INHU - Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Inhu, sejak awal Ramadhan, rutin melaksanakan patroli sekaligus pengaturan arus lalu lintas pada seluruh masjid, khususnya masjid yang berada dipinggir jalan raya. Patroli dan Gatur Lalin yang menjadi bagian Operasi Tertib Ramadhan Lancang Kuning 2024 itu digelar pada setiap jadwal sholat berjamaah di masjid, lebih prioritas lagi saat ibadah terpadat, yakni Tarawih dan Subuh.

"Patroli ini kita laksanakan setiap hari, khususnya pada saat jadwal sholat Tarawih dan Subuh," kata Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K, melalui Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Fajri Sentosa, S.H., M.H di Rengat, Minggu 17 Maret 2024 siang.

Dijelaskan Kasat, sesuai tujuan dan target Operasi Tertib Ramadhan 2024, semua kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan tenang pada masyarakat, saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Termasuk patroli dan Gatur Lalin di masjid, untuk Kota Rengat dan sekitarnya, ada beberapa masjid yang berada persis di dipinggir jalan raya, seperti Masjid Al-Ikhlas, Masjid Al- Jihad, Masjid Darussa'dah serta lainnya.

Hal ini untuk mengantisipasi berbagai gangguan saat masyarakat beribadah, misalnya suara knalpot yang tidak sesuai spesifikasi standar serta aksi ugal-ugalan anak muda ketika bersepeda motor.

Kasat Lantas kembali mengingatkan para orang tua yang memiliki anak muda dan remaja, untuk tidak pernah bosan menjaga dan mengingatkan anak masing-masing, tertib saat berlalu lintas, tertib berkendara di jalan raya, jangan ugal-ugalan, jangan pakai knalpot yang tidak sesuai spesifikasi.

"Jika perlu, jangan diperbolehkan anak-anak yang masih bawah umur untuk mengendarai sepeda motor atau kendaraan lainnya, demi keselamatan anak itu sendiri maupun masyarakat pengguna jalan lain," pungkas Kasat.