PEMUDA atau remaja merupakan aset penting bagi Bangsa Indonesia. Kaum muda atau yang sering disebut kaum milenial ini merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga eksistensinya. Potensi yang dimiliki orang muda jika diasah dengan baik, mampu menggerakkan kemajuan bagi Indonesia. Pemuda juga adalah kader bangsa yang sedari dini perlu terbina dan tersosialisasi.

GenRe kini hadir di tengah kehidupan masyarakat untuk menjawab tantangan ini. GenRe (GENerasi beREncana) adalah program yang dikembangkan oleh BKKBN dengan kelompok sasaran program, yaitu remaja yang berusia 10-24 tahun dan belum menikah. Dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga para remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Hal inilah yang dilakukan oleh mahasiswi USU, Shanaz Salsabila Al Zamru yang menjabat sebagai RU 1 Duta Generasi Berencana Provinsi Sumatera Utara 2022. Gelar yang ia diraih oleh perempuan 19 tahun ini, ia dedikasikan untuk bersosialisasi kepada para remaja, sesuai dengan tujuan utama GenRe itu sendiri.

Seorang Duta GenRe  memiliki peran untuk mensosialisasikan 4 Substansi GenRe yang penting untuk diketahui oleh remaja, yaitu Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga), PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja), KKR (Kesehatan Reproduksi Remaja), dan Life Skill (keterampilan hidup).

Selain program di atas, Duta GenRe sebagai pendidik sebaya atau konselor sebaya juga punya peranan penting, yaitu sebagai role model atau pendorong bagi remaja-remaja sebaya yang ada di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

“Dan tak lupa pula bahwa Duta GenRe juga berperan sebagai role model atau pendorong bagi remaja-remaja sebaya yang ada di Indonesia, terkhusus bagi Provinsi yang kami (duta) diami masing-masing, yaitu dinamakan dari Bonus Demografi, bahwa remaja sebagai calon aktor yang akan sebagai pembangun ataupun sebagai orangtua nantinya, jadi kita, remaja-remaja ini disiapkan untuk bisa melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas nantinya. Oleh karena itu, kita nanti akan bisa lebih terencana, dan kedepannya lebih optimal.” ungkap Shanaz Salsabilla Al Zamru seoerti dikutip, Senin (30/5/22).

Semoga program dari Generasi Berencana ini dapat berjalan dengan maksimal, agar para remaja bisa memperoleh pemahaman yang baik sesuai dengan program GenRe. Dan tentunya para generasi muda yang ada di Sumatera Utara boleh memperoleh role model atau sosok pembimbing yang mampu memberikan gambaran yang baik dalam bagaimana seharusnya orang-orang muda berperan di tengah keleuarga, masyrakat, bahkan sebagai Warga Negara Indonesia. Sehingga program ini kedepannya dapat menjadi langkah atau pintu bagi Indonesia untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang.*