Home >  Berita >  Interaksi
Interaksi
gosumutcom_bjm5r_75674.jpg
MEDAN - Adanya produk anti virus yang mengandung disinfektan sintetik sebagaimana dikemukakan Guru Besar FMIPA Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Dra Wega Trisunaryanti MS PhD Eng agar dihindari karena desinfektan tersebut ikut membunuh bakteri baik (https://www.egindo.co). Oleh Dosen dan Peneliti Program Studi Fisika FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU), yang juga alumni Master Material Science Universitas Indonesia, Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si ternyata sudah menyiapkan produk treatment anti virus yang lebih ramah lingkungan atau organik yakni Disinfektan Meta Materials yang diformulasi dari bahan alami yang komposisinya memiliki kandungan adsorbent untuk menyerap virus.
Tekan Covid-19
gosumutcom_nujgv_75621.jpg
MEDAN-Sterilisasi sejumlah rumah ibadah dengan disinfektan kembali dilakukan Relawan Bobby Nasution (Reborn) pada hari Kamis 26 Maret 2020.
gosumutcom_y44xm_75591.jpg
MEDAN - Produk baru My USU (Untuk Seluruh Umat) berbentuk Hand Sanitizer untuk treatment Anti Coronavirus, Jumat (27/3/2020) di halaman Masjid Al-Jihad Medan, diluncurkan Owner My USU Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si, M.Si bersama Ketua Umum Persatuan Pengamal Tarekat Islam (PPTI) Sumatera Utara Tuan Sutan Jalaluddin Siregar, SH. Menurut Sontang Sihotang, kelebihan produk Hand Sanitizer My USU berbahan bio metamaterials sehingga aman untuk kulit dan juga halal karena ada bahan adsorbent terhadap zat additif di setiap produk. "Produk hand sanitizer dari bahan bio metamaterials ini merupakan yang pertama di dunia dari hasil riset selama bertugas sebagai Konsultan Grant Knowledge Transfer Program di Universitas Terengganu Malaysia," ujar Sontang yang juga Dosen dan Peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU).
gosumutcom_mtptq_75590.jpg
MEDAN-Lembaga amil zakat nasional, dalam hal ini Lazismu Pusat sebagai pengelola donasi konsumen Alfamidi berkolaborasi mengajak masyarakat untuk peduli pandemi Corona serta membantu pemerintah dalam hal penanggulangannya.
gosumutcom_qwmjg_75562.jpg
MEDAN -Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) melalui surat Nomor 027/KADIN-SU/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020 mengirimkan surat kepada para penanggungjawab regulasi kargo udara yang beroperasi di Sumut perihal penyesuaian tarif RA. Dalam surat yang ditandatangani Ketua Kadin Sumut Khairul Mahalli itu dijelaskan bahwa sehubungan dengan kondisi wabah COVID-19/Corona yang berdampak kepada ekonomi Sumatera Utara, maka Kadin Sumatera Utara mengajukan penyesuaian/penurunan tarif RA untuk kargo udara domestik dan internasional yang beroperasi di Bandara Sumatera Utara.
gosumutcom_vkvjz_75528.jpg
MEDAN-Informasi yang akurat dan terpercaya terkait transaksi saham dan reksa dana di era digital dewasa ini menjadi salah satu konsen utama PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier) dalam membangun trust (kepercayaan) dan meningkatkan kenyamanan layanan pada para nasabah.
gosumutcom_vv9bj_75516.jpg
MEDAN - Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Ir Zulfikar Tanjung berharap pemerintah dapat memberikan semacam insentif kepada para wartawan dalam meliput musibah Coronavirus (Covid-19) dewasa ini. "Wartawan juga manusia biasa, bukan superman. Jadi wajar bila dalam bencana Coronavirus ini wartawan meski tanpa pamrih meliput dan memberitakannya, juga mendapat perhatian khusus dari pemerintah," ujarnya di Medan, Rabu (25/3). Sembari memberi apresiasi atas kebijakan Presiden yang telah memberikan perhatian khusus kepada para dokter, tenaga medis, pelaku UKM dan koperasi, Zul yang juga pengurus PWI Sumut ini berharap wartawan hendaknya juga mendapat perhatian. "Bagaimana teknis dan legitimasinya agar insentif itu bisa diberikan tanpa mengurangi independensi dan kaidah jurnalistik, pemerintah dapat meminta masukan dari Dewan Pers (DP) yang mempunyai konstituen berkompeten. Tentu DP dapat memikirkannya karena insentif itu khusus bagi pers dalam negara kondisi bencana," ujarnya. Zul yang juga anggota Litbang SMSI Pusat ini mengakui dalam Standar Perlindungan Wartawan yang ditandatangani sejumlah organisasi pers, perusahaan pers, tokoh pers serta Dewan Pers di Jakarta, 25 April 2008, hal semacam ini ditekankan menjadi tanggung jawab perusahaan pers. "Dalam SOP itu jelas wartawan melaksanakan tugas khusus seperti di wilayah berbahaya dan atau konflik wajib dilengkapi peralatan keselamatan, asuransi serta pengetahuan. Namun kita tidak usah la berpura-pura, sebagian besar perusahaan pers hanya bisa memenuhinya dengan apa adanya. Untuk itu, pemerintah masih perlu ikut membantu semacam insentif," tuturnya. Dalam suasana bencana Coronavirus ini katanya wartawan memerlukan banyak biaya ekstra seperti untuk masker, handsanitizer dan lain-lain yang dalam waktu tertentu harus diganti dalam tugas relatif 24 jam, membeli pulsa dan paket internet yang banyak karena bekerja lebih banyak tidak di kantor sebab sebagian kantor tutup dan lainnya. Lagipula sudah menjadi rahasia umum gaji wartawan sebagian besar masih sangat jauh dari standar kebutuhan minimum meskipun wartawan selama ini paling "ribut" kalau upah buruh di bawah UMR. "Ini realita. Selama ini ekonomi keluarga wartawan banyak ditopang oleh isterinya yang mencari usaha tambahan misalnya berjualan, bekerja di perusahaan dan lain-lain. Namun karena social dan phisyk distancing maka isteri dan keluarga lebih banyak di rumah sehingga tambahan ekonomi tersendat. Jadi wajar la kalau wartawan diberi insentif," ujarnya.
gosumutcom_ccqcr_75507.jpg
Markas Polsek Medan Baru Dipasangi Wastafel
Rabu, 25 Maret 2020 19:12 WIB
MEDAN-Markas Polsek Medan Baru dipasangi wastafel oleh pihak Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Medan, Rabu, (25/3/2020).
gosumutcom_bxmwn_75504.jpg
MEDAN-Guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Kapolsek Medan Barat, Kompol Afdhal Junaidi memimpin Patroli Berkah (Berbagi Kasih).
gosumutcom_psbtj_75485.jpg
MEDAN-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Edizzon Issir mempimpin patroli sinergitas pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Helvetia.
gosumutcom_dxtfj_75478.jpg
MEDAN-Mendukung upaya pencegahan COVID-19, Pertamina Peduli melakukan penyemprotan disinfektan di 30 titik sarana umum. Penyemprotan ini dilakukan di sepuluh titik Ring I Kantor Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I dan 20 titik lainnya di Ring I Fuel Terminal Integrated Medan Group (IMG) pada Selasa (24/3/2020).
gosumutcom_cmnh5_75492.jpg
MEDAN -Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Khairul Mahalli memohon kepada Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi mengingatkan jajaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provsu agar menjaga kontinuitas pasokan air untuk kebutuhan masyarakat di tengah merebaknya virus Corona (Covid-19). Hal itu diutarakan Khairul Mahalli menyusul macetnya pasokan air pada jam-jam tertentu seperti pada waktu pagi dan sore hari di wilayah Kota Medan sekitarnya.
gosumutcom_pv8gb_75460.jpg
MEDAN-Pemerintah telah mengeluarkan anjuran masyarakat untuk menerapkan social dan physical distancing, sebagai salah satu upaya dalam menekan penyebaran wabah Covid-19. Menanggapi anjuran ini, BPJamsostek mulai melakukan penyesuaian jam operasional di seluruh unit kerja layanannya di seluruh Indonesia.
gosumutcom_jnpg5_75459.jpg
MEDAN-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik kembali mengumumkan update jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) yang mereka rawat di ruang isolasi bertambah. Awalnya 2 orang kini menjadi 8 pasien. 1 diantaranya telah meninggal dunia.
gosumutcom_ef53g_75442.jpg
MEDAN-Sejak berdiri sekitar 7 bulan yang lalu, Pondok Tahfidz Ikhwanul Mu'minin, memiliki sisi cerita penuh inspirasi haru dalam proses mendirikannya. Berawal dari niat Ust Khairul Amri Manurung yang sejak awal selesai mondok dari pesantrennya, sangat ingin sekali mendirikan rumah tahfidz. Terlebih tadinya kegiatan mengajar itu dilakukan menyatu dengan rumah milik org tua beliau.
gosumutcom_rcvwh_75438.jpg
MEDAN-Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia mengajukan atau menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumut maupun pihak berwenang penanganan pandemi virus corona (Covid-19) yang belakangan jumlah korban terpapar terus mengalami peningkatan signifikan.
gosumutcom_nd8j2_75439.jpg
MEDAN-Sampai hari ini update data dari Posko Utama Pelaksana Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut), untuk Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang dirawat 50 pasien. Dimana keseluruhan 50 pasien yang dirawat ini dalam pengawasan dari 6 kabupaten/kota di 25 rumah sakit yang ada di Sumut.
Cegah Covid-19
gosumutcom_7mkzy_75379.jpg
MEDAN-Gereja dan sekolah disterilisasi oleh Relawan Bobby Nasution (Reborn) secara swadaya pada hari Sabtu, 21 Maret 2020.
gosumutcom_wyqjk_75470.jpg
DPP ASDEKI Imbau Stakeholder Waspada Covid-19
Sabtu, 21 Maret 2020 18:13 WIB
JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Depot Kontainer Indonesia (ASDEKI) melalui surat nomor 007/ DPP-ASDEKI/III-2020 mengeluarkan surat edaran ditujukan kepada stakeholder terutama para pimpinan/penanggung Jawab perusahaan Anggota ASDEKI seluruh Indonesia perihal Himbauan Pencegahan Virus Covid-19. Dalam surat yang ditandatangani Ketua Umum Muslan dan Sekretaris Jenderal Khairul Mahalli diterangkan bahwa terkait perkembangan penyebaran Virus COVID-19 yang penyebarannya semakin mengkhawatirkan, baik untuk skala global, nasional dan lokal. Sebagai bagian dari masyarakat dunia, usaha kita dapat diperbuat dengan beberapa langkah untuk dapat menghentikan pendemi Virus COVID-19 di lingkungan Perusahaan masing-masing yakni : Pertama, selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap gejala COVID-19 di unit kerja masing-masing dengan melakukan pembaruan informasi tentang penyebaran COVID-19. Kedua, diminta agar berperilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun atau alcohol-based hand rub / hand-sanitizer serta mengonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh. Ketiga, menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan baik dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer di beberapa lokasi strategis.
gosumutcom_ebybc_75342.jpg
Bobby Nasution Berbagi Keberkahan di Kampung Aur
Sabtu, 21 Maret 2020 14:37 WIB
MEDAN-Berbagi Keberkahan bersama anak yatim kembali digerakkan Bakal Calon Walikota Medan Bobby Nasution.
gosumutcom_u52un_75330.jpg
Basis Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sesungguhnya adalah Desa atau Kampung. Ibukota Provinsi Sumut, Medan, 430 tahun silam adalah Kampung yang dibuka Guru Patimpus di sekitar kawasan Petisah sekarang. Seiring perjalanan waktu dan perkembangan zaman, Medan berubah menjadi kota besar dengan penduduk saat ini lebih dari 2 juta jiwa. Seiring itu beragam problem muncul menyertainya. Yang paling dirasakan adalah kepadatan penduduk, kemacetan lalulintas dan degradasi lingkungan. Kondisi yang dialami Kota Medan juga dirasakan Kota-kota besar maupun Kota-kota Kecamatan sebagai kota penyangga yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara seperti Binjai, Pematangsiantar, Tebing Tinggi, Lubuk Pakam, Delitua, Batangkuis, Perbaungan, Sei Rampah dan seterusnya hingga ke kawasan pantai barat Sumut. Problemnya hampir menyerupai, yakni jalanan pasar yang macet, dan tata ruang yang kurang tertata dengan baik. Pada Pemilihan Umum Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 hadir pasangan Eramas, Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah (Gubsu-Wagubsu) dengan semangat dan visi "Membangun Desa Menata Kota Menuju Sumut Bermartabat". Mewujudkan visi besar ini tidaklah mudah. Satu periode sepertinya tak cukup waktu untuk mewujudkannya. Namun langkah besar di tahun pertama kepemimpinan Eramas, setidaknya telah dimulai dengan peletakan pondasi awal peradaban bermartabat yakni perlunya penguatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Khusus bagi Aparatur Sipil Negara(ASN) muslim di Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro No.30 Medan misalnya, diinstruksikan Gubsu supaya menghentikan pekerjaan sejenak untuk bersegera melaksanakan Sholat berjamaah di Masjid Agung begitu tiba waktunya. Tujuan instruksi ini tidak lain untuk mendidik ANS Kantor Gubsu agar taat beribadah kepada Allah Sang Pencipta Kehidupan. Sekaligus sebagai perwujudan keimanan dan ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT. Tidak cuma PNS yang diimbau, tapi Gubsu Edy dan Wagubsu Ijeck (panggilan akrab keduanya) ikut langsung memberi contoh dengan ikut Sholat berjamaah di Masjid Agung Medan bila sedang bertugas di Kantor Gubsu. Pentingnya Iman dan Takwa Hampir di setiap kesempatan pelantikan pejabat eselon II dan III di tahun pertama kepemimpinan pasangan Eramas, Gubernur Edy Rahmayadi selalu menekankan pentingnya keimanan dan ketakwaan di segala sisi. Kepada seluruh jajaran ASN ditekankan pentingnya bekerja dengan ikhlas karena Allah. "Kalau mau cari kaya jangan jadi PNS," begitu pesan Edy Rahmayadi berkali-kali saat melantik pejabat di jajaran Pemprovsu. Apa maknanya ini? Itulah makna sejatinya pengabdian. Apabila pengabdian sudah bersandarkan pada materi dunia. Itu bukanlah pengabdian tapi pamrih, ada maunya. Minset pengabdian para ANS yang dikehendaki pasangan Eramas adalah pengabdian tanpa pamrih, yakni ibadah dengan melayani masyarakat semata karena Allah. Merugikah minset pengabdian seperti ini? Tidak. Karena dalam pendekatan metodologi metafisika Tasawuf yang diyakini pasangan Eramas. Jika bekerja dengan orientasi ibadah karena Allah, tidak hanya berkah (rezeki) dunia yang akan diperoleh tapi juga keberkahan di akhirat juga akan didapat.
gosumutcom_pk52a_75334.jpg
MEDAN -Ahli Inovasi yang juga Dosen FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) Dra. Dara Aisyah MSi, Ph.D melalui GoSumut.com berbagi tips dalam menghadapi virus Corona (Covid-19) yang hingga kini terus merebak di seantero jagat termasuk Indonesia. Kepada GoSumut.com, Jumat malam (20/2/2020), Dara Aisyah didampingi sang penemu Kalsium Organik dari tulang ikan yang juga Dosen Prodi Fisika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si, M.Si berbagi ilmu kepada seluruh masyarakat dimana saja berada. Berikut penjelasan Dara Aisyah:
Cegah Covid-19
gosumutcom_ymqqt_75328.jpg
MEDAN-Gerak cepat (gercep) ditunjukkan oleh Relawan Bobby Nasution (Reborn) dalam mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di Medan.
gosumutcom_jwb5k_75307.jpg
MEDAN-Meminimalisir meluasnya penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja, khususnya di lingkungan unit kerjanya, BPJamsostek memfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik. Protokol Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) BPJamsostek merupakan salah satu upaya dalam mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan Covid-19. Sebelumnya, pelayanan yang diberikan BPJamsostek kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik.
gosumutcom_fpnb5_75305.jpg
MEDAN-Pegawai non medis di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik saat ini resah karena dihantui virus corona (Covid-19). Seperti diketahui sudah dua orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan positif Covid-19 dari rumah sakit milik Kemenkes RI tersebut.
gosumutcom_mmgfz_75306.jpg
MEDAN-Program tanggung jawab sosial perusahaan seyogyanya mampu menciptakan kemandirian, bukan menciptakan ketergantungan. Melalui program CSR, perusahaan melihat peluang untuk menambah pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan masyarakat di suatu wilayah.
gosumutcom_t2vhw_75298.jpg
MEDAN-Semenjak virus corona atau covid-19 masuk ke Indonesia, membuat banyak masyarakat yang merupakan pendonor melakukan social distancing (menjaga jarak antar manusia) dan melakukan kegiatan di rumah saja. Untuk itu, PMI Kota Medan mengajak masyarakat tetap lakukan donor darah. Sebab karena adanya larangan berkumpul ini kegiatan donor darah banyak tertunda.
gosumutcom_8nveb_75277.jpg
MEDAN-Insan Seni Sumatera Utara menggelar konser amal, Kamis (19/3/2020) di Zein's Cafe Jl HM Joni Medan.
gosumutcom_mjzwt_75276.jpg
MEDAN-Kepala Lingkungan merupakan penyelenggara ujung tombak pemerintahan.
gosumutcom_wpmss_75271.jpg
MEDAN-Legenda hidup Melayu, Hj Nurainun tampak menikmati setiap tembang yang dinyanyikan musisi-musisi melayu dalam kegiatan Ketipak Ketipung Melalak.
gosumutcom_gx6wx_75263.jpg
MEDAN-Mengantisipasi Virus Corona yang telah menyebar di Sumatera Utara (Sumut) membuat elemen gabung komunitas yang tergabung dalam Gerakan Bergotong Royong membagikan 150 botol hand sanitizer dan 500 masker pada masyarakat, Kamis 19 Maret 2020.
gosumutcom_dxvgp_75261.jpg
1 PDP di RSUP Haji Adam Malik Positif Covid-19
Kamis, 19 Maret 2020 19:23 WIB
MEDAN-Sore tadi, Kamis (19/3/2020) salah satu dari 11 Pasien Dengan Pantauan (DDP) yang diisolasi di RSUP Haji Adam Malik dinyatakan positif Covid-19. Sehingga sudah 2 yang dinyatakan positif Covid-19 di mana salah satu diantaranya telah meninggal dunia, Selasa malam (17/3/2020). Maka status PDP positif Covid-19 di Sumut ada dua.
gosumutcom_85y2e_75236.jpg
MEDAN-Peningkatan jumlah penderita Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir membuat masyarakat lebih waspada. Penularan yang terjadi secara masif ini sering disebabkan ketidakpedulian masyarakat akan pentingnya menjaga higienitas diri dari lingkungan sekitar.
gosumutcom_bw5tb_75237.jpg
MEDAN-CEO Rumah Zakat, Nur Efendi akan menyampaikan beberapa hal terkait respon Rumah Zakat menanggapi kejadian pandemi COVID 19. Rumah Zakat menetapkan beberapa langkah preventif mencegah penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas.
gosumutcom_zh6ku_75230.jpg
MEDAN - Menyusul terus merebaknya wabah virus Corona di Indonesia termasuk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut Khairull Mahalli menyurati para pelaku usaha di seluruh daerah kabupaten/kota untuk melakukan antisipasi atau pencegahan. Surat bernomor 05/KADIN-SU/III/20 Medan tertanggal 18 Maret 2020 itu ditujukan kepada para Ketua Kadin Kab/Kota se Sumatera Utara, Pimpinan Perusahaan, Ketua Himpunan/Assosiasi, para Pelaku Usaha UKM-IKM se Sumatera Utara, Pedagang Kaki Lima, Pasar tradisional, dan Pemilik Toko/Supermarket. Dijelaskan, berdasarkan himbauan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan Keputusan kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana No. 13.a tahun 2020 tentang Perpanjangan Status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia, serta Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara tentang kewaspadaan dan pencegahan penularan corona virus Disease 2019 (Covid -2019).
gosumutcom_ds4z8_75216.jpg
MEDAN-Gerakan Medan Berkah bersama Sanggar Ketipak Ketipung Melalak (KKM) kembali hadir.
gosumutcom_syphp_75209.jpg
MEDAN - Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) atas inisiatif sendiri mendatangi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Lebah Madu Sekolah Bina Bersaudara Titi Kuning Medan, Rabu (18/3/2020). Kedatangan mereka diterima Direktur Pusdiklat Lebah Madu Sekolah Bina Bersaudara Zulhadi Lubis. Tujuan merekauntuk mengetahui bagaimana cara berternak lebah yang baik dan benar. Dijelaskan Zulhadi, kedatangan mahasiswa secara langsung menunjukkan adanya animo untuk berwirausaha Lebah Madu.
gosumutcom_xvkhs_75166.jpg
MEDAN-Bobby Nasution sangat antusias mendukung kiprah anak muda berbakat yang bisa mengharumkan negara, khususnya Kota Medan.
gosumutcom_bjgdj_75164.jpg
MEDAN-Sesuai imbauan pemerintah untuk mengurangi resiko penularan Virus Corona atau Covid-19, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik meniadakan jam berkunjung pasien rumah sakit. Hal ini berlaku sejak tanggal 18 Maret 2020.
gosumutcom_eevjw_75161.jpg
MEDAN-Pertamina meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan pekerjanya menghadapi COVID-19. Salah satunya dengan membentuk tim task force pencegahan infeksi COVID-19 dibawah pimpinan Direksi Pertamina. Tugas tim task force melakukan langkah pencegahan infeksi COVID-19, dengan tetap mengutamakan pemenuhan kebutuhan energi masyarakat.
gosumutcom_b7zpv_75159.jpg
MEDAN-Sebanyak 8 orang pasien kini tengah di rawat di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik. Pasien ini merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diduga terpapar virus corona atau Covid-19. Sebelumnya hanya 3 pasien saja yang diisolasi di rumah sakit milik Kemenkes tersebut.
Catatan Amir Machmud NS, Wakil Ketua Litbang SMSI Pusat
gosumutcom_sh8cp_75144.jpg
Media dan Kemaslahatan Sosial
Selasa, 17 Maret 2020 15:03 WIB
SEBEBAS apa pun ruang yang dibuka oleh atmosfer kemerdekaan pers dewasa ini, kepentingan kemaslahatan dan kemanusiaan tetap merupakan mahkota yang harus dijaga dan ditegakkan dalam berjurnalistik. “Pesan moral” ini mengemuka sebagai simpulan atas respons terhadap wacana model pemberitaan tentang virus Corona. Kinerja kewartawanan dan kemediaan diingatkan, termasuk secara formal melalui surat edaran Dewan Pers, untuk tetap mematuhi rambu-rambu etika dan tujuan kemaslahatan sosial. Pesan serupa (seharusnya) juga direfleksikan oleh model pemberitaan tentang musibah banjir di Ibu Kota RI, belum lama berselang. Rata-rata pemberitaan banjir Jakarta, menurut penilaian saya, terasa lebih berkecenderungan mengumbar ekspresi syahwat politik ketimbang memuarakan solusi teknis yang efektif dan semangat kemanusiaan. Media seolah-olah membuka diri, menyediakan ruang bagi kepentingan-kepentingan politik kekuasaan yang bertarung head to head. Jurnalisme hakiki, apabila kita meresapinya sebagai tugas etis, memang seharusnya mengetengahkan orientasi yang tidak kalah penting ketimbang hanya eksplorasi mengenai eksklusivitas unggahan informasi demi kepentingan survivalitas perusahaan media.
gosumutcom_8c4pv_75135.jpg
MEDAN-Bakal Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution memenuhi undangan Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sumut di Ruang Eksekutif Garuda Plaza Hotel Medan, Senin (16/3/2020).
gosumutcom_6prkt_75116.jpg
MEDAN-Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah menjadi wabah menakutkan yang telah menginfeksi ribuan manusia di lebih dari 100 negara termasuk Indonesia.
gosumutcom_p9pfn_75108.jpg
Sebelum UNBK Siswa Diwajibkan Cuci Tangan
Senin, 16 Maret 2020 15:27 WIB
MEDAN-Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020 di Medan, seluruh siswa diwajibkan mencuci tangan sebelum mengikuti ujian. Terlihat hand sanitizer, tisu basah dan tisu kering tersedia di setiap ruangan ujian guna mencegah Virus Corona atau Virus Covid-19.
gosumutcom_fcmf5_75100.jpg
MEDAN-Dunia olahraga tak bisa lepas pada diri seorang Bobby Nasution.
gosumutcom_4wk8m_75098.jpg
MEDAN - Terkait virus Corona yang terus berjangkit, ahli Tata Kelola Limbah Pesisir dan Aplikasi Produk Metamaterials inovasi Kalsium Organik yang juga Owner UMKM Al-Amin Inovasi Dra. Dara Aisyah, M.Si., Ph.D memberikan saran tindakan pencegahan kepada masyarakat agar dapat terhindar dari infeksi virus corona.
gosumutcom_tkfyp_75082.jpg
DELI SERDANG - Pohon Kurma yang tumbuh di halaman bagian belakang Masjid Al-Musannif Komplek Perumahan Cemara Asri Sampali Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara jadi tontonan menarik pengunjung yang memadati acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) 2 Yayasan Haji Anif, Minggu (15/3/2020).
gosumutcom_rxmyj_75076.jpg
MEDAN-Pada acara puncak Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 di Medan, Sumatera Utara (Sumut) Kepala KPw BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat didampingi Direktur BI Sumut, Andiwiana mengatakan hingga saat ini, ada sebanyak 106.000 merchant yang telah menggunakan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) di Sumut.
www www