Kerajinan Kayu Bupati Madina
Selasa, 29 Mei 2018 01:38 WIB
MADINA -Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat dijamu istimewa oleh Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution untuk santap malam bersama di rumah dinas bupati, sebelum menunaikan ibadah shalat taraweh.
gosumutcom_lxhpz_42995.jpg
MEDAN - Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengaku sangat senang dan bahagia saat berkunjung ke Mandailing Natal (Madina), Minggu (27/5/2018).
gosumutcom_qvntb_42887.jpg
MADINA – Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution menurunkan tim gabungan beberapa Orgainsasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madina guna melakukan peninjauan lapangan dan monitoring terhadap permasalahan masyarakat UPT Singkuang SP II dengan perusahaan PT Rendi Permata Raya di Kecamatan Muara Batang Gadis.
gosumutcom_t6eys_42417.jpeg
PENYABUNGAN - Pakkat, penganan dari pucuk rotan yang satu ini bagi masyarakat Mandailing Natal (Madina) masih jadi primadona pada saat puasa.
gosumutcom_kx8vu_41518.jpg
MADINA – Perusahaan perkebunan PT Rendi Permata Raya terkesan melawan putusan hukum Pengadilan Negeri Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Pasalnya, perusahaan tersebut kembali melakukan penyerobotan lahan milik warga transmigrasi Singkuang yang telah bersertifikat hak milik, dan lahan tersebut merupakan lahan pekarangan warga.
gosumutcom_vjw3t_41071.jpg
MADINA - Calon Gubernur dan wakil Gubernur Edy Rahmayadi dan Musa Rajekhshah (Eramas)  dinilai sebagai figur yang tepat untuk memimpin Provinsi Sumut yang kaya akan potensi alam, adat istiadat dan budaya.
gosumutcom_mws2n_40961.jpg
Edy-Nawal Diarak Bak Raja dan Ratu di Natal
Minggu, 29 April 2018 13:47 WIB
MADINA - Kunjungan Calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Edy Rahmayadi beserta istri Nawal Lubis disambut antusias masyarakat Natal, Kabupaten Madina, Minggu (29/04/2018). Edy dan Nawal Lubis disambut dengan adat istiadat pesisir Natal, pantai barat. 
gosumutcom_udfxy_40899.jpg
MADINA - Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Musthafawiyah Purba Baru Mustafa Bakri menegaskan bahwa dukungan ke calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut No Urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) merupakan harga mati.
gosumutcom_pkacl_40271.jpg
Pelukan Erat Para Santri untuk Musa Rajekshah
Kamis, 19 April 2018 11:36 WIB
MANDAILING NATAL – Tak ada proses yang mengkhianati hasil. Itulah yang dirasakan lulusan terbaik Pesantren Musthafawiyah 2018, Rafi Maswadi. Santri asal Bogor ini, tak menyangka mendapatkan beasiswa dari Ketua Yayasan Haji Anif, H Musa Rajekshah, untuk melanjutkan studi ke mana pun yang diinginkan Rafi.
gosumutcom_jpv4e_39212.jpg
MADINA - Untuk kesekian kalinya, tim gabungan Kodim 0212/TS kembali menemukan 2,5 hektar ladang ganja atau sekitar 2.000 batang ganja setinggi 2 meter di kawasan areal perbukitan Tor Sihite, Desa Simandolam, Kecamatan Kota Nopan, Kabupaten Madina, Senin (2/4/2018).
gosumutcom_qsk2w_38891.jpg
Harga Karet di Madina Turun Rp1.000/Kg
Kamis, 29 Maret 2018 15:08 WIB
Panyabungan - Dalam dua pekan terakhir harga getah karet alam di tingkat petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) cenderung mengalami penurunan menjadi Rp 7.500/kg.
gosumutcom_tv6rb_38744.jpg
Banjir Rendam 4 Desa di Madina
Selasa, 27 Maret 2018 12:01 WIB
Panyabungan - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sejak Senin malam (26/3/2018) mengakibatkan 4 desa di Kecamatan Natal terendam. Banjir menggenangi pemukiman penduduk, fasilitas umum, jalan raya.
gosumutcom_pyqe4_38236.jpg
MEDAN - Demi mengungkap kasus pembangunan Tapian Siri-siri Syariah dan Taman Raja Batu, di kawasan perkantoran Paya Loting, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara sudah melayangkan surat ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut.
gosumutcom_7w8kf_37996.jpg
Panyabungan - Harga biji kering (gabah) Kopi Arabika Mandailing di tingkat petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) naik dari Rp 25.000/kg menjadi Rp28.000/kg.
gosumutcom_a5vxu_37973.jpg
Bikers Madina Sebut Bang Ijeck jadi Panutan
Rabu, 14 Maret 2018 20:38 WIB
MADINA - Tokoh muda Sumatera Utara yang juga calon Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018 – 2023, H Musa Rajekshah melakukan silaturahmi ke sejumlah elemen di Panyabungan, Mandailing Natal (Madina), Rabu (14/3/2018). Salah satu yang dikunjungi yakni komunitas motor di Kota Panyabungan.
gosumutcom_h8g49_37937.jpg
MADINA - Ustadz Abdul Somad melakukan safari dakwah ke Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara Rabu (14/3/2018). Didampingi tokoh muda H Musa Rajekshab, ustadz fenomenal itu memberi tausyiah di tiga lokasi di Bumi Serambi Mekkah-nya Sumatera Utara.
gosumutcom_93klb_37921.jpg
PANYABUNGAN - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagub Sumut), H Musa Rajekshah melakukan lawatan ke Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (14/3/2018).
Dugaan Korupsi Proyek Tapian Siri-siri
gosumutcom_zksxy_37472.jpeg
MEDAN - Penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tak akan terpengaruh dengan adanya maklumat yang dibuat Bupati Madina H. Dahlan Hasan Nasution atas pengerjaan proyek pembangunan Tapian Sirisiri Syariah dan Taman Raja Batu menghabiskan dana sebesar Rp 8 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Madina Tahun Anggaran (TA) 2015.
gosumutcom_zgswb_37362.jpg
MEDAN - Petugas gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Balai Taman Nasional Batang Gadis dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), sempat disekap warga saat hendak mengamankan harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang masuk ke Desa di Kecamatan Batang Natal, Mandailing Natal.
gosumutcom_p45lx_37270.jpeg
PANYAMBUNGAN - Seekor harimau yang menerkam warga dan membat resah masyarakat Kecamatan Batang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akhirnya berhasil dilumpuhkan, Minggu pagi (4/3/2018), setelah hampir 2 minggu dilakukan pencarian.
gosumutcom_saaqz_37112.jpg
Tadi Pagi, Gempa Bumi Guncang Madina
Kamis, 01 Maret 2018 11:15 WIB
MEDAN - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,4 SR mengguncang Samudera Hindia sebelah Barat Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, sekitar pukul 08.35 WIB, Kamis (1/3).
gosumutcom_5h7lf_36808.jpg
MADINA - Tujuh personel tim gabungan Intel Rem 023/KS dan unit Intel Dim 0212/TS yang bersama empat warga penunjuk jalan, Sabtu (24/2/2018) siang kembali menemukan ladang Ganja di kawasan Tor Sihite.
gosumutcom_lsqpw_36682.jpg
Eramas Peduli Korban Kebakaran Simpang Gambir Madina
Jum'at, 23 Februari 2018 14:04 WIB
MADINA - Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah menyampaikan keprihatinan mendalam atas musibah kebakaran di Simpang Gambir, Mandailing Natal pada Senin (19/2/2018) sore.
gosumutcom_bcpzw_36217.jpeg
PANYABUNGAN - Terkait Pembangunan Tapian Sirisiri (TSS) dan Taman Raja Batu (TRB), Bupati Mandailing Natal (Madina), Dahlan Hasan Nasution mengeluarkan maklumat yang dipajang berupa baliho berukuran lebar di simpang perkantoran Pemkab Madina.
Soal Pembangunan Tapian Sirisiri dan Taman Raja Batu
gosumutcom_dcxnk_36191.jpeg
PANYABUNGAN - Terkait Pembangunan Tapian Sirisiri (TSS) dan Taman Raja Batu (TRB), Bupati Mandailing Natal (Madina), Dahlan Hasan Nasution mengeluarkan maklumat yang dipajang berupa baliho berukuran lebar di simpang perkantoran Pemkab Madina, Kamis (15/2/2018).
gosumutcom_rlyzw_35557.jpeg
Harga Jeruk Nipis Anjlok Bertengger di Rp1.500/Kg
Rabu, 07 Februari 2018 14:09 WIB
PANYABUNGAN - Dalam beberapa minggu terakhir harga jeruk nipis tingkat petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) anjlok dari Rp 4.000/kg menjadi Rp1.500/kg.
www www