Toba - Dalam rangka penyelenggaraan Lomba Lari Trail bertaraf internasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Mei 2024 di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara dengan nama Even "Trail of The Kings Zero Edition" (TOTK). Untuk memantapkan rencana event TOTK, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menggelar Konferensi Pers Trail of The Kings Zero Edition yang digelar di Ruang Press Conference, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, (15/3/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya melalui video zoom memberikan apresiasi kepada BPODT yang akan menyelenggarakan TOTK serta mengajak semua pihak untuk menyukseskan TOTK tersebut.

“Mari sukseskan TOTK dan banggalah berwisata di Indonesia dengan semangat 3 G (Gercep, Geber, dan Gaspol) untuk membangkitkan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan dalam sambutannya mengatakan bahwa Konferensi Pers ini memperkenalkan TOTK sebagai sebuah produk wisata yang merupakan narasi baru untuk mempromosikan dan memasarkan Danau Toba ke tingkat nasional maupun internasional

“Kami memperkenalkan TOTK sebagai produk sport tourism berbasis ekowisata dan geowisata dengan memanfaatkan potensi Danau Toba yang luar biasa. Produk wisata ini dikemas dalam petualangan dan story telling melalui aktivitas di luar ruangan lainnya yang dapat dilakukan seperti trekking, cycling, dan kayaking. TOTK ini juga merupakan bagian dari narasi baru tersebut dan menjadi aktivasi dari produk wisata tersebut” ujar Jimmy.

Lebih lanjut Jimmy mengatakan bahwa TOTK Zero Edition akan menjadi event berkelas dunia.

“ Target kami, TOTK akan menjadi bagian dari Ultra Trail du Mont Blanc (UTMB) World Series, sebagai seri dunia lari trail yang paling bergengsi dan prestisius. Kami akan mengundang para elit runners dari dalam dan luar negeri untuk turut terlibat dalam event TOTK Zero Edition ini”, ujar Dirut BPODT tersebut.

Dalam kesempatan konferensi pers Aris Darmansyah Plt. Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga, Kosmas Harefa, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves, Suyadi Prawiro Asisten Deputi Olahraga Masyarakat, Kemenpora, Florida Pardosi Direktur Tata Kelola Destinasi, Kemenparekraf/Baparekraf, Zumri Sulthony Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara serta Wakil Bupati Kabupaten Samosir Martua Sitanggang.

Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT Wahyu Dito Galih Indharto di dampingi Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara BPODT Elfridance Pardede serta Brand Ambassaor TOTK Aris Wismoyono dan Race Director TOTK Rudy Rohmansyah. Wahyu Dito dalam paparannya tentang TOTK Zero Edition menjelaskan, pengembangan TOTK sebagai produk wisata dan TOTK Zero Edition sebagai aktivasinya adalah upaya BPODT untuk menjadikan Danau Toba sebagai episentrum kegiatan di luar ruangan (outdoor activity) kelas dunia.sebutnya.

Elfridence Pardede Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara BPODT menambahkan bahwa event TOTK ini perlu dilakukan untuk mendapat lisensi UTMB sehingga TOTK bisa menjadi bagian dari UTMB World Series.

Event Lari Trail dimaksud akan berlangsung pada tanggal 4-5 Mei 2024 berpusat di Water Front City, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Lomba tersebut dibagi atas beberapa kategori yaitu: Lomba 5K, 10K, 20K, 25K hingga 50K.

Event ini ditargetkan untuk diikuti oleh sebanyak 1500 peserta, baik dalam maupun luar negeri. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 13 Maret 2024.

Untuk Info selengkapnya dapat dilihat di situs https://run.trailofthekings.id/ serta https://www.instagram.com/run.totk.sebutnya.

Kadiv Komblik BPODT dalam keteragannya yang diterima gosumut.com Minggu,(17/3/2024) menyebutkan, dalam Konferensi Pers TOTK yang digelar dihadiri beberapa undangan dari perwakilan berbagai instansi/lembaga/industri/komunitas.

"diantaranya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Plt. Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik BPODT Arditama Nusantara Putra, Kepala Divisi Komunikasi Publik Nelson Lumbantoruan serta beberapa staf BPODT, Pemerintah Kabupaten Samosir, serta komunitas pelari dan berbagai media".

Konferensi Pers TOTK Zero Edition berlangsung dengan baik atas kerjasama BPODT dengan Creation. Andre Ginting selaku pimpinan Creation merasa bangga dan gembira atas kehadiran seluruh undangan.