Home >  Artikel >  Opini
Opini
Opini
BULAN November adalah bulan pahlawan. Hiruk pikuk perayaannya begitu menyita perhatian. Meski tidak seheboh hari kemerdekaan, namun tetap menjadi momen nasional yang diagendakan perayaannya. Beragam acara digelar untuk momen tahunan ini. Mulai dari seremonial berupa upacara ziarah nasional hingga berbagai kegiatan perlombaan  bertemakan kepahlawanan turut mewarnai peringatan hari pahlawan. Pertanyaannya, cukupkah hari pahlawan hanya dimaknai dengan upacara, tabur bunga di makam pahlawan, atau perlombaan-perlombaan dengan simbol bambu runcing semata?
Opini
Pendekatan Modus Vivendi Jokowi
Jum'at, 18 November 2016 19:28 WIB
LANGKAH yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai peristiwa 4 November terbilang unik. Para pengamat menilai langkah Jokowi meredam aksi lanjutan 4 November sangat intensif. 
Opini
Merayakan Perbedaan
Jum'at, 18 November 2016 10:16 WIB
*Moazzam Malik Tujuh puluh satu tahun yang lalu, konstitusi United Nations Educational Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) disahkan. Pada saat itu, dunia sepakat bahwa anak-anak kita tidak akan lagi hidup di dunia yang tidak menghargai perbedaan.
Opini
Trump dan Kecemasan (Berlebihan) Kita
Rabu, 16 November 2016 11:00 WIB
Oleh : Rhenald Kasali KETIKA Rabu siang (9/11) Donald Trump dinyatakan sebagai pemenang pilpres Amerika Serikat (AS), sebagian kita cemas. Lusinan pesan WhatsApp (WA) dan Line masuk ke smartphonesaya. Saya kutipkan beberapa di antaranya yang mungkin juga diterima Anda.
Opini
Trump dan Dilema Jokowi
Selasa, 15 November 2016 12:03 WIB
*Vishnu Juwono Dunia kembali dikejutkan oleh pesta demokrasi di Amerika Serikat yang puncaknya berlangsung pada pemilihan presiden pada 8 November 2016 yang lalu. Kandidat dari Partai Republik, Donald Trump, pengusaha properti dan bekas bintang reality show, terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45. Dengan sistem penghitungan electoral college, yang pemenangnya ditentukan oleh jumlah total negara bagian yang dimenangi, Trump memperoleh 279 electoral college, sedangkan pesaingnya, Hillary Clinton, 228. Trump menang, meskipun Hillary memenangi jumlah total suara pemilih (47,7%) dibanding Tump (47,4%). Ini gempa politik global dunia kedua setelah peristiwa Brexit, ketika melalui referendum rakyat Inggris di luar dugaan memutuskan keluar dari Uni Eropa pada Juni lalu.
Opini
Ketika Kejujuran Tidak Lagi Berbuah Keadilan
Senin, 14 November 2016 18:11 WIB
Andi Tenri Risky Akhir-akhir ini, sangat nyata dan gamang kita saksikan berbagai problem sosial yang terjadi ditengah-tengah kehidupan masyarakat kita, mulai dari persoalan ketidakadilan, asusila penyelewangan kekuasaan, tindakan kekerasan, hingga perampokan dan perampasan hak-hak rakyat kecil oleh segelintir kelompok yang berkuasa, dan ini pula yang dimaksudkan oleh sebahagian pengamat sosial sebagai bentuk krisis kemanusiaan dan krisis moralitas yang terjadi dalam kehidupan manusia modern.
Opini
Mengintip Kontribusi BUMD Riau
Minggu, 13 November 2016 18:11 WIB
BADAN Usaha Milik Daerah (BUMD), keberadaaanya memang penuh dinamika. Dari masalah penempatan pegawainya hingga tidak berimbangnya antara penyertaan modal dengan keuntungan yang didapatkan.
Opini
Hari Pahlawan Bukan Sekedar Refleksi
Kamis, 10 November 2016 15:19 WIB
*Ahmad Ikhwan Susilo Barang siapa sungguh menghendaki kemerdekaan buat umum,segenap waktu ia harus siap sedia dan ikhlas buat menderita “kehilangan kemerdekaan diri sendiri” Hampir saban 10 November kita selalu mengibarkan bendera satu tiang penuh. Upacara penghormatan pun dilakukan untuk memperingati hari Pahlawan. Seremonial tahunan ini menjadi satu refleksi bagi kita semua untuk mengenang jasa-jasa besar para pahlawan Indonesia yang dengan ikhlas mengorbankan segenap jiwa dan raga yang dimiliki sampai tetes darah penghabisan. Semua itu demi satu tujuan: Kemerdekaan! Merdeka dari penghisapan, merdeka dari penjajahan, dan merdeka dari penindasan kolonial. Soekarno pernah berkata bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah lupa akan jasa para pahlawannya. Maka dari itu, jangan pernah sekalipun melupakan sejarah. 
Opini
Goyang PPAP-SWAGGER, Potret Generasi Lemah
Rabu, 09 November 2016 12:09 WIB
*Aisyah, SH Hari ini kita akan dianggap kolot apabila kita tidak tahu apa itu PPAP. Lagu dan goyang yang dipopulerkan oleh komedian Jepang, Kazohiko Kosaka yang popular dengan panggilan Piko-Taro. PPAP, atau  singkatan dari Pen-Pineapple-Apple-Pen saat ini menjadi virus yang menjangkiti anak muda Indonesia bahkan mendunia. Virus ini menyebar melalui jejaring sosial, kemudian menjadi viral dan perbincangan di dunia maya. Tidak ada yang istimewa dari lagu ini, lalu mengapa banyak yang menyukainya, membagi disosial media dan bahkan membuat kembali video serupa dengan gayanya masing-masing?
Opini
SOROTAN mata ratusan juta penduduk Indonesia saat ini tersedot tertuju kepada gerakan aksi bela Islam. Kendati demikian kegiatan lembaga- lembaga pemerintahan terus berjalan. Terutama lembaga hukum Komisi Pemberantasan Komisi ( KPK ).
Opini
Mungkinkah Menistakan Agama?
Senin, 07 November 2016 18:42 WIB
Demonstrasi dalam rangka membela Tuhan makin banyak. Hal ini membuat saya bertanya, "Mungkinkah membela agama?". Pertanyaan selanjutnya, "Sebegitu lemahkah Tuhan dan Agama sehingga memerlukan pembelaan dari umatnya? "
Kebodohan dan Pembodohan
Senin, 07 November 2016 12:30 WIB
MASALAH bangsa Indonesia secara nasional masih belum beranjak dari kemiskinan dan kebodohan. Bahasa bukunya tertinggal dalam bidang ekonomi dan tertinggal dalam bidang ilmu pengetahuan. Bahasa pasarnya, sudahlah miskin bodoh pula lagi. Masalah ini dapat dilihat dari indikator, pertama, kualitas pendidikan nasional yang masih bermasalah.
Ahok, Reaksi Umat dan Aksi 411
Senin, 07 November 2016 09:58 WIB
Oleh : Imam Shamsi Ali* Nama Ahok go global. Sejak Ahok menjadi wakil gubernur DKI nama Ahok menjadi populer. Saya pribadi tidak pernah kenal nama Ahok sebelumnya. Tiba-tiba saja nama itu melejit karena menggandeng nama populer, seorang calon presiden RI, yang saat itu masih menjabat sebagai seorang walikota Solo.
Berbeda Pilihan, Salahkah?
Jum'at, 04 November 2016 11:00 WIB
*Munawir Tahir Pesta demokrasi 5 tahunan saat ini sedang dimeriahkan oleh masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Sesuatu yang biasa dinamakan juga “pesta rakyat”. Pesta rakyat dimaksud adalah “pilkada”, pemilihan kepala daerah.
Opini
Mulutmu Harimaumu; Aku Khawatir Gara-gara Ahok
Selasa, 01 November 2016 16:53 WIB
AKU sekeluarga tinggal di kota Pekanbaru Provinsi Riau. Tidak ada kaitan apalagi kepentingan dengan pilihan Gubernur DKI Jakarta. Lalu kenapa aku harus kawatir dengan Ahok. Energi surat Al-maidah membuatku gemetar atas apa yang diucapkan dari mulut Ahok. Entah secara sadar atau tidak, atau karena pintar atau bodohnya Ahok. Aku sungguh respek dengan gebrakan reformasi birokrasi di DKI Jakarta. PNS dipaksa disiplin dan wajib memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Jakarta terlihat rapi dan maju pembangunannya. Meski dalam hati kecilku aku tidak suka - kurang sreg dengan omong kasar dan gaya sok petentang petenteng Ahok.
Pemuda dan Aktor Keindonesiaan
Minggu, 30 Oktober 2016 10:02 WIB
*Fakhrurrazi Wahai pemuda, janganlah engkau pilih hidup ini bagai nyanyian, jangan terpana dengan keindahan yang terpampang di matamu. Jangan pula engkau tak menghiraukan nasib bangsa ini. Kapan kamu akan move on dari tempat hitam menuju lumbung ilmu? Nusantara ini sangat membutuhkan mu.
Refleksi Sumpah Pemuda dan Bahasa Persatuan
Minggu, 30 Oktober 2016 06:36 WIB
BANGSA Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Kemajemukan itu tersusun dan terbangun di atas beragam etnis, suku, budaya, agama, dan sistem nilai. Dengan Semangat persatuan dan kesatuan, pemuda/pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 mengikrarkan Sumpah Pemuda, dan ini adalah salah satu tonggak pergerakan kemerdekaan Indonesia.Adalah Muhammad Yamin salah satu tokoh yang mendorong Bahasa Indonesia untuk digunakan sebagai bahasa persatuan.
Pemuda dan Sejarahnya
Jum'at, 28 Oktober 2016 13:10 WIB
Tombak perubahan bangsa adalah pemuda. Pemuda yang tidak apatis dengan perubahan bangsa. Sebelum Indonesia merdeka para pemudalah yang menginginkan kemerdekaan itu ada di tangan bangsa Indonesia. Dengan semangat yang berkobar para pemuda terdahulu siap melawan para penjajah.
Opini
Wanita Pertama Ketua DPRD Riau
Rabu, 26 Oktober 2016 19:53 WIB
PROVINSI Riau memiliki Ketua DPRD yang baru. Tidak tanggung-tanggung yang terpilih sebagai ketua lembaga legislatif itu adalah Septina Primawati Rusli. Ia dilantik oleh ketua Pengadilan Tinggi Riau. Ribuan orang menghadiri upacara pelantikan tersebut. Antara lain nampak mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar dan Saleh Djasit. Tampak pula mantan Wakil Gubernur Riau Mambang Mit dan eks Sekda Riau Zaini Ismail. Selain itu hadir juga tokoh-tokoh nasional seperti Wakil MUI pusat T. Zulkarnaen dan pengurus Golkar pusat Nurdin Halid. Yang menarik, tampilnya Septina merupakan perempuan pertama yang menjadi Ketua Legislatif Riau. Ia terpilih mewakili Partai Golkar yang berhasil meraih suara mayoritas di legislatif.
Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) adalah salah satu produk hukum Indonesia yang diundangkan pada tanggal 30 April 2008 dan mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan. Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses informasi publik kecuali beberapa informasi tertentu.
Medan, Metropolitan Langganan Banjir
Minggu, 23 Oktober 2016 19:22 WIB
Banjir adalah bencana langganan yang kerap melanda Kota Medan. Jika hujan turun, banjir takkan terelakkan di beberapa wilayah tertentu. Tak hanya rumah warga yang terendam, kendaraan yang melintasi genangan air di jalan juga terkena imbasnya karena mogok. Tak jarang fenomena pengendara motor mendorong kendaraannya secara berjamaah menambah keibaan mata untuk memandangnya.
Bangkitnya Ilmu Pengetahuan Islam dari Aceh
Sabtu, 22 Oktober 2016 10:22 WIB
Oleh Fakhrurrazi * Aceh identik sebutannya dengan Serambi Mekkah, dengan beragam argumen yang diutarakan, bagaimana tidak jika kita lacak peradaban intelektualitas manusia di Aceh. Aceh adalah wilayah pertama yang menjadi pusat perkembangan tradisi intelektualitas Islam. Di Aceh pula wacana intelektual Islam di Nusantara mulai menemukan bentuknya, dengan munculnya ulama yang produktif menghasilkan karya-karya mereka seperti Hamzah Al Fansuri, Syamsuddin As Sumatrani, Nuruddin Ar Raniry dan Abdurrauf As Singkili. 
''WAHAI orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengambil orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin; sebagian mereka adalah pemimpin-pemimpin dari yang sebagian. Dan barangsiapa yang menjadikan mereka pemimpin di antara kamu, maka sesungguhnya dia itu telah tergolong dari mereka. Sesungguhnya Allah tidaklah akan memberi petunjuk kepada kaum yang zalim,” (QS. Al-Maidah: 51).
Beking Hukum, Tetap jadi Rahasia Umum?
Jum'at, 21 Oktober 2016 10:22 WIB
Adegan pelajar yang melanggar lalu lintas dan mengaku anak jenderal kepada aparat lalu lintas beberapa waktu silam mengindikasikan bahwa masih berkembangnya perbekingan di masyarakat kita. Hal ini memberi tanda tanya besar kepada kita tentang budaya kurang baik yang telah menjadi kebiasaan, istilahnya asal ada saudara, semuanya lancar.
Penertiban yang dilakukan Pemko Medan terhadap pindahan pedagang Sutomo yang menggelar dagangan di sekitar Jalan Pelita dan Jalan Rakyat tampak sia sia. Hal ini disinyalir karena  tidak adanya kata sepakat antara perwakilan para pedagang dengan pihak Pemko terkait relokasi ini.
Opini
Kontroversi Pengangkatan Jonan dan Arcandra
Selasa, 18 Oktober 2016 20:00 WIB
PENGANGKATAN Jonan dan Arcandra sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM menimbulkan banyak kritik. Ternyata keduanya mempunyai persoalan kepegawaian yang tidak tuntas. Jonan sebelumnya adalah Menteri Perhubungan, yang entah apa sebabnya tiba-tibanya diganti. Begitu juga Arcandra Tahar pernah menduduki jabatan Menteri ESDM yang tidak sampai satu bulan. Ternyata ia memiliki dwi kewarganegaraan yakni Indonesia dan Amerika Serikat. Bahkan ia pernah mengucapkan sumpah setia pada Negara Amerika Serikat.
(Catatan Perjalanan Dua Negara)
Arab Saudi VS Amerika Serikat
Senin, 17 Oktober 2016 13:21 WIB
SIAPA yang tak kenal negara Amerika Serikat, negara yang mendapat sebutan super power. Dengan kemajuan ekonomi, teknologi dan peradaban dengan gaya baratnya.
Opini
POLITIK anggaran atau juga disebut kebijakan anggaran ialah kebijakan yang digunakan pemerintah untuk mengelola/mengarahkan perekonomian ke kondisi yang lebih baik atau yang diinginkan dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah.
Mungkinkah Pilkada Tanpa Dusta?
Kamis, 13 Oktober 2016 10:21 WIB
JANJI-JANJI - dan angin surga ketika kampanye pilkada maupun caleg, bukan rahasia lagi. Namun sampai saat ini belum ada resep yang ampuh menangkal janji-janji tersebut. Padahal janji adalah hutang yang mengingkari janji menurut Islam berdosa.
Opini
Mempertahankan Marwah Integritas Para Senator
Minggu, 09 Oktober 2016 20:57 WIB
NUANSA huru hara yang sarat gesekan politis dalam memperebutkan posisi Ketua DPD RI pasca ''pemberhentian paksa'' Irman Gusman yang ''dikebut'' dalam waktu yang kilat kembali menggeliat. Padahal, keputusan pemberhentian paksa tersebut masih menuai pro kontra, Irman Gusman pun sedang melalui proses pra-pengadilan yang sedianya baru akan mulai sidangnya pada tanggal 18 Oktober 2016 yang nanti. Alih-alih menunggu ketentuan proses hUkum yang tetap, justru proses pemilihan semakin dikebut, pembahasan untuk memilih pimpinan baru DPD yang mewakili wilayah barat saja dilaksanakan ''super-kebut'' pada hari Selasa, 11 Oktober nanti, tepat satu minggu sebelum sidang pra-peradilan Irman Gusman digelar. 
Membaca Tafsir Almaidah Ayat 51
Sabtu, 08 Oktober 2016 00:06 WIB
HARI- hari ini publik di Tanah Air dihadirkan dengan polemik tentang makna yang tersimpan di dalam al-Qur’an surat al-Maidah ayat 51. Biasanya sebagian kelompok menggunakan ayat ini secara “politis” untuk mengharamkan kepemimpinan non-muslim. Apalagi di saat musim pemilihan kepala daerah, ayat ini makin populer digemakan di masjid-masjid dan forum-forum keagamaan lainnya. Apa sebenarnya makna yang terkandung di dalam ayat tersebut?
Opini
Perpaduan Budaya Masa Lalu dan Kini di Melaka
Jum'at, 07 Oktober 2016 22:08 WIB
MELAKA merupakan pusat pariwisata Malaysia. Berbagai peristiwa yang berkaitan dengan pelancongan, diawali dari Melaka. Berdasarkan sejarah yang hingga kini jadi kebanggaan Malaysia, kemajemukan masyarakat setempat merupakan embrio turisme. Lebih dari 450 tahun, Malaysia dijajah bangsa Portugis. Selain itu, Melaka diduduki berbagai bangsa seperti Inggris, Belanda, Jepang, Cina, Jawa, Aceh dan Sriwijaya. Dengan demikian tidak heran, dibalik keragaman budaya dan adat istiadat Melaka menjadi pusat kebudayaan Malaysia yang terbesar. Berbagai tradisi yang berkaitan dengan kultur di Melaka menjadi bukti sejarah. Bahwa Melaka sudah sejak lama punya daya tarik historis dengan kemajemukan adat dan kehidupan sosial.
Opini
Hijrah, Berislam Kaffah!
Kamis, 06 Oktober 2016 23:14 WIB
RESOLUSI apa yang telah kita rancang untuk tahun baru hijrah kali ini? pertanyaan ini penting untuk kita resapi dan kita jawab. Mengingat bahwa semakin tahun, kondisi bangsa  yang berpenduduk mayoritas umat Islam ini bukan semakin membaik. Namun justru sebaliknya, bangsa ini semakin terpuruk, lumpuh dalam berbagai aspek kehidupan. Lantas, apakah banyaknya jumlah umat Islam di bangsa ini tidak mampu memberikan solusi atas berbagai problematika yang melanda? Bukankah umat Islam telah Allah S.w.t. sebut sebagai umat yang terbaik?  Di sinilah, resolusi itu perlu kita rancang untuk kemudian kita pancang sebagai esensi hijrah yang sesungguhnya.
Anjuran Berpolitik dalam Islam
Kamis, 06 Oktober 2016 11:07 WIB
Oleh: Fakhrurrazi * HAWA politik kian makin dekat, dalam hitungan beberapa bulan ke depan Rakyat Aceh akan memilih pemimpin baru melalui mekanisme Pilkada Serentak 2017. Para pendukung masing-masing calon saling mempromosikan kandidatnya. Pola politik yang dimainkan oleh sebagian calon sangat miris, hal tersebut banyak kita temukan di media-media sosial.
Opini
Manfaat dan Mudharat Fly Over
Selasa, 04 Oktober 2016 18:04 WIB
KOTA-kota besar seumpama ibu kota provinsi, sebagian besar membangun Jembatan Layang (fly over) di tengah tengah kotanya. Hal ini bertujuan untuk mencegah macet akibat dari banyaknya kendaraan yang melintas. Oleh karenanya pembangunan jembatan layang itu tentunya diprioritaskan di titik macet pada persimpangan kota.
Opini
Kapitalisme Sumber Petaka, Serum Palsu Merajalela
Rabu, 28 September 2016 09:54 WIB
Wahai sodara serta sahabat Memikul amanah amatlah berat Menjadi hutang dunia akhirat Tersalah langkah membawa mudharat, (Tenas Effendy; Tunjuk Ajar Melayu II).
Haji, Merindui Rumah Allah
Senin, 26 September 2016 01:10 WIB
SAMBUTLAH haji dengan takwa dan taubat yang benar. Jangan tunda-tunda ia, sebab menundanya adalah kesesatan. Tuhanku karunialah maaf, taufik, ampunan dan kemenangan. Sungguh kemenangan adalah derajat tertinggi.
Opini
Irman Gusman Dalam Pusaran Korupsi
Senin, 19 September 2016 17:08 WIB
IRMAN Gusman (IG) Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) yang ditangkap KPK atas dugaan menerima uang suap sebesar 100 juta Rupiah dalam urusan gula impor. Namun ternyata tidak banyak yang tahu, ia dikenal juga sebagai pengamat sepak bola. Komentar-komentarnya dalam pertandingan sepakbola internasional, acap muncul diberbagai media. Bahkan media televisi juga beberapa kali mengutip komentar Irman Gusman. Selama ini ia dikenal sebagai tokoh yang acap menyuarakan sikap anti korupsi. Bahkan ia pernah mengeluarkan pernyataan yang dikutip media televisi agar koruptor dihukum mati. Pernyataan tersebut cukup menarik perhatian karena posisinya sebagai ketua DPD, ikut berperan penting dalam urusan politik. Khususnya yang berkaitan dengan aspirasi dan kepentingan pembangunan di daerah.
Menanti Agen-agen Perubahan dari Tanah Suci
Senin, 19 September 2016 13:20 WIB
RUKUN Islam kelima merupakan rukun islam paling popular. Heboh orang sekampung karena si A naik Haji. Mati ayam sekandang gara-gara sukuran pergi Haji. Sepulang Haji pakai peci putih dengan pakain putih model timur tengah. Ditambah pula dengan title H didepan nama sekaligus dipanggil pak Haji dan bu Hajah. Sampai disini semuanya sah-sah saja tak ada yang dilarang. Tapi jangan lupa segala sesuatu ditentukan oleh niat.
Husnul Khatimahkah Akhir Hayat Kita?
Minggu, 18 September 2016 08:48 WIB
KITA hidup dunia ini hanya sebagai singgahan sementara sebagai mazra"ah (tempat bercocok tanam) menuju kehidupan yang hakiki kelak nantinya. Kapan kita meninggal tidak ada seorangpun yang tahu, itu rahasia-Nya, hanya Allah SWT yang lebih tahu semuanya. Tugas kita hanya menabung dan menggapai sebanyaknya bekal untuk akhirat nanti.
Opini
Tarman Azzam, Sang Orator PWI
Sabtu, 10 September 2016 07:49 WIB
H.TARMAN AZZAM (67) yang dikenal juga sebagai Sang Orator PWI, Jumat pukul 09:23 WIT meninggal dunia di Ambon, Provinsi Maluku. Menurut salah seorang pengurus PWI Pusat Ilham Bintang, Almarhum tutup usia akibat terkena serangan jantung. Jenazahnya dibawa ke Jakarta ke rumah duka, yang beralamat di Jalan Wijaya Kusumah III/3 No. 118 Perumnas Klender, Jakarta Timur sekitar pukul 16.00 WIB. Tarman Azzam, lahir di Bangka tanggal 11 Desember 1949. Ia mempunyai isteri bernama Aas Sudiasih dan mempunyai anak bernama Moh. Iskandar.
'Nyali Besi Komjen Budi Waseso, Dia Memang Buwas'
Minggu, 04 September 2016 21:55 WIB
LUAR BIASA Komjen Budi Waseso (Buwas). Patut diacungi jempol berani melawan Tommy Winata. Kita sedikit lega, Buwas menunjukkan kelasnya. Pertama, ia bukan piaraan Cina. Umumnya Jenderal Polisi memiliki jejak menjadi piaraan Cina. Tidak semuanya memang. Namun, tidak mudah mencari Jenderal Polisi yang tak pernah jadi piaraan Cina.
Ketika Orangtua Mencium Tangan Anaknya, Salahkah?
Jum'at, 02 September 2016 08:36 WIB
Oleh Tgk Helmi Abu Bakar* Mencium tangan merupakan salah satu sunnah Rasulullah dan para sahabat. Mereka melakukannya dalam setiap kesempatan dan waktu untuk saling mendahului mencium tangan sebagai bentuk penghormatan dan kemuliaan.
Dakwah Jarang Menghargai Orang Sukses
Rabu, 31 Agustus 2016 13:18 WIB
BERDAKWAH jelas merupakan perintah agama, “Sampaikanlah walau satu ayat”. Agama merupakan pedoman utama terhadap kehidupan umat manusia agar bahagia di dunia dan di akhirat (doa yang selalu kita mohon). Dengan bahasa lain tujuan beragama agar umat sejahtera dalam ridha Allah.
Opini
Full Day School; Antara Solusi dan Ilusi
Selasa, 23 Agustus 2016 11:47 WIB
BELUM reda gejolak pro-kontra  terkait penerapan kurikulum 2013, kini dunia pendidikan kembali diterpa wacana yang tidak kalah mengguncang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang belum lama dilantik, mengeluarkan wacana full day scool (FDS). Sontak, wacana inipun bergulir cepat dengan berbagai asumsi yang menyertainya. Pendapat pro dan kontrapun tidak terelakkan. Mengingat begitu seringnya dunia pendidikan mengalami pergantian kebijakan secara spontan. Namun sayangnya tidak pernah berakhir secara tuntas dan menggembirakan. Selalu mengambang di awang-awang dengan peserta didik sebagai kelinci percobaan. Try and eror. Wajar jika kemudian muncul anggapan bahwa pemerintah tidak sepenuh hati dalam menggarap kemajuan pendidikan bangsa.
Bagi orang yang salat dhuha, maka ia akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. Hal tersebut sesuai dengan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan HR Turmudzi "Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan".
71 Tahun Merdeka, Masih Tetap Negara Berkembang
Jum'at, 19 Agustus 2016 08:14 WIB
KITA awali dengan kalimat indah presiden Amerika Serikat, Jhon F. Kennedy, kepada rakyat Amerika: “Jangan ditanya apa yang diberikan negara kepada kita, tapi tanyalah apa yang telah diberikan kepada negara”. Pesan presiden AS diatas sangat tepat ketika kita memperingati HUT kemerdekaan RI.
Opini
Budaya Liberal Mencetak Generasi Amoral
Jum'at, 12 Agustus 2016 05:36 WIB
KEMAJUAN pesat di bidang media elektronik menjadi trand tersendiri bagi generasi saat ini. pro dan kontra dengan perkembangan yang semakin canggihpun tidak dapat di tangkal. Karena alaminya memang demikian, selalu ada pro dan kontra dalam setiap perubahan. Satu hal yang pasti, Inilah perkembangan zaman pada era kini maka kita harus siap menghadapi dan menyikapi. Tidak ada yang salah dengan perkembangan zaman. Alaminya memang demikian, zaman harus terus berkembang untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Selalunya, perkembangan zaman memberikan dua penawaran yang bersebrangan. Mau memanfaatkannya untuk kebaikan atau sebaliknya? Hidup adalah pilihan.
Pengalaman London Jadikan Modal Sukses
Selasa, 09 Agustus 2016 08:30 WIB
PERTANDINGAN cabang angkat besi kelas 62kg Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (9/8/2016) pukul 19.00 WIB diikuti sebanyak 9 lifter kategori A yang mendaftarkan angkatan minimum 300kg.
www www