MADINA - Sosok Endar Sutan Lubis yang tak asing lagi ditengah masyarakat Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Namanya masuk sebagai kandidat dalam bursa pencalonan kepala daerah pada Pilkda 2024.

Semenjak sejumlah partai politik (Parpol) membuka pendaftaran penjaringan kepala daerah di Kabupaten Madina. Nama Endar Lubis mengambil formulir untuk pendaftaran bakal calon bupati (Bacabup) tersebut.

Parpol yang ia daftarkan termasuk ke Partai Golkar. Kemudian Endar Lubis mengambil formulir secara langsung mendatangi kantor DPD PAN dan DPC Demokrat untuk masuk bursa penjaringan Bacabup pemilihan kepala daerah tahun 2024, usai salat Jumat (26/4/2024).

Dari sepak terjang pria kelahiran Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal tersebut sekarang ini menjabat di jajaran pemerintahan Kota Medan sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda), Kota Medan dalam pemerintahan Bobby Afif Nasution.

Endar Lubis menyampaikan dirinya merasa terpanggil mendaftarkan diri sebagai kepala daerah pada Pilkada tahun 2024 ini adalah tak lain untuk mengabdi.

"Yang pertama tentunya sebagai putra kMandailing Natal merasa terpanggil mengabdikan diri untuk membangun dan memajukan masyarakat Mandailing Natal. Sehingga nanti kedepannya apa sudah yang baik dilkukakan oleh pejabat - pejabat Bupati sebelumnya, mana yang belum selesai maka kita selesaikan dan mana yang kurang baik maka kita baik-kan," kata Endar dalam keterangan presnya.

Kemudian menurut Endar untuk memajukan dan melakukan pembangunan di Mandailing Natal ini perlu kaloborasi dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Inti program dan visi-misi bila saya diamanahkan dan dipercayakan masyrakat dan diridoi Allah memimpin Mandailing Natal ini, masyarakat adalah objek dan sabjek dalam pembangunan, bukan dijadikan objek atau sabjek. Karena masyarakat lebih tahu untuk kehidupannya dan semuanya harus kerja sama dalam kaloborasi pembangunan , " ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan Kabupaten Mandailing Natal yang sudah berusia 25 tahun dan daerah salah satu yang paling luas masih banyak pekerjaan rumah yang perlu harus diselesaikan. Baik itu dibidang kesehatan, pencegahan narkoba dan pada bidang sosial. Dan menurutnya masih banyak lagi pekerjaan rumah yang perlu diperbaiki di Kabupaten Mandailing Natal.

Dia akan juga berjanji membangun stdion bola di Kabupaten Mandailing Natal dalam peningkatan olahraga dan salah satunya menjauhkan anak muda dari bahaya narkoba. Kemudian membangun rumah sakit modren sehingga masyarakat Mandailing Natal tidak perlu lagi berobat ke luar daerah.

"Kita juga optimis dalam Pilkada Mandailing Natal tahun 2024 ini, " imbuhnya.