Madina - Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI- MPO) Cabang Mandailing Natal(Madina) menggelar khitanan massal gratis di Desa Tanjung Julu, Kecamatan Panyabungan Timur, Sabtu (16/3/2024).

HMI MPO Cabang Mandailing Natal(Madina) melaksanakan bakti sosial ke masyarakat dan keagaaman bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Madina.

Kegiatan khitanan massal HMI MPO ini dihadiri Kepala desa Tanjung julu, Azwardi Lubis dan Ketua BPD dan masyarakat sekitarnya.

Ketua Umum HMI MPO Cabang Madina, Muhammad Zulfahri mengatakan, momen
bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini,dimanfaat HMI untuk selalu berbuat kebaikan dalam bentuk pengabdian ke masyrakat.

"Kegiatan khitanan massal ini bertujuan membantu masyarakat guna terwujudnya tatanan masyarakat yang di ridhoi Allah SWT sebagai pengabdian HMI ke masyarakat,"terangnya.

Atas nama HMI-MPO Madina menyampaikan, terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik.

"Semiga segala kebaikan yang dilakukan dibulan suci ramadhan menjadi ibadah bagi kita semua,"tutur Muhammad Zulfahri.

Ia menambahkan, HMI MPO Madina terus
konsisten mengawal persoalan-persoalan kemaslahatan umat.

Sementara itu, Ketua Panitia khitanan massal HMI MPO Cabang Madina, Salman Alfarizi mengatakan, kegiatan khitanan massal bagi anak -anak masyarakat di empat desa ini ditargetkan 40 peserta.

"Sebanyak 29 peserta yang mendaftarkan diri untuk khitanan massal gratis dari 40 peserta yang ditargetkan," terangnya.

Ia merincikan, dari 29 peserta tersebut berasal dari Desa Gunung Baringin,4 peserta, Desa Tanjung Julu,6 peserta, Desa Hutabangun,17 peserta dan Desa Aek Nabara,2 peserta.

Kepala Desa Tanjung Julu, Azwardi Lubis mengucapkan, terima kasih kepada Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Mandailing Natal yang telah menggelar kegiatan sosial khitanan massal bagi masyarakat.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan khitanan massal ini sebagai bentuk pengabdian HMI untuk masyarakat Panyabungan Timur," ujar Azwardi.

Selain itu, sambungnya,kegiatan bakti sosial ini juga merupakan bentuk ibadah bagi seluruh elemen yang sudah mendukung program khitanan massal gratis dibulan suci ramadhan tahun ini.

Menyikapi kegiatan khitanan massal tersebut, Koordinator Wilayah Sumut-Aceh Badko HMI Sumbagtera,Rizki Medisandi Harahap mengapresiasi kegiatan khitanan massal gratis yang dilakukan HMI-MPO Madina.

"Semoga kegiatan bakti sosial memberi manfaat kepada masyarakat.Hal itu merujuk Hadist Rasulullah SAW yang pernah bersabda : _“Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia”_ (HR. Ahmad)," katanya.

Ia juga berharap, seluruh cabang-cabang HMI -MPO yang tersebar di seluruh wilayah Sumut-Aceh dapat berlomba-lomba melakukan kegiatan bermanfaat ke masyarakat di momen bulan suci ramadhan tahun ini.