TAPSEL - Budaya gotong-royong dimasa sekarang ini, memang menjadi pemandangan yang sulit ditemukan. Gotong-royong seolah hilang bersama kemajuan Zaman, namun di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0212 /Tapanuli Selatan (TS), di Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (6/7/2021).

Pemandangan itu kembali datang dan mengingatkan pada budaya timur yang mengutamakan kebersamaan. TMMD ke 111 Kodim 0212/TS hadir membangkitkan semangat gotong royong yang sudah menjadi kearifan lokal Batak Angkola yang telah diwariskan para leluhur dengan istilah "marsialap ari" (gotongroyong secara bergantian) terutama dalam mengolah Pertanian.

Seperti yang dilakukan Satgas TMMD ke 111 Kodim 0212/TSl Kopda Darwis Siburian bersama satgas lainnya yang ikut terjun ke sawah, membantu para petani untuk mengumpulkan bibit padi yang siap untuk ditanam di lahan milik para petani di Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat.

Kopda Darwis Siburian mengatakan kegiatan ini salah satu program TMMD ke 111 Kodim 0212/TS sesuai arahan pimpinan untuk membantu petani agar selalu berhasil untuk menambah produktivitas panen padi.

Ia juga menghimbau kepada para petani agar mengupayakan percepatan masa persiapan tanam sehingga target produksi padi mampu dicapai. Hal itu dilakukan sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dan rakyat dalam mewujudkan ketahanan pangan secara nasional, pungkasnya.