MEDAN - Desa Pardomuan Ajibata, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba merupakan salah satu desa yang terletak dekat dengan Kawasan wisata Danau Toba di Parapat. Seiring dengan semangat pengembangan Kawasan wisata Kaldera, desa ini tak mau ketinggalan menyajikan keindahan wilayahnya sebagai salah satu kawasan wisata alternatif yang layak dikunjungi. 
 
Di desa yang terletak 3 km dari danau toba ini tersimpan potensi wisata berupa aliran sungai yang mengalir deras menuju Danau Toba. Walaupun dari desa ini keindahan danau Toba tidak dapat dinikmati oleh pengunjung, namun aliran sungai yang membelah des aini menawarkan keindahan alam tersendiri.
 
Terletak di lembah kaki Gunung Toba dengan pemandangan persawahan yang menghijau di sekeliling Kawasan ini tampaknya menjadikan wilayah ini berpotensi dijadikan Kawasan wisata river tubing. 
 
River tubing adalah wisata petualangan air sungai yang deras menggunakan ban mobil yang dikaitkan satu dengan lainnya. Derasnya aliran air dibarengi dengan banyaknya bebatuan menjadikan olahraga river tubing cukup menantang dan menjanjikan dikembangkan di wilayah ini. 
 
Sebagai salah satu Kawasan wisata baru, sudah barang tentu Kawasan ini membutuhkan bantuan dana dari berbagai pihak untuk pembukaan dan pengembangannya. 
 
Kepala Desa Pardomuan Ajibata Tamba Tua Sirait didampingi aparat desa Hanrico Manurung menyampaikan pentingnya Kawasan ini dibuka untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. 
 
Dengan dibukanya Kawasan ini menjadi Kawasan wisata baru, perekonomian akan tumbuh baik dari segi perdagangan souvenir maupun kuliner setempat. Keramahan masyarakat desa juga menjadi penambah daya tarik desa menjadi tujuan wisata alternatif. 
 
Melihat kawasan wisata yang benar-benar baru akan dibuka dan dikembangkan maka sudah barang tentu Kawasan ini memerlukan penataan dan pekerjaan lainnya. 
 
Tim Pelaksana pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Sumatera Utara yang diketuai Dr. Budi Utomo, SP, MP menyatakan kesiapannya untuk turut andil dalam mengembangkan Kawasan wisata ini.
 
Melalui hibah bantuan PkM dari LPPM USU tahun 2022 Tim pelaksana PkM USU bergandeng tangan dengan pemerintah desa Pardomuan Ajibata untuk membuka dan mengembangkan Kawasan wisata ini.
 
Mengingat banyaknya pekerjaan yang perlu dilakukan maka pekerjaan dibagi ke dalam beberapa skala prioritas. Prioritas pertama jatuh pada pengembangan taman wisata.
 
Dengan bantuan hibah LPPM USU Tim akhirnya berhasil membangun taman di wilayah ini berupa kolam ikan, penanaman pohon dan tanaman hias serta pembuatan gazebo/gubug artistik yang terbuat dari bambu. Gazebo ini nantinya akan dijadikan tempat beristirahat bagi pengunjung yang datang ke Kawasan wisata ini.
 
Ke depan Tamba Tua Sirait mengharapkan bantuan kontinue dari LPPM USU demi pengembangan Kawasan wisata ini pada tahun depan menjadi salah satu kegiatan yang layak diprioritaskan. 
 
Kepala Desa ini mengucapkan terima kasih pada Tim pelaksana PkM dan LPPM USU atas segala bantuan dan kerjasamanya untuk membuka dan mengembangkan kawasan wisata di desa ini.