MADINA - Lapisan masyarakat di Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengeluarkan sebuah surat permohonan kepada Bupati Madina Muhammad Jafar Sukhairi Nasution untuk dapat kembali mempertimbangkan atas pergantian Camat di wilayah mereka. Surat permohonan tersebut diketahui tertanggal 22 Maret 2024 dan ditandatangani sejumlah tokoh masyarakat berbagai desa di daerah tersebut. 
 
Adapun isi surat tersebut yang dilihat Gosumut yakni meminta Bupati Madina agar kembali mempertimbangkan mutasi yang baru saja dilakukan itu.
 
Sebab, didalam surat tersebut masyarakat, menyebutkan Camat Panyabungan Barat Martua Efendi Matondang sebagai pejabat lama masih sangat mereka butuhkan untuk menjabat sebagai Camat di Kecamatan Panyabungan Barat.
 
Karena menurut mereka sejak terbentuknya Kecamatan Panyabungan Barat ini sekitar 22 tahun yang lalu, baru kali ini mereka sebagai masyarakat mendapatkan Camat yang betul betul peduli dan mampu bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat.
 
"Baru kali ini kami mendapatkan sosok Camat yang betul betul peduli dan bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat, dimana ketika terjadi bencana alam beliau dengan sigap turun langsung ke lokasi. Selain itu didalam menjaga kamtibmas Camat senantiasa hadir di tengah tengah masyarakat,"
 
Kemudian adanya surat buat Bupati Madina untuk mempertimbangkan pemindahan Camat Martua Efendi atas inisiasi mereka sendiri sebagai warga desa di Kecamatan Panyabungan Barat. 
 
Isi surat itu pun menyebutkan bahwa di kepemimpinan Camat Panyabungan Barat Martua Efendi yang baru menjabat sekitar 4 bulan sudah banyak perubahan yang mereka rasakan. 
 
"Seperti di Kelurahan Longat, mulai dari penerangan lampu jalan dan perbaikan taman beserta komplek perkantoran yang tambah asri. Semua itu dilakukan oleh Camat. Bukan itu saja untuk urusan administrasi mereka mengaku saat ini lebih mudah.
 
"Kami merasakan kemudahan dalam mengurus administrasi dan yang berkaitan dengan kemasyarakatan, selain itu wajah kampung kami dimalam hari kini menjadi terang karena dipasangi lampu jalan yang sebelumnya gelap, untuk itulah kami memohon agar Bupati tidak memindahkan Camat kami.
 
Hatta Usman Rangkuti salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Longat, salah satu yang ikut menandatangani surat kepada Bupati Madina tersebut membenarkan adanya surat itu. Dan meminta kepada Martua Efendi untuk tetap menjabat sebagai Camat Panyabungan Barat.
 
"Memang benar masyarakat kami membuat surat kepada Bupati agar Camat Panyabungan Barat tetap Martua Efendi, karena dia merupakan sosok yang tepat untuk memimpin di Kecamatan ini, dia baru sebentar memimpin namun perubahan telah banyak dirasakan oleh warga," kata Hatta ketika dihubungi, Minggu (24/3/2023).
 
Sebelumnya diketahui mutasi pejabat termasuk setingkat camat dilakukan di aula Pemda Madina pada Kamis (21/3/2024) lalu. Martua Efendi digantikan Ahmad Fauzan Lubis yang kini menduduki Camat Panyabungan Barat.