SAMOSIR - Beredar isu ada begu ganjang di Desa Parababa Dolok, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir dari warga setempat, Kamis (14/3/2024). Tidak ingin isu itu beredar luas, Bhabinkamtibmas Desa Parababa Dolok, Aiptu. Horas L. Situmorang langsung respon cepat menemui Kepala Desa, Kepala Dusun, BPD, dan tokoh masyarakat setempat guna menangani isu itu, pada pukul 10.40 WIB di hari itu juga. Kepada Gosumut, Minggu (17/3/2024), Bhabinkamtibmas, Aiptu. Horas Situmorang menyampaikan bahwa kondisi terkini di Huta Pinagar, Desa Parababa Dolok sudah kembali normal karena hampir terjadi anarkis dan main hakim sendiri oleh sekelompok warga pada hari, Selasa (12/3/2024) lalu.

"Sekelompok masyarakat sudah sempat berencana melakukan gerakan terkait isu Begu Ganjang yang tidak tahu dari mama asalnya dan kapan munculnya itu. Namun setelah kita lakukan pertemuan di kantor desa dan kita himbau agar masyarakat tidak melakukan tindakan main hakim sendiri yang dapat merugikan diri sendiri, akhirnya aksi itu tidak sempat terjadi ", papar, Aiptu. Horas Situmorang.

Atas inisiatif dan respon cepatnya serta didukung oleh kepala desa setempat, Aiptu . Horas Situmorang menyampaikan, akhirnya Jumat pagi 15 Maret 2024, situasi di Desa Parbaba Dolok telah kembali aman dan kondusif dan hali langsung dilaporkannya ke Kapolsek Pangururan.

Pun begitu, Jumat malam pukul 24.00 WIB, Aiptu. Horas Situmorang kembali melakukan kunjungan ke Huta Pinagar, Dusun I, Desa Parbaba Dolok untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak terprovokasi oleh isu Begu Ganjang dan hasilnya, hingga pada hari Sabtu pagi, situasi di desa tersebut terus membaik dan kondusif.

Walau dianggap sudah aman dan kondusif, namun pada hari Sabtu siang, 16 Maret 2024, tetap kembali dilakukan pertemuan di kantor desa Parbaba Dolok, dihadiri Bhabinkamtibmas, Kapolsek Pangururan, Camat Pangururan, Kepala Desa, masyarakat setempat, dan pihak terkait lainnya untuk memaparkan sangat pentingnya kerjasama dan kedamaian antar warga, serta pentingnya menjaga persatuan dan keselamatan bersama.

Pada pertemuan berlangsung, turut dihadirkan JS yang diisukan sebagai pemelihara Begu Ganjang, dan setelah mendengar saran dan pendapat yang disampaikan oleh para pemangku kepentingan, masyarakat Huta Pinagar dan JS menyadari kekurangan dan kesalahannya serta menyatukan kembali rasa kekeluargaan.

"Puji Tuhan, hari ini, Minggu 17 Maret 2024, situasi di Huta Pinagar, Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir dalam keadaan aman. Kegiatan masyarakat sudah mulai berjalan normal, dan masyarakat sudah mengikuti kegiatan ibadah Minggu di Gereja", tutup Aiptu. Horas Situmorang.