MEDAN - Gema takbir terus berkumandang menyambut kedatangan ratusan jamaah yang ingin Sholat Idul Fitri di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Jalan Mustafa No. 1, Kampung Dadap, Kelurahan Gelugur Darat I, Kecamatan Medan Timur, Rabu (11/4/2024) pagi. Pukul 07.30 WIB, para jamaah mulai dari anak-anak, yang muda sampai yang tua, ada juga yang terlihat memakai kursi ikut memenuhi masjid dan juga aula. Sebelumnya hujan, sehingga pelaksanaan sholat harus pindahkan ke dalam ruangan lokasi pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445H.

Pukul 07.45 WIB, Imam Sholat Idul Fitri 1445H di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Kampung Dadap Medan, Ibnu Hanif, S.Pd.I memberikan aba-aba tanda akan dimulainya sholat. Seluruh jamaah diminta untuk meluruskan dan merapatkan shafnya masing-masing. Setelah sholat, dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan Khotib, Azwir, S.PD.I.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kampung Dadap, H. Ramlan, MA mengatakan, Alhamdulillah, pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445H berjalan lancar yang dilaksanakan di Masjid Taqwa Kampung Dadap, Kota Medan.

"Walaupun sebelumnya sempat hujan, tapi tidak menyurutkan semangat warga untuk beramai-ramai Sholat Idul Fitri di Masjid Taqwa. Terima kasih atas infaq dan sedekah yang sudah diberikan untuk pembanguanan Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Dadap Medan, semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak dan Ibu. Mohon maaf atas segala kekurangan selama melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Taqwa.” ujarnya.

Ramlan menambahkan saat ini PCM sedang memfokuskan diri menambah ruang kelas SMP 57 Muhammadiyah dan juga finishing pembangunan menara masjid. guna menyongsong persiapan Muktamar Muhammadiyah ke 49 tahun 2027 di Medan

Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Dadap saat ini tengah melakukan perbaikan-perbaikan, untuk kenyamanan masyarakat shalat berjamaah maupun melaksanakan kegiatan keagamaan.

Sementara itu, Khotib Azwir dalam khutbahnya menyampaikan tentang keistimewaan Ramadan, apalagi meningkatkan amal di 10 malam terakhir Ramadan, itulah puncak amalan terbaik selama Ramadan. Mustahil ini bisa dijalankan dipertahankan tanpa ada rasa cinta akan bulan Ramadan.

Usai Sholat Idul Fitri, dihalaman masjid, warga beramai-ramai saling silaturahmi, tertawa bersama dan saling bermaaf-maafan. Ada beberapa warga juga memanfaatkan moment ini untuk foto bersama keluarga dan juga teman-teman. Warga tertib usai sholat Idul Fitri di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Kampung Dadap Medan.