MADINA - Polres Mandailing Natal (Madina) menggelar apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba Tahun 2024 di lapangan hitam Tantya Sudhirajati Mapolres Madina, Jalan Bhayangkara nomor 01 Kecamatan Panyabungan Utara, Rabu (13/3/2024).

Apel tersebut dipimpin oleh Wakapolres Madina Kompol Marluddin mewakili Kapolres AKBP Arie Sofandi Paloh SH SIK. Sedangkan perwira upacara gelar pasukan dipimpin Kasat Lantas AKP Syamsul Arifin Batubara.

Sejumlah pejabat tinggi di Kabupaten Madina hadir dalam apel gelar pasukan tersebut. Mulai dari Sekda Alamulhaq Daulay mewakili Bupati Madina HM Ja'far Sukhairi Nasution, Ketua DPRD H. Erwin Efendi Lubis SH, perwakilan Kajari Madina Dr. Novan Hadian, Pengadilan Negeri, sejumlah OPD, Ormas, OKP dan tamu lainnya.

Sementara barisan peserta upacara diikuti oleh personel Subdenpom, Kompi Senapan B Mangga Dua, Dishub, BPBD, Satpol PP dan personel Polres Madina dari berbagai satuan.

Pasca kegiatan apel, Polres Madina juga menyerahkan Helm SNI secara gratis bagi pengendara mulai dari becak motor, komunitas motor, mahasiswa dan pelajar.

Operasi tersebut berlangsung selama 14 hari dimulai sejak tanggal 13 hingga 26 Maret 2024.

Wakapolres Madina dalam apel itu menyampaikan amanat Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi dalam Ops Keselamatan Toba Tahun 2024. Berikut isi amanatnya;

"Hadirin dan peserta apel yang saya hormati, perlu kita pahami bersama bahwa keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, merupakan suatu hal yang dibutuhkan dan diharapkan oleh masyarakat selaku pengguna jalan raya.

"Namun pada kenyataannya berbagai permasalahan baik itu pelanggaran ataupun kecelakaan sering terjadi yang disebabkan oleh beberapa hal termasuk kelalaian masyarakat itu sendiri atau human error.

Pada Tahun 2023, angka kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumut sebanyak 6.739 kejadian atau menunjukkan peningkatan 4,2% bila dibandingkan dengan Tahun 2022 yaitu sebanyak 6.465 kejadian.

Selain Itu, Polda Sumut telah melakukan penindakan pelanggaran lantas selama tahun 2023 aebanyak 209.770 penindakan, yang terdiri dari oenindakan tilang sebanyak 50.427 penindakan dan teguran sebanyak 159.343 penindakan.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk meningkatkan kamseltibcar lantas di wilkum Polda Sumut selama bulan ramadan dan menjelang Idul Fitri, Polda Sumut menyelenggarakan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi "Keselamatan Toba – 2024”.

Kompol Marluddin juga menerangkan tujuan dari operasi tersebut, antara lain;

Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya fatalitas korban kecelakaan angka
dan pelanggaran lalu lintas Dldi wilayah Provinsi Sumatra Utara.

Kemudian, terciptanya situasi kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman menjelang Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

"Perlu saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas," katanya.

"Kemudian tampilkan performance polantas yang rapi, bersih dan humanis, termasuk tampilan perlengkapan dinas dalam kondisi yang baik. Laksanakan patroli, pengaturan dan penjagaan pada lokasi rawan kemacetan, kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas, dan lakukan penegakkan jukum lalu lintas secara humanis, profesional dan proporsional kepada para pelanggar," tutup Wakapolres.