Home >  Artikel >  Opini
Opini
Membaca Tafsir Almaidah Ayat 51
Sabtu, 08 Oktober 2016 00:06 WIB
HARI- hari ini publik di Tanah Air dihadirkan dengan polemik tentang makna yang tersimpan di dalam al-Qur’an surat al-Maidah ayat 51. Biasanya sebagian kelompok menggunakan ayat ini secara “politis” untuk mengharamkan kepemimpinan non-muslim. Apalagi di saat musim pemilihan kepala daerah, ayat ini makin populer digemakan di masjid-masjid dan forum-forum keagamaan lainnya. Apa sebenarnya makna yang terkandung di dalam ayat tersebut?
Opini
Perpaduan Budaya Masa Lalu dan Kini di Melaka
Jum'at, 07 Oktober 2016 22:08 WIB
MELAKA merupakan pusat pariwisata Malaysia. Berbagai peristiwa yang berkaitan dengan pelancongan, diawali dari Melaka. Berdasarkan sejarah yang hingga kini jadi kebanggaan Malaysia, kemajemukan masyarakat setempat merupakan embrio turisme. Lebih dari 450 tahun, Malaysia dijajah bangsa Portugis. Selain itu, Melaka diduduki berbagai bangsa seperti Inggris, Belanda, Jepang, Cina, Jawa, Aceh dan Sriwijaya. Dengan demikian tidak heran, dibalik keragaman budaya dan adat istiadat Melaka menjadi pusat kebudayaan Malaysia yang terbesar. Berbagai tradisi yang berkaitan dengan kultur di Melaka menjadi bukti sejarah. Bahwa Melaka sudah sejak lama punya daya tarik historis dengan kemajemukan adat dan kehidupan sosial.
Opini
Hijrah, Berislam Kaffah!
Kamis, 06 Oktober 2016 23:14 WIB
RESOLUSI apa yang telah kita rancang untuk tahun baru hijrah kali ini? pertanyaan ini penting untuk kita resapi dan kita jawab. Mengingat bahwa semakin tahun, kondisi bangsa  yang berpenduduk mayoritas umat Islam ini bukan semakin membaik. Namun justru sebaliknya, bangsa ini semakin terpuruk, lumpuh dalam berbagai aspek kehidupan. Lantas, apakah banyaknya jumlah umat Islam di bangsa ini tidak mampu memberikan solusi atas berbagai problematika yang melanda? Bukankah umat Islam telah Allah S.w.t. sebut sebagai umat yang terbaik?  Di sinilah, resolusi itu perlu kita rancang untuk kemudian kita pancang sebagai esensi hijrah yang sesungguhnya.
Anjuran Berpolitik dalam Islam
Kamis, 06 Oktober 2016 11:07 WIB
Oleh: Fakhrurrazi * HAWA politik kian makin dekat, dalam hitungan beberapa bulan ke depan Rakyat Aceh akan memilih pemimpin baru melalui mekanisme Pilkada Serentak 2017. Para pendukung masing-masing calon saling mempromosikan kandidatnya. Pola politik yang dimainkan oleh sebagian calon sangat miris, hal tersebut banyak kita temukan di media-media sosial.
Opini
Manfaat dan Mudharat Fly Over
Selasa, 04 Oktober 2016 18:04 WIB
KOTA-kota besar seumpama ibu kota provinsi, sebagian besar membangun Jembatan Layang (fly over) di tengah tengah kotanya. Hal ini bertujuan untuk mencegah macet akibat dari banyaknya kendaraan yang melintas. Oleh karenanya pembangunan jembatan layang itu tentunya diprioritaskan di titik macet pada persimpangan kota.
Opini
Kapitalisme Sumber Petaka, Serum Palsu Merajalela
Rabu, 28 September 2016 09:54 WIB
Wahai sodara serta sahabat Memikul amanah amatlah berat Menjadi hutang dunia akhirat Tersalah langkah membawa mudharat, (Tenas Effendy; Tunjuk Ajar Melayu II).
Haji, Merindui Rumah Allah
Senin, 26 September 2016 01:10 WIB
SAMBUTLAH haji dengan takwa dan taubat yang benar. Jangan tunda-tunda ia, sebab menundanya adalah kesesatan. Tuhanku karunialah maaf, taufik, ampunan dan kemenangan. Sungguh kemenangan adalah derajat tertinggi.
Opini
Irman Gusman Dalam Pusaran Korupsi
Senin, 19 September 2016 17:08 WIB
IRMAN Gusman (IG) Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) yang ditangkap KPK atas dugaan menerima uang suap sebesar 100 juta Rupiah dalam urusan gula impor. Namun ternyata tidak banyak yang tahu, ia dikenal juga sebagai pengamat sepak bola. Komentar-komentarnya dalam pertandingan sepakbola internasional, acap muncul diberbagai media. Bahkan media televisi juga beberapa kali mengutip komentar Irman Gusman. Selama ini ia dikenal sebagai tokoh yang acap menyuarakan sikap anti korupsi. Bahkan ia pernah mengeluarkan pernyataan yang dikutip media televisi agar koruptor dihukum mati. Pernyataan tersebut cukup menarik perhatian karena posisinya sebagai ketua DPD, ikut berperan penting dalam urusan politik. Khususnya yang berkaitan dengan aspirasi dan kepentingan pembangunan di daerah.
Menanti Agen-agen Perubahan dari Tanah Suci
Senin, 19 September 2016 13:20 WIB
RUKUN Islam kelima merupakan rukun islam paling popular. Heboh orang sekampung karena si A naik Haji. Mati ayam sekandang gara-gara sukuran pergi Haji. Sepulang Haji pakai peci putih dengan pakain putih model timur tengah. Ditambah pula dengan title H didepan nama sekaligus dipanggil pak Haji dan bu Hajah. Sampai disini semuanya sah-sah saja tak ada yang dilarang. Tapi jangan lupa segala sesuatu ditentukan oleh niat.
Husnul Khatimahkah Akhir Hayat Kita?
Minggu, 18 September 2016 08:48 WIB
KITA hidup dunia ini hanya sebagai singgahan sementara sebagai mazra"ah (tempat bercocok tanam) menuju kehidupan yang hakiki kelak nantinya. Kapan kita meninggal tidak ada seorangpun yang tahu, itu rahasia-Nya, hanya Allah SWT yang lebih tahu semuanya. Tugas kita hanya menabung dan menggapai sebanyaknya bekal untuk akhirat nanti.
Opini
Tarman Azzam, Sang Orator PWI
Sabtu, 10 September 2016 07:49 WIB
H.TARMAN AZZAM (67) yang dikenal juga sebagai Sang Orator PWI, Jumat pukul 09:23 WIT meninggal dunia di Ambon, Provinsi Maluku. Menurut salah seorang pengurus PWI Pusat Ilham Bintang, Almarhum tutup usia akibat terkena serangan jantung. Jenazahnya dibawa ke Jakarta ke rumah duka, yang beralamat di Jalan Wijaya Kusumah III/3 No. 118 Perumnas Klender, Jakarta Timur sekitar pukul 16.00 WIB. Tarman Azzam, lahir di Bangka tanggal 11 Desember 1949. Ia mempunyai isteri bernama Aas Sudiasih dan mempunyai anak bernama Moh. Iskandar.
'Nyali Besi Komjen Budi Waseso, Dia Memang Buwas'
Minggu, 04 September 2016 21:55 WIB
LUAR BIASA Komjen Budi Waseso (Buwas). Patut diacungi jempol berani melawan Tommy Winata. Kita sedikit lega, Buwas menunjukkan kelasnya. Pertama, ia bukan piaraan Cina. Umumnya Jenderal Polisi memiliki jejak menjadi piaraan Cina. Tidak semuanya memang. Namun, tidak mudah mencari Jenderal Polisi yang tak pernah jadi piaraan Cina.
Ketika Orangtua Mencium Tangan Anaknya, Salahkah?
Jum'at, 02 September 2016 08:36 WIB
Oleh Tgk Helmi Abu Bakar* Mencium tangan merupakan salah satu sunnah Rasulullah dan para sahabat. Mereka melakukannya dalam setiap kesempatan dan waktu untuk saling mendahului mencium tangan sebagai bentuk penghormatan dan kemuliaan.
Dakwah Jarang Menghargai Orang Sukses
Rabu, 31 Agustus 2016 13:18 WIB
BERDAKWAH jelas merupakan perintah agama, “Sampaikanlah walau satu ayat”. Agama merupakan pedoman utama terhadap kehidupan umat manusia agar bahagia di dunia dan di akhirat (doa yang selalu kita mohon). Dengan bahasa lain tujuan beragama agar umat sejahtera dalam ridha Allah.
Opini
Full Day School; Antara Solusi dan Ilusi
Selasa, 23 Agustus 2016 11:47 WIB
BELUM reda gejolak pro-kontra  terkait penerapan kurikulum 2013, kini dunia pendidikan kembali diterpa wacana yang tidak kalah mengguncang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang belum lama dilantik, mengeluarkan wacana full day scool (FDS). Sontak, wacana inipun bergulir cepat dengan berbagai asumsi yang menyertainya. Pendapat pro dan kontrapun tidak terelakkan. Mengingat begitu seringnya dunia pendidikan mengalami pergantian kebijakan secara spontan. Namun sayangnya tidak pernah berakhir secara tuntas dan menggembirakan. Selalu mengambang di awang-awang dengan peserta didik sebagai kelinci percobaan. Try and eror. Wajar jika kemudian muncul anggapan bahwa pemerintah tidak sepenuh hati dalam menggarap kemajuan pendidikan bangsa.
Bagi orang yang salat dhuha, maka ia akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. Hal tersebut sesuai dengan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan HR Turmudzi "Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan".
71 Tahun Merdeka, Masih Tetap Negara Berkembang
Jum'at, 19 Agustus 2016 08:14 WIB
KITA awali dengan kalimat indah presiden Amerika Serikat, Jhon F. Kennedy, kepada rakyat Amerika: “Jangan ditanya apa yang diberikan negara kepada kita, tapi tanyalah apa yang telah diberikan kepada negara”. Pesan presiden AS diatas sangat tepat ketika kita memperingati HUT kemerdekaan RI.
Opini
Budaya Liberal Mencetak Generasi Amoral
Jum'at, 12 Agustus 2016 05:36 WIB
KEMAJUAN pesat di bidang media elektronik menjadi trand tersendiri bagi generasi saat ini. pro dan kontra dengan perkembangan yang semakin canggihpun tidak dapat di tangkal. Karena alaminya memang demikian, selalu ada pro dan kontra dalam setiap perubahan. Satu hal yang pasti, Inilah perkembangan zaman pada era kini maka kita harus siap menghadapi dan menyikapi. Tidak ada yang salah dengan perkembangan zaman. Alaminya memang demikian, zaman harus terus berkembang untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Selalunya, perkembangan zaman memberikan dua penawaran yang bersebrangan. Mau memanfaatkannya untuk kebaikan atau sebaliknya? Hidup adalah pilihan.
Pengalaman London Jadikan Modal Sukses
Selasa, 09 Agustus 2016 08:30 WIB
PERTANDINGAN cabang angkat besi kelas 62kg Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (9/8/2016) pukul 19.00 WIB diikuti sebanyak 9 lifter kategori A yang mendaftarkan angkatan minimum 300kg.
Perang Strategi di Rio de Jeneiro
Rabu, 03 Agustus 2016 18:10 WIB
KEPUTUSAN Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) dengan tidak memperkenankan atlet angkat besi Rusia tampil di Olimpiade Rio de Jeneiro 2016 cukup mengejutkan. Hal ini terkait dengan adanya beberapa kasus doping yang terjadi di negeri Beruang Merah itu.
MEDAN - Bergulirnya program pemerintah terkait Tax Amnesty (pengampunan pajak), banyak elemen yang memberikan komentar positif dan negative. Untuk mengetahui update pasar terkait perkembangan ekonomi dan politik terakhir, berikut ini paparan yang disampaikan Pimpinan Panin Sekuritas Medan, Darmin yang ditemui di kantornya Jalan Iskandar Muda Medan, Selasa (2/8/2016).
Provokator Lebih Panjang Umur?
Senin, 01 Agustus 2016 17:37 WIB
Oleh: Muhammad Ichsan, S.Pd APABILA Anda suka melihat orang atau teman Anda banyak berdiskusi haluan ‘kanan’ atau ‘kiri’ di warung kopi, di meja kantornya, bukan berarti teman Anda gila atau terkena gangguan mental. Mungkin saja teman Anda lagi belajar presentasi atau sedang memotivasi diri sendiri.
Demam Pokemon GO
Antara Pokemon dan Spionase Asing
Senin, 25 Juli 2016 13:28 WIB
Fatwapara ulama terkait keharaman bermain Poke Mon Go di negara mayoritas penduduk muslim sama sekali tidak menyulutkan para pecinta Game Poke Mon untuk senantiasa berfantasi dengan monster-monster virtual Poke Mon.
Opini
Euforia khalayak di Hari Anak
Senin, 25 Juli 2016 12:31 WIB
ANAK adalah aset bangsa yang berharga. Perhatian terhadapnya tidak boleh lengah apalagi setengah-setengah. Agaknya, inilah yang melatarbelakangi adanya hari istimewa untuk anak. 23 juli 2016 adalah momen tersebut. Seluruh kalangan pun menyambut gembira hari ini dengan berbagai presentase capaian-capaian dari instansi masing-masing dalam menciptakan kesejahteraan pada anak. Euforia khalayak membludak sebagaimana di momen-momen besar yang pernah ada. Sayangnya, ini hanya bersifat sesaat. Seremonial. Formalitas semata. Tidak ada beda sebagaimana euforia khalayak pada hari kemerdekaan meskipun realitasnya bangsa ini terjajah di segala bidang. Euforia pada hari narkoba meskipun jumlah korban narkoba terus meningkat. Euforia di hari HIV/AIDS, meskipun jumlah pengidap HIV/AIDS terus melaju bak bola salju. Miris!
REFORMASI sektor keamanan dalam negeri seharusnya terus bergerak maju dengan menunjukan konsistensi pada pendekatan hukum sipil yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Mendorong-dorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) ikut menangani tindak pidana terorisme adalah cara berpikir mundur dan kontraproduktif dengan agenda reformasi.
Opini
Dibalik Tewasnya Gembong Teroris Santoso
Rabu, 20 Juli 2016 22:51 WIB
OPERASI Tinombala telah berusia tujuh bulan, guna menumpas aksi gembong teroris Santoso dan pengikutnya. Aksi tersebut berlangsung di Poso dan sekitarnya yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Operasi Tinombala merupakan satuan tugas (Satgas) gabungan antara Polri dan TNI dalam memberantas petualangan Santoso dan anak buahnya.
ANCAMAN - serius dari Game Pokemon GO (BLOK) . Bagikan ... Dunia sedang booming injeksi "Pembodohan" bernama aplikasi game Pokemon GO (BLOK).
Opini
Sampah dan Citra 'Busuk' Walikota
Kamis, 14 Juli 2016 07:30 WIB
KETIKA tumpukan sampah sempat menggunung selama lebih kurang satu bulan  di berbagai tempat di kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau, public langsung menyimpulkan bahwa Walikota Dr. Firdaus MT tidak sungguh-sungguh menanganinya. Kasus yang bermula dari mis-manajemen pihak PT Multi Inti Guna (MIG) yang tidak membayar gaji para petugas kebersihan yang dipekerjakannya berujung terjadinya aksi unjuk rasa para petugas di beberapa tempat strategis termasuk Kantor Walikota Pekanbaru.
Opini
Promosi Wisata Sampah Pekanbaru
Rabu, 13 Juli 2016 20:54 WIB
KOTA Pekanbaru pernah meraih predikat sebagai kota terbersih di Indonesia. Saat itu kejayaaan Pekanbaru memang luar biasa. Sampah tidak berserakan dimana-mana, karena para petugas selalu memelihara kebersihan diberbagai penjuru jalan. Pekanbaru merupakan kota yang bebas dari sampah. Namun peristiwa ini sayangnya sudah berlangsung puluhan tahun lampau. Saat ini Pekanbaru merupakan kota penghasil sampah yang luar biasa. Dimana-mana yang terlihat ada gundukkan sampah dengan bau busuk.
Kembali ke Habitat
Senin, 11 Juli 2016 18:51 WIB
KATA habitat berarti lingkungan dan ke kebiasaan juga diartikan tempat tinggal semula. Kembali kehabitat dalam tulisan ini maksudnya kembali kebiasaan (Habitual). Bulan Ramadhan dijuluki para pakar dan para pengamat sebagai ''bulan tampil saleh''. 
IBNU Abbas mengisahkan, Rasulullah keluar bersama istri-istri dan anak-anaknya pada saat Idul Fitri dan Idul Adha. Kedua shalat itu merupakan sunah muakad. Muhammad SAW senantiasa mengerjakan shalat Hari Raya Idul Fitri, termasuk Idul Adha. Ia juga memerintahkan kepada umatnya, baik laki-laki maupun perempuan, untuk keluar rumah menuju tempat shalat. Ini adalah bagian dari syiar Islam.
Keuntungan Menikah Berbeda Suku
Selasa, 05 Juli 2016 10:03 WIB
Indonesia adalah negeri yang sangat majemuk. Di negeri kita ini terdapat aneka ragam sukubangsa dengan budaya, bahasa, dan seringkali juga agama, yang berbeda. Dulu masing-masing suku tinggal di kampung atau negerinya masing-masing.
Agusyanto Bakar, SSos MSi
Idul Fitri, Memupuk Solidaritas Sosial
Senin, 04 Juli 2016 15:07 WIB
IDUL FITRI merupakan puncak atau klimaks dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Idul Fitri sendiri sejatinya  memiliki keterkaitan-korelasi makna dengan tujuan akhir yang ingin diraih dari pelaksanaan kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan. Idul Fitri secara etimologi, kerap diartikan sebagai hari raya kesucian atau kerap pula diartikan sebagai hari kemenangan: Karena orang yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selain mampu menahan diri selama sebulan penuh, juga mampu melaksanakan semaksimal mungkin ritual-ritual yang ada di dalamnya, sebagai bagian tak terpisahkan. Kemenangan dalam konteks ini  adalah merupakan implementasi dari bentuk kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan diri kembali kepada keadaan  fitrah (Fitri). 
Opini
BEBERAPA waktu yang lalu sahabat saya Haizir Sulaiman yang menjabat sebagai Direktur Syariah Bank Aceh menghubungi saya dan menyampaikan kabar gembira bahwa Insya Allah terhitung bulan Agustus 2016 Bank Pembangunan Daerah Aceh akan dikonversi dari bank konvensional menjadi bank syariah.
Opini
Memaknai Takbir dan Idul Fitri
Kamis, 30 Juni 2016 22:21 WIB
BULAN Ramadan dimana diwajibkan atas umat Islam berpuasa sebulan penuh di dalamnya akan berakhir tatkala hilal bulan Syawal sudah terlihat pada petang terakhir Ramadan. Ketika itu umat Islam telah mengakhiri ibadah puasanya dan merayakan Idul Fitri. Sebagai ungkapan kemenangan dan rasa syukur yang mendalam kepada Allah swt atas nikmat yang diberikan berupa kondisi kefitrahan (kesucian) diri kembali melalui mujahadah (perjuangan lahir dan batin) dan pelaksanaan amal ibadah selama bulan suci Ramadan yan baru berlalu, setiap umat Islam disunahkan untuk mengumandangkan takbir (ungkapan pengagungan) dan tahmid (ungkapan pujian) yang diperuntukkan kepada Allah swt. ''Dan hendaklah kamu menyempurnakan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kamu semoga kamu bersyukur (kepada-Nya).'' (QS. al-Baqoroh : 185)
Opini
LAGI! Sepertinya negeri ini memang layak disebut sebagai negeri serba palsu. Setelah beberapa waktu lalu media masa digegerkan dengan penemuan ijazah palsu, telur palsu dan beras palsu, kini giliran vaksin palsu yang sedang naik daun jadi tranding topic hampir di semua media. Bahkan, di kalangan ibu-ibu awampun isu ini menjadi hangat diperbincangkan. Bagaimana tidak, hampir seluruh masyarakat khususnya para ibu yang memiliki anak pasti terlibat dalam ritual imunisasi yang identik dengan vaksinasi. Tentu, para ibu ini merasa cemas dan was-was dengan penemuan vaksin palsu yang sudah beredar dan mencekoki para generasi sejak 2003 silam.
Opini
Jabatan Bukan untuk Dibagi-bagi
Kamis, 30 Juni 2016 00:15 WIB
MASA kepemimpinan Joko Widodo dengan Wapres Jusuf Kalla sudah tidak asing lagi kita mendengar adanya bagi-bagi jabatan. Ini diawali dengan bagi-bagi menteri di awal pemerintahan pasangan yang didukung PDIP, Nasdem, PKB, dan sejumlah partai lainnya.
Opini
Bukber di LP Kelas II Pekanbaru
Rabu, 29 Juni 2016 04:35 WIB
BUKA bersama (Bukber) tidak selalu harus di hotel, restoran atau di kafe-kafe yang bernuansa "wah". Karena peristiwa yang mengandung silaturahmi dan suasana damai ini bisa terjadi di lembaga pemasyarakatan. Baru-baru ini PWI Provinsi Riau dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Pekanbaru mengadakan Buka bersama. Sejumlah warga binaan dan beberapa diantaranya mantan pejabat di Provinsi Riau tampak ikut hadir dalam acara tersebut.
Kebudayaan itu diambil dari interaksi manusia dengan lingkungan. Interaksi sosial manusia melahirkan berbagai kesepakatan yang kemudian menjadi kebiasaan hidup bersama, menjadi adat istiadat dan melahirkan aturan, baik yang menyangkut dengan kondisi geografis, komunitas, maupun dengan interaksi lingkungan ilmiah. Setiap daerah tentunya memiliki budaya yang berbeda begitu juga Tanoh Singkil.
Investasi Akhirat di Tengah Malam
Jum'at, 24 Juni 2016 10:55 WIB
Oleh: Helmi Abu Bakar  Salah satu  ibadah qiamul lain adalah salat Tahajjud . Tahajjud  secara etimologis bermakna tidur, tidur di waktu malam. Pengggunaan kata Tahajjud  dikhususkan kepada salat, selain itu tidak dinamakan Tahajjud. Dalam Alquran disebutkan tentang keutamaan salat Tahajjud, berbunyi: “Pada malam hari, hendaklah engkau salat Tahajjud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79).  
Opini
GAGASAN agar Daerah Riau melepaskan diri dari negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), adalah suatu gagasan selain tidak terkonsepsional dengan matang tapi juga bersifat sangat sentrisme kedaerahan yang kaku. Kepada penggagas saya ingin mencoba memberikan sedikit ilusi, mungkin dapat dijadikan referensi berpikir jangan terlalu emosional.
Opini
Melawan Lupa; Hakikat Malam Nuzulul Quran
Rabu, 22 Juni 2016 03:40 WIB
MALAM nuzulul Qur’an telah tiba. Mayoritas umat islam bersuka cita menyambutnya. Dari awal ramadhan, kebanyakan umat islam sudah harap-harap cemas ingin bertemu dengan malam diturunkannya Al Qur’an ini. Setiap muslim pasti  mengaku mencintai al Qur’an, hingga malam diturunkannya al Qur’an pun dinanti dan disambut sedemikian suka cita. Cermah-ceramah di masjid ataupun di stasiun televisi juga tidak lepas dari pembahasan ini. Alasannya hanya satu, karena malam nuzulul Qur’an adalah malam istimewa. Malam diturunkannya Al Qur’an. Tapi sayang, kecintaan terhadap al Qur’an baru sekedar klaim. Cinta itu belumlah nyata dalam kehidupan. Baru sebatas di atas mimbar-mimbar. Baru sebatas lips service.
Opini
Koalisi Vertigo Versus Ahok Cum suis
Senin, 20 Juni 2016 04:18 WIB
DINAMIKA politik yang terjadi dalam menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI bergerak dengan cepat, bahkan bisa berubah sekonyong-konyong dari skenario yang telah dirancang. Awalnya Ahok yang didukung untuk jalur independen (perseorangan) harus bersaing dengan calon-calon dari beberapa partai politik yang ada. Maka terjadilah persaingan antara partai-partai politik dengan independen. Jika Ahok awalnya bersikukuh ingin maju melalui jalur independen, sebaliknya partai politik ramai-ramai bersatu melawan gubernur incumbent tersebut.
Opini
Ramadhan: Puncaknya Ketakwaan
Sabtu, 18 Juni 2016 04:12 WIB
ALHAMDULILLAH, kita masih diberi nafas kehidupan dalam bulan Ramadhan. Bulan mulia, penuh ampunan dan berlipat gandanya segala amal kebaikan. Setiap muslim yang beriman, pasti akan menjadikan bulan ini sebagai momentum perubahan, memupuk ketakwaan. Maka seorang muslim hakikatnya tidak sudi hanya mendapat lapar dan dahaga, melainkan berkomitmen untuk meraih gelar takwa. Sudahkah kita memprioritaskannya?
Opini
Negeri Santun Bersarangnya Penyamun
Senin, 13 Juni 2016 21:26 WIB
DALAM sebuah perhelatan keluarga, aku bertemu dengan kaum kerabatku yang berdomisili di negeri jiran, karena sudah begitu lama tidak bersua kamI mengobrol dari soal keluarga, tentang kesehatan dan eknomi dan akhirnya berujung pada politik pemerintahan dan hukum. 
Opini
Berinvestasi Pahala di Bulan Mulia
Minggu, 12 Juni 2016 06:45 WIB
”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok [akherat]; dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Hasyr: 18).
Opini
Muhammad Ali Ternyata Santun
Sabtu, 11 Juni 2016 03:46 WIB
PEMBERITAAN berbagai media mengenai petinju legendaris Muhammad Ali, selama ini melukiskan sebagai pribadi yang aneh-aneh (nyeleneh). Kata-katanya kasar, suka memandang enteng lawan tandingnya di atas ring.
Beginilah Cara Rasulullah Berpuasa
Jum'at, 10 Juni 2016 12:12 WIB
JAKARTA - Ramadhan adalah bulan istimewa. Diwajibkan di dalamnya berpuasa. Bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran, dilipatgandakannya pahala, yang sunah disejajarkan dengan yang wajib dan yang wajib dilipatgandakan 70 kali lipat.
Puasa Meningkatkan Kualitas Soft Skill
Rabu, 08 Juni 2016 23:10 WIB
MENURUT hasil penelitian di Amerika (Ali Ibrahim Akbar, 2010) mengungkapkan bahwa kesuksesan hanya di tentukan 20 % Hard Skill, 80 % Soft Skill.
www www