MEDAN - Mengusung konsep konteiner, Nakny Truly Fresh & Healty bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan minuman segar dan sehat bagi masyarakat Kota Medan. Lenny Fadilla S PSi, Pemilik Nakny saat ditemui di outletnya, di kawasan Jalan Hos Cokroaminoto Kecamatan Medan Timur, Senin (12/9/2022) mengatakan bisnis minuman segar ini sudah dirintis sejak lima tahun terakhir. 
 
Usaha tersebut awalnya dibangun dari rumah, setahun terakhir sudah memiliki rumah produksi serta outlet. Hingga gerai yang fokus dalam produk minuman ini, baru beroperasional satu bulan terakhir.
 
"Kebetulan customer kita banyak yang di sekitaran sini, jadi kita coba buka satu otlet supaya memudahkan customer untuk datang langsung pilih langsung nggak harus preorder," sambungnya seraya menambahkan kehadiran Nakny di kawasan ini, untuk mendekatkan produknya dengan pelanggan.
 
"Kita ngikutin perkembangan kebutuhan orang. Misalnya minuman susu almond, ini kan rata-rata dicampur dengan susu kental manis atau pakai gula. Nah di Nakny, punya kita yang ditonjolkan itu tidak pakai gula gitu, jadi untuk almond pakai kurma pemanisnya," urainya. 
 
Ini lanjutnya juga untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin hidup sehat. "Karena orang kan mau hidup sehat, kami menghadirkan yang fresh and healthy. Kalaupun ada yang pakai gula gulanya sedikit," ujarnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Lenny menuturkan menangkap peluang dari bisnis minuman ini bermula dari kebiasaan membuat minuman green latte untuk pengajian hari Sabtu di rumahnya. Hingga akhirnya, anak sulungnya mengusulkan agar produk tersebut dicoba untuk dipasarkan.
 
"Karena dulu kan sering buat minuman di rumah untuk pengajian hari Sabtu. Itu ya kan jadi sering buat green tea latte, terus anak-anak bilang kenapa enggak dijual. Jadi cobalah dijual sama anak di sekolahnya," ujarnya.
 
Kemudian dari penjualan anaknya yang masih duduk dibangku kelaa 4 Sekolah Dasar (SD), bisa menghasilan Rp 200 ribuan sehari. Dari sini terus berlanjut, hingga akhirnya bertemu dengan Forum Komunikasi Muslimah Indonesia (FKMI) dan diajak untuk mengikuti berbagai macam bazar dan pameran di Kota Medan.
 
Saat ini lanjutnya dari aneka minuman segar dan sehat ini, rata-rata kapasitas produksi perharinya mencapai 40 sampai 60 liter. 
 
"Itu langsung ke konsumen jadi kita sudah punya langganan itu dan biasanya mereka beli ukuran literan," sambungnya. 
 
Selain itu lanjutnya, Nakny juga menyediakan layanan catering minuman. "Untuk catering minuman ini, kita kirimkan seminggu dua kali, bisa pilih harinya, Senin Kamis atau Selasa Rabu," ujarnya dan kita sudah ada langganan yang rutin tiap minggu," pungkasnya.
 
Sedangkan untuk menunya bisa dipilih sesuai selera, sementara harganya akan disesuaikan. 
 
Dia menambahkan aneka menu tersebut seperti, almond milk (vanila, caramel, chocolate, coffee, chimoney, strawberry, matcha, plain, pure). Presed juice (delima, tiga diva, wortel jeruk, wortel nenas, semangka, timun, jeruk). 
 
Selain itu juga juice series seperti naga yakult, mango, guava, avocado, terongbelanda, markisa, martabe, markisa guava, dan kelapa kurma kasturi (kapas). Ada juga milk series di antaranya, cold brew latte, chocolate, susu kurma, susu kurma jahe, susu kurma thai tea, susu kurma matcha.
 
Lenny yang bergabung dengan FKMI, mengaku banyak mendapat pembelajaran termasuk untuk branding dan kelengkapan izin. 
 
Sebelumnya, Pengurus FKMI menyambangi gerai Nakny. Kunjungan tersebut sebagai upaya memberikan support dan semangat bagi anggota dalam mengembangkan dan mengelola usahanya. 
 
"Ini bagian dari agenda rutin kita mengunjungi anggota yang memiliki usaha. Untuk mendukung mereka agar semakin semangat," ujar Koordinator Bidang Wirausaha FKMI, Novita Sari.