BATANGTORU - PT Agincour Resourcos (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe kembali menyalurkan Beasiswa Martabe Prestasi tahun ajaran 2021/2022 senilai Rp1,51 miliar kepada 246 pelajar dan mahasiwa berprestasi. Penganugerahan beasiswa ini digelar di gedung Amphitheater Sopo Daganak, Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Kamis (5/8/2021).

General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis
menyatakan program Beasiswa Tambang Emas Martabe merupakan salah satu program unggulan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang pendidikan. Dengan tujuan untuk meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak berprestasi serta memiliki komitmen tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.

"Proses penerimaan Beasiswa Martabe Prestasi Tahun 2021 telah dimulai sejak Februari 2021, di mana seleksi dan penetapan penerima beasiswa selesai pada 25 Juli 2021, dengan jumlah penerima dari berbagai tingkatan SD hingga perguruan tinggi sebanyak 188 siswa. 58 orang lainnya adalah penerima beasiswa lanjutan, sehingga total penerima beasiswa tahun ini mencapai 246 pelajar dan mahasiswa dengan nilai Rp 1,516,960,000,” kata Rahmat.

Program ini sebut Rahmat sudah dimulai sejak 2017 , dengan penerima di semua jenjang sebanyak 967 orang siswa.

"Harapan kami melalui Beasiswa Martabe Prestasi ini dapat memotivasi pelajar dan mahasiswa agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya, dengan menjadi orang sukses yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan dan juga Sumatra Utara,” kata Rahmat.

Program beasiswa ini sebutnya, dibagi dalam Tiga Kategori yaitu, Penghargaan Prestasi Akademis (PPA) untuk siswa-siswi SD/Sederajat dan SMP/Sederajat yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Bantuan diberikan satu kali berupa barang-barang keperluan sekolah atau melunasi tunggakan dari siswa ke sekolah.

Kemudian, Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB) diperuntukkan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/Sederajat, mahasiswa diploma III atau D3 dan mahasiswa strata-1 atau S1 berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Bantuan diberikan setiap tahun hingga batas waktu dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan perusahaan melalui panitia Martabe Prestasi.

Selanjutnya, Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Khusus (PPB Khusus) yang diperuntukan bagi siswa-siswi dari keluarga kurang mampu yang diterima di Sekolah unggulan tingkat SMA yang telah ditetapkan Panitia Martabe Prestasi.

"Pada tahun 2021 ini ada 4 sekolah unggulan tingkat SMA yang kami targetkan yaitu SMAN 2 Balige, SMA Unggul DEL, SMAN 1 Matauli Pandan,dan SMAN 2 Plus Sipirok. Dimana kami terus mencari peluang untuk mendorong lebih  sekolah unggulan serta jika memungkinkan menambah sekolah unggulan yang ditargetkan," uarai Rahmat.

Senior Manager Corporate Communications, Katarina Siburian Hardono menambahkan Program Beasiswa Martabe Prestasi merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahaan untuk berkontribusi pada amanah konstitusi dalam pemberian akses pendidikan yang layak pada masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah operasional perusahaan.

Bahkan dari lima sektor sasaran utama Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PTAR, Program Beasiswa menjadi salah satu target utama dalam pelaksanaan program  PPM PTAR.

"Program Beasiswa Martabe Prestasi ini digagas untuk mengurangi angka putus sekolah bagi masyarakat lokal khususnya kelompok rentan dan keluarga miskin yang memiliki prestasi untuk mendapatkan pendidikan layak di semua tingkatan, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat universitas dan PTAR berkomitmen untuk dapat secara konsisten melaksanakan program beasiswa ini setiap tahunnya,” kata Katarina.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan, Cabang Dinas Pendidikan Padangsidimpuan, Muspika Batangtoru dan Muara Batangtoru serta perwakilan para orang tua dan tokoh masyarakat setempat.