PALAS - Tradisi tadarus membaca Alquran di sejumlah masjid di Kabupaten Padanglawas (Palas) mewarnai kemakmuran masjid pada Ramadan 1442 H.


Warga bersama anak-anak membaca Alquran secara bergantian sebagai bentuk rasa syukur mengisi Ramadhan dengan kegiatan positif yang memberikan manfaat bagi generasi muda dalam pembentukan karakter penerus bangsa.

Selain membaca kitab suci Alquran, ada juga yang menyimak bacaan menjadikan suasana di dalam menjadi ramai dengan lantunan bacaan ayat-ayat Alquran yang terus menggema.

"Sudah menjadi tradisi di setiap Ramadhan masyarakat dan anak-anak adalah bulan untuk memuliakan Alquran,” kata Al Ustad Abdul Haris saat ditemui di Masjid An Nur Padang Luar Sibuhuan, Jumat (23/4/2021) dinihari.

Kata Abdul Haris, selain kegiatan shalat Tarawih yang dilanjutkan dengan tadarusan massal sebagai bentuk kegiatan rutin, di setiap Ramadhan sudah menjadi tradisi Ramadan.

"Kegiatan tadarus membaca Alquran 30 juz secara bersama-sama yang akhirnya akan dipersiapkan kegiatan khataman," terang dia.

Sementara Ketua BKM Mesjid An Nur Sibuhuan Paisal Harahap mengatakan tradisi Ramadan, tadarus yang melibatkan anak–anak.

Dikatakan, setiap malam usai sholat Tarawih, secara bergiliran anak –anak bertadarus tanpa diundang sebagai bentuk memakmur masjid.

"Sudah menjadi tradisi di daerah kita ini, di setiap bulan Ramadan anak-anak siswa SD dan SMP antusias melaksanakan tadarus di masjid hingga menjelang sahur," imbuhnya.

Senada dengan Al Ustad Abdul Haris, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Mukhlisin Sibuhuan, Ustad Ahmad Fauzan Nasution Lc.

Ia mengatakan, bagi santri di lingkungan Ponpes Al Mukhlisin, diwajibkan mengikuti tadarus yang merupakan bagian dari kegiatan gemar membaca Alquran sebagai kegiatan di bulan ramadhan.