MADINA - Wacana pemindahan pedagang pasar lama Panyabungan bakal memiliki tempat baru untuk berjualan. Hal itu terungkap disaat Bupati Mandailing Natal (Madina), Jafar Sukhairi Nasution meresmikan sejumlah kios dan los yang berada di lokasi bekas Bioskop Tapanuli, Kecamatan Panyabungan, Senin (5/2/2024). Di tempat itu- lah nantinya pedagang pasar lama baik yang berjualan sayuran maupun yang lainnya akan menempati lokasi pasar yang baru diresmikan tersebut. 
 
Akan tetapi kapan waktu pedagang pasar lama ini menempati bangunan itu belum dapat dipastikan, namun pemerintah Kabupaten Madina melalui Dinas Perdagangan saat ini masih melakukan pendataan siapa pedagang yang harus diutamakan menempati lokasi itu, karena mengingat jumlah kios yang masih terbatas. 
 
Bupati Madina Jafar Sukhairi menyebut pemindahan pedagang pasar lama ke lokasi bekas Bioskop Tapanuli ini bertujuan untuk menstriilkan lokasi jalan keliling sehingga dapat berfugsi dengan baik. 
 
"Karena pedagang di pasar lama Panyabungan dilihat ada yang berjualan pada bahu jalan sehingga pemungsian jalan keliling di lokasi itu sangat tidak baik. Untuk itu dibuat pemindahan ke beberapa pedagang untuk menempati yang baru ini maka jalan keliling tersebut berfungsi dengan baik," Kata Bupati. 
 
Kemudian kata Bupati, pemerintah juga membentuk tim, dimana tim ini akan bekerja melakukan pendataan kepada pedangan pasar lama Panyabungan yang bertujuan untuk segera melakukan pemungsian tempat baru ini. 
 
"Jadi tim ini akan bekerja secepatnya karena data pedagang pasar lama Panyabungan ada 50-an. Sementara kios yang tersedia di tempat (lokasi bekas Bioskop Tapanuli-red) ada hanya jumalahnya 21, terus tim ini nantinya dapat mencari solusinya, " ujarnya.
 
Bupati Madina pun menambahkan pembangunan pasar kios tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Kabupaten Madina. 
 
Kemudian pemerintah Kabupaten Madina juga akan melakukan kajian terhadap bekas kios yang sudah tidak berfugsi di sebelahnya dengan baik untuk dijadikan tempat parkir. Sehingga transaksi jual beli baik itu dari pedagang maupun pembeli lebih nyaman beraktivitas di tempat ini. 
 
Dalam peresmian kios dan los Pasar di belakang Bioskop Tapanuli ini tampak turut dihadiri Kadis PUPR Madina, Elfi Yanti , Kadis Perdagangan, Parlin Lubis dan sejumlah OPD lainnya.