PALAS - Ikatan Keluarga Barumun Raya (Ikabaya) bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia(MUI) Kabupaten Padanglawas (Palas) berbagi berkah Ramadan dengan membagikan buah kurma yang disalurkan ke 100 masjid.

Kegiatan peduli ini, sebagai bentuk kepedulian Ikabaya Jakarta kepada para jemaah masjid yang mengadakan buka puasa bersama di bulan Ramadhan 1442 H.

Ketua MUI Kabupaten Padanglawas, H Ismail Nasution Lc MTH, Minggu (18/4/2021) mengatakan program bakti sosial Ikabaya peduli Ramadan adalah sebagai wujud berbagi berkah di bulan suci dengan sesama umat muslim.

Dengan mendistribusikan buah kurma tersebut ke 100 masjid di Kabupaten Palas sebagai program berbagi kurma untuk masyarakat. Amanah yang diberikan kepada MUI Palas oleh Ikabaya Jakarta sebutnya bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya Kabupaten Palas.

"Kami berharap program pembagian buah kurma ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai berkah selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Kita berdoa para donatur dan warga Palas yang ada di Jakarta beroleh maghfirah, rahmah dan berkah Ramadan dengan butiran -butiran kurma ini," kata Ismail.

Ia menambahkan, masjid sebagai tempat masyarakat yang tidak sempat berbuka puasa di rumah. Karenanya, lokasi tersebut dinilai tepat menjadi sarana penyaluran program tebar kurma ini.

"Program pembagian buah kurma untuk masjid akan disalurkan MUI Palas sesuai amanah yang diberikan oleh Ikabaya Jakarta," ujar Ismail.

Ketua Ikabaya Jakarta dan sekitarnya, Najib Syaiful mengatakan program berbagi kurma ini merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat Palas di bulan suci Ramadan yang penuh berkah sekaligus rindu kampung halaman (pasombu lungun) khususnya bagi yang berkesempatan mudik.

"Berbagi kurma ini untuk kedua kalinya dilaksanakan Ikabaya Jakarta bekerjasama dengan MUI Palas, tahun lalu sebanyak 800 kg dan tahun ini meningkat menjadi 1 ton dengan sasaran 100 masjid," terang Najib.

Harapannya sambung Najib, moment berbagi kurma ini dapat mempererat ikatan tali silaturrahmi antara masyarakat dan Ikabaya Jakarta serta MUI Palas.

Sementara Koordinator Dewan Hatobangon Ikabaya Jakarta, H Bahren Lubis didampingi Sekretaris, Saparuddin Hasibuan mengatakan khususnya jemaah masjid penerima buah kurma mendapat manfaat dan berkah ramadhan.

Bahren Lubis juga mengajak, masyarakat untuk selalu mematahui protokol kesehatan (Prokes) ditengah pandemi Covid -19 saat ini.

Namun yang tidak kalah penting, di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, keimanan dan ketaqwaan meningkat.