MADINA - Suara merdu lantunan Alquran menggema dari Mesjid Al Ikhlas di Lapas Kelas IIB Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Hal itu karena para warga binaan pemasyarakatan (WBP) melakukan tadarus Alquran selama bulan suci Ramadan. Kegiatan ini dan salah satu agenda rutin yang digelar Lapas  Kelas IIB Panyabungan.  Tadarusan Alquran dilakukan setelah salat taraweh. 
 
Meski berada dibalik jeruji besi warga binaan lapas itu berlomba-lomba mencari pahala selama Ramadan ini.
 
Ramadan penuh berkah ini pun, mereka juga antusias mendengarkan tausiah dari imam mesjid yang berada dalam Lapas tersebut. 
 
Meski demikian, warga binaan Lapas itu pun dijaga secara ekstra guna menjaga situasi keamanan di dalam Lapas selama pelaksanaan ibadah bulan Ramadan. 
 
Plh Kalapas IIB Panyabungan Muhammad Amril Hakim mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk pelanyan yang diberikan oleh pihak Lapas kepada warga binaan agar tetap bisa melaksanakan ibadah puasa dengan khusuk. 
 
"Dan berharap kegiatan tadarus ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi WBP, terutama pada bulan suci Ramadan sehingga WBP bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya," kata Amril, Jumat (23/3/2023) malam. 
 
Selanjutnya warga binaan pun lebih introspeksi diri dan lebih mengingat mengingat bahwa segala sesuatu yang terjadi yang mereka alami semata-mata ujian Allah SWT.
 
"Sehingga di bulan suci Ramadan ini mereka punya lebih waktu dan kesempatan untuk beribadah dan menjadi pribadi yang lebih baik," ucapnya.