Home >  Artikel >  Opini
Opini
Sukses dan booming marketplace dalam jagat penjualan dan pemasaran secara online berbasis kemajuan informasi dan teknologi (IT) atau yang disebut Ekonomi Digital telah menjadi era baru di kehidupan masa kini dan ke depan. Beberapa prediksi berikut ini bahkan menjadi catatan penting untuk fenomena kehidupan di masa depan. Apa itu? 1. Bengkel perbaikan kendaraan bermotor akan hilang. 2. Mesin yang menggunakan bensin memiliki 20.000 bagian. Motor yang menggunakan listrik hanya memiliki 20 bagian. Mobil listrik dijual dengan garansi seumur hidup dan hanya diperbaiki oleh dealer. Hanya perlu waktu 10 menit untuk mencopot dan mengganti motor yang menggunakan listrik. 3. Motor listrik tidak diperbaiki di dealer tetapi akan dikirim ke bengkel perbaikan regional yang diperbaiki oleh robot. 4. Motor listrik anda yang gagal fungsi akan ditunjukkan oleh lampu yang menyala, lalu anda akan pergi ke tempat yang menyerupai mesin cuci mobil, dan mobil anda akan ditarik sementara anda ngopi dan motor/mobil anda akan diganti dengan yang baru. 5. SPBU atau pompa bensin akan hilang. 6. Meter parkir akan digantikan oleh meter dispenser listrik. Banyak perusahaan akan memasang stasiun isi ulang listrik; sebenarnya hal itu sudah dimulai. 7. Kebanyakan pabrik kendaraan (yang cerdas) telah mengalokasikan uangnya untuk mulai membangun pabrik yang hanya membuat mobil listrik. 8. Industri batu bara akan hilang. Perusahaan minyak dan gas akan hilang. Pengeboran minyak akan hilang. Ucapkan selamat tinggal kepada OPEC. 9. Rumah-rumah akan menghasilkan dan menyimpan energi listrik pada siang hari dan akan menggunakan serta menjual listriknya ke grid. Grid akan menyimpan dan menyalurkannya ke industri yang banyak menggunakan listrik. Apakah anda sudah melihat atap Tesla? 10. Bayi sekarang hanya akan melihat mobil pribadi di museum. Masa depan mendekati kita lebih cepat daripada yang bisa kita tangani. 11. Pada tahun 1998 Kodak memiliki 170.000 pegawai dan menjual 85% foto kertas di seluruh dunia. Hanya dalam beberapa tahun model bisnis mereka hilang dan mereka bangkrut. Siapa yang mengira itu akan terjadi?
PENYELESAIAN kasus ketenagakerjaan di PHI (Pengadilan Hubungan Industrial) ternyata tidak begitu efektif dalam menyelesaikan masalah dan menghasilkan sebuah kepastian. Walaupun sudah memiliki kekuatan hukum tetap tetapi STIE IBBI tidak kunjung menjalankan putusan Mahkamah Agung Nomor 46 K/Pdt-Sus-PHI/2019 Nomor 258/Pdt-Sus-PHI/2017/PN Medan Tanggal 31 Januari 2019.
Mendambakan Keadilan Sosial
Rabu, 26 Februari 2020 20:10 WIB
Syukur-Alhamdullilah, saya beruntung tergolong warga Indonesia yang bisa menikmati nikmatnya kemerdekaan Indonesia. Namun sayang setriliun sayang, tidak semua sesama warga Indonesia seberuntung saya.
MENCERDASKAN kehidupan berbangsa merupakan tugas dan tanggungjawab pemerintah sesuai amanah UUD 1945 sebagai sebuah cita-cita mulia dan tujuan bernegara.
SELAIN festival yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah di Provinsi Sumut maupun Otorita Danau Toba, ternyata pesta pernikahan juga dapat mendongkrak wisatawan ke Danau Toba.
Makanan ini Bisa Percepat Kehamilan
Minggu, 16 Februari 2020 10:00 WIB
Apa-saja kandungan dari makanan yang dapat berpengaruh baik dalam terjadinya kehamilan? Dan dalam makanan apa saja zat tersebut terkandung?
Makanan ini Bisa Percepat Kehamilan
Minggu, 16 Februari 2020 10:00 WIB
Apa-saja kandungan dari makanan yang dapat berpengaruh baik dalam terjadinya kehamilan? Dan dalam makanan apa saja zat tersebut terkandung?
Apa-saja kandungan dari makanan yang dapat berpengaruh baik dalam terjadinya kehamilan? Dan dalam makanan apa saja zat tersebut terkandung?
Apa-saja kandungan dari makanan yang dapat berpengaruh baik dalam terjadinya kehamilan? Dan dalam makanan apa saja zat tersebut terkandung?
Opini
Membangun Lhokseumawe
Rabu, 29 Januari 2020 12:28 WIB
Dalam tahun-tahun belakangan ini, ada kegelisahan yang mendalam pada diri saya setiap kali ada yang menyebut Lhokseumawe sebagai kota “petro dolar”. Ungkapan ini ambigu karena orang yang masih menggunakannya seperti tak menerima kenyataan. Mereka hidup di bawah bayang-bayang masa lampau.
Opini
Membangun Lhokseumawe
Rabu, 29 Januari 2020 12:28 WIB
Dalam tahun-tahun belakangan ini, ada kegelisahan yang mendalam pada diri saya setiap kali ada yang menyebut Lhokseumawe sebagai kota “petro dolar”. Ungkapan ini ambigu karena orang yang masih menggunakannya seperti tak menerima kenyataan. Mereka hidup di bawah bayang-bayang masa lampau.
Opini
Membangun Lhokseumawe
Rabu, 29 Januari 2020 12:22 WIB
DALAM tahun-tahun belakangan ini, ada kegelisahan yang mendalam pada diri saya setiap kali ada yang menyebut Lhokseumawe sebagai kota “petro dolar”. Ungkapan ini ambigu karena orang yang masih menggunakannya seperti tak menerima kenyataan. Mereka hidup di bawah bayang-bayang masa lampau.
Susahnya Berkomunikasi Melalui Handphone
Jum'at, 17 Januari 2020 20:54 WIB
KITA tahu bahwa kita sedang berada pada abad komunikasi, dimana komunikasi itu intinya informasi dan informasi intinya adalah peluang-peluang. Begitu cepat berlangsungnya proses komunikasi tersebut, tidak mengenal batas wilayah maupun negara.
Berbudi pada Bumi
Kamis, 09 Januari 2020 22:48 WIB
''MUNGKIN Tuhan Mulai Bosan, Melihat Tingkah Kita, yang Selalu Salah dan Bangga dengan Dosa-dosa, atau Alam Mulai Enggan Bersahabat dengan Kita, Coba Kita Bertanya pada Rumput yang Bergoyang''.
Opini
PEMILIHAN bupati dan wakil bupati Kuantan Singingi tahun 2020 semakin menarik untuk diikuti. Nama-nama calon bupati dan calon wakil bupati yang sudah bermunculan di berbagai media dan menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Nama-nama lama dalam perpolitikan Kuansing masih mendominasi. Walau ada juga nama-nama baru yang muncul dalam persaingan menuju kursi Kuansing 1.
Generasi Muda Sebagai Motor Penggerak Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Desa di Serdang Bedagai
SERGAI-Hari jadi Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) menjadi momentum refleksi. Bukan saja bagi Pemerintah daerah namun juga bagi masyarakat tentang sejauh mana harapan dan impian bersama mewujudkan masyarakat Sergai yang religius, moderen, koperatif dan berdaya saing.
Sejahterakah Nelayan Kita?
Kamis, 12 Desember 2019 12:40 WIB
RIAU merupakan provinsi yang kaya sumber daya alam, tidak terkecuali pada sub sektor perikanan. Wilayah Riau yang banyak dialiri sungai dan laut menjadikan setiap wilayah di Riau memiliki potensi perikanan yang sangat tinggi.
MUNGKIN bagi kebanyakan orang menganggap bahwa PILKADA (Pemilihan Kepala Daerah) hanya bicara soal menang dan kalah, juga bagi sebagian orang beranggapan bahwa pilkada adalah tempat taburan uang untuk memenangkan pertarungan kontestasi politik. Tidak salah jika pandangan itu melihat beberapa tahun yang lalu pada setiap pilkada masyarakat dihadirkan atau dipertontonkan oleh hal itu. Maka, anggapan itu bagaikan virus yang menjalar ketubuh dan menjadi penyakit yang membahayakan.
Investasi Mudah dengan Deposito
Minggu, 17 November 2019 21:00 WIB
INVESTASI dulunya sering kali dikaitkan dengan pemilik dana yang memiliki modal yang besar dengan persyaratan yang begitu rumit. Namun itu dulu, saat ini untuk berinvestasi tidak harus memiliki modal yang besar dan persyaratannya pun sangat mudah. Hanya dengan membawa kartu identitas dan uang yang akan di investasikan, kita pun sudah bisa berinvestasi.
MEDAN – Penyesuaian Iuran Program JKN-KIS mulai 1 Januari 2020 mendatang menimbulkan pro dan kontra. Ketentuan mengenai penyesuaian Iuran sendiri tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.
Tentang Iuran Kelas 3 PBPU dan BP
Kamis, 07 November 2019 16:01 WIB
SEBUAH potongan video viral hari ini. Potongan video ini dicuplik dari siaran TV milik parlemen. Video ini berasal dari rapat antara Komisi IX DPR RI dengan Kemenkes, DJSN, Dewas BPJS Kesehatan, dan Direksi BPJS Kesehatan. Rapat mulai Selasa (5/11), berlanjut Rabu, dan berlanjut lagi Kamis ini. Bahkan pada Rabu, rapat dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir hingga hampir tengah malam.
UMK dan Indonesia Maju
Kamis, 24 Oktober 2019 19:36 WIB
TEMA SDM Unggul Indonesia Maju dalam HUT ke-74 RI masih menggema hingga kini. Menyongsong Indonesia Maju memang sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, akan tetapi berbicara Indonesia Maju memiliki arti bahwa pondasi ekonomi kita haruslah kuat dan tumbuh di semua lini usaha, salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil (UMK).
Letusan Gunung Sinabung merupakan salah satu bencana yang telah mengganggu masyarakat di Kabupaten Karo dalam kurun waktu cukup panjang. Letusan ini dimulai pada tahun 2010 diawali dengan keluarnya asap dan abu vulkanik hingga naik ke level 4 awas kemudian turun kembali menjadi level 3 siaga pada pertengahan tahun 2019.
Sail Nias 2019
Kementerian- Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatera Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2019. Penunjukkan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendorong potensi wisata pulau Nias yang terpendam selama ini. Banyak sekali potensi wisata yang dapat ditemui, diantaranya yang paling terkenal adalah wisata budaya dan wisata bahari.
Turun Naik Nasib Kota Salak
Rabu, 02 Oktober 2019 17:28 WIB
Dilihat-menurut provinsi, Sumatera Utara merupakan provinsi dengan produksi salak terbesar kedua setelah Jawa Tengah. Daerah di Sumatera Utara yang dijuluki sebagai kota salak adalah kota Padangsidimpuan. Julukan ini terlihat dari Padangsidimpuan yang tidak pernah absen menjadi persinggahan untuk membeli oleh-oleh buah dengan kulit bagai sisik ular ini.
Sumpah di Bawah Asap
Selasa, 01 Oktober 2019 17:46 WIB
ADA yang berbeda pada hari Jumat pagi, tanggal 6 September 2019. Anak sekolah setingkat SD seperti Syifa dan Dimas pun ikutan berkomentar, ''wuihhh…. Banyak betul papan bunganya ya!''
Transformasi JNE di Era Digital
Senin, 30 September 2019 22:50 WIB
ERA digital adalah keniscayaan yang harus hadir setiap lini, termasuk industri logistik. Hal ini guna mendongkrak peningkatan produktivitas dan daya saing berskala internasional. Apalagi, industri logistik juga makin mendapat tempat di hati konsumen karena tumbuhnya marketplace.
Filosofi Batak dalam Perekat perbedaan
Senin, 30 September 2019 14:11 WIB
Kearifan-lokal yang baik dan positif harus terus dijaga dan dienjatawahkan dalam kehidupan bermasyarakat maupun dari generasi ke generasi. Indonesia yang beragam dan majemuk dari wilayah, agama, kebudayaan bahkan suku sudah tidak hal yang asing maupun baru lagi didalam negeri ini.
Asap Pilu Riau, Rencana atau Bencana?
Sabtu, 14 September 2019 09:37 WIB
KEBAKARAN hutan dan lahan di Provinsi Riau seolah menjadi isu tahunan. Terhitung sejak tahun 1998 hingga sekarang masalah tersebut tak kunjung usai. Ekspansi perkebunan kelapa sawit dengan cara yang tidak bijak menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran hutan dan lahan marak terjadi di tanah gambut pada kedalaman tertentu yang cenderung kering akan mudah terbakar. Tanah gambut di Provinsi Riau merupakan lapisan terdalam di dunia yang mencapai 16 meter (Mubekti, 2017). Kedalaman tersebut menyebabkan api yang menjalar hingga permukaan tanah sulit untuk dideteksi dan dipadamkan.
Sapta Pesona Kunci Kemajuan Wisata Danau Toba
Selasa, 10 September 2019 17:46 WIB
Sapta Pesona sebagai program daya dukung kepariwisataan nasional merupakan bentuk ikhtiar bersama yang harus terus dikampanyekan dan diimplementasikan dalam keseharian masyarakat untuk memikat wisatawan mancanegara (Wisman) maupun Wisnu (wisatawan nusantara) agar datang berbondong-bondong mengunjungi obyek wisata Indonesia, termasuk Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara salah satunya. Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) unggul sebagai destinasi wisata dunia, sangat didukung kesadaran Sapta Pesona yang sudah mendarah-daging di segenap sendi kehidupan masyarakatnya. Sapta (tujuh) Pesona tersebut terdiri dari tujuh unsur. Yakni, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan. Artinya, siapa saja, kapan dan dimana pun, harus menciptakan suasana aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan mempesona. Terlebih di tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan, dan pada saat melayani wisatawan. Dengan kondisi dan suasana yang menarik dan nyaman, wisatawan akan betah tinggal lebih lama, merasa puas atas pelayanan dan keramah-tamahan, plus memberikan kenangan yang indah dalam hidupnya. Sampai-sampai para wisatawan tersebut merasa perlu untuk datang kembali. Sapta Pesona dan tujuan pelaksanaannya sesungguhnya tidak hanya untuk kepentingan pariwisata semata. Menerapkan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari masyarakat mempunyai tujuan yang jauh lebih luas. Yakni mampu meningkatkan disiplin nasional dan jati diri bangsa, meningkatkan citra baik suatu tempat, daerah, maupun secara lebih luas untuk perbaikan bangsa dan negara ke depan termasuk tentunya di bidang ekonomi. “Tujuh daerah Kabupaten se kawasan Danau Toba sudah mengalami kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 85 persen dari sektor kemajuan pariwisata,” kata Menteri Pariwisata RI Arief Yahya pada Gala Dinner Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di JW Marriot Hotel Surabaya, Jawa Timur, Kamis 7 Februari 2019 silam. Pernyataan Menteri Pariwisata RI tersebut mempertegas betapa sektor pariwisata jika dikelola dengan sungguh-sungguh akan mampu memajukan suatu kawasan atau daerah dengan kalkulasi yang tepat. Tidak heran, kata Arief Yahya di depan ratusan wartawan yang menghadiri Gala Dinner HPN 2019 tersebut menegaskan, efek dari kemajuan pariwisata itu juga dirasakan Indonesia dengan Raihan peningkatan pendapatan negara terbesar di luar sektor minyak dan gas bumi (Migas). “Bahkan ke depan di tahun 2020 sektor pariwisata akan menjadi sumber penghasilan negara yang terbesar,” kata Arief Yahya optimis.
Asap Riau Duka Masyarakat Serantau
Senin, 09 September 2019 09:12 WIB
SUATU pagi, di saat anak-anak yang lain mungkin masih terlelap dalam tidur dan mungkin sedang menikmati mimpi indahnya, Syifa dan Dimas telah bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Namun saat membuka pintu, sontak keduanya menyeletuk dan bertanya, ''Pa, ini bau apa ya, Pa? Kok di hidung terasa sengak dan bau?''.
BNI iB Hasanah Card, Cara Nyaman Hindari Riba
Jum'at, 06 September 2019 22:06 WIB
Seorang nasabah Bank Syariah non muslim dari etnis Tionghoa bernama Velicia mengaku merasa nyaman menjadi nasabah Bank Syariah. Dengan polos Velicia yang owner Yuki Plaza Kota Medan Sumatera Utara itu mengaku tersanjung dengan keterbukaan manajemen Bank Syariah. Suatu ketika katanya, seorang petugas bank memberitahu kalau dirinya mendapat keuntungan bagi hasil dari transaksi perbankan syariah. “Wah ini luar biasa, terimakasih,” tuturnya dalam acara Talkshow Sistem Ekonomi Syariah Berdimensi Universal pada Pekan Ekonomi Syariah di Lapangan Merdeka Medan, Jumat 6 Oktober 2017. Velicia mengaku tertarik dengan Bank Syariah saat krisis ekonomi 1997/1998 melanda dunia. Kegiatan ekonomi konvensional (baca: kapitalis) ketika itu termasuk perbankan rontok. Yang bertahan dan tidak terpukul jatuh adalah kegiatan ekonomi berbasis syariah (Islam). “Sejak itulah, saya mengenal kehebatan ekonomi syariah lalu menyatakan diri masuk menjadi nasabah Bank Syariah hingga saat ini. “Saya nyaman dan tidak takut rugi dengan perbankan syariah karena adanya pola kemitraan dan sistem bagi hasil,” tutur Velicia. Halalkan Jual Beli Haramkan Riba Allah Subhanahu wa ta'ala (Swt) Sang Pencipta kehidupan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 275 berfirman, “Orang-orang yang makan (mengambil) riba, tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat) bahwa sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas, ”Maksudnya, tidaklah mereka berdiri (dibangkitkan) dari kubur mereka pada hari kiamat kecuali seperti berdirinya orang yang kerasukan dan dikuasai setan.” (Tafsir Ibnu Katsir, 1/708) Dalam Surat Al-Baqarah 276 Allah Swt lebih keras lagi berfirman: "Allah akan menghancurkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kemungkaran dan bergelimang dosa". Allah menghancurkan riba dalam Tafsir Ibnu Katsir maksudnya adalah harta yang diperoleh secara riba akan dimusnahkan dengan cara Allah seperti terkena musibah. Dengan kata lain, harta yang diperoleh dari cara riba menjadi tidak berkah, ada saja masalah yang terjadi dengan diri dan keluarga para pemakan riba. Sementara "menyuburkan sedekah" maksudnya Allah akan memperkembangkan harta yang dikeluarkan sedekahnya atau melipatgandakan berkahnya. "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui,". Qur'an Surat Al-Baqarah: 261. Apa itu riba? Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 1 Tahun 2004 tentang Bunga (Interesting/Fa'idah) menyebutkan, riba adalah tambahan (ziyadah) tanpa imbalan yang terjadi karena penangguhan dalam pembayaran yang diperjanjikan sebelumnya. Ulama ahli fikih Imam Nawawi dalam Kitab Al-Majmu' menyebutkan, riba adalah permintaan tambahan atas harta (piutang) disebabkan penambahan masa pelunasan. Sedangkan ulama Yusuf Al-Qardhawy dalam Kitab Fawa'id Al-Bunuk menegaskan, bunga bank adalah riba yang diharamkan. Begitu kerasnya peringatan Allah dan para ulama tentang riba, sudah semestinyalah umat Islam Indonesia introspeksi diri sekaligus segera bertaubat, lalu beraktivitas ekonomi secara syariah. Salah satunya melalui BNI Syariah. Prinsip dasar perbankan syariah jauh lebih bermanfaat dan diridhoi Allah Swt. Dengan kata lain, bank syariah merupakan jalan lurus menuju kehalalan berekonomi dengan ganjaran pahala (Surga).
MIGRASI merupakan salah satu faktor yang memengaruhi dinamika penduduk. Pola migrasi yang cenderung menuju daerah perkotaan mengakibatkan tingginya tingkat pengangguran di perkotaan di wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Provinsi Riau. Bahkan, fenomena angka pengangguran di Provinsi Riau besarnya dua kali lipat dibanding angka penggangguran di pedesaan.
SUDAH menjadi rahasia umum dalam kontestasi politik ada harga yang harus dibayar sebelum berperang, dan ada utang yang harus dibayar setelah menang.
NARKOTIKA merupakan salah satu obat atau zat alami yang dapat menyebabkan turunnya kesadaran, menghilangkan rasa sakit dan perubahan kesadaran yang menimbulkan ketergantungan secara terus menerus. Menurut data BNN, penyalahguna narkotika di kalangan siswa semakin meningkat. Salah satu implementasi yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyalahguna narkotika adalah dengan menerapkan kebijakan harm reduction di sekolah.
Mencari Pemimpin Ideal di Pilkada Serentak
Sabtu, 24 Agustus 2019 12:15 WIB
INSYA ALLAH di tahun 2020 mendatang ada sejumlah sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau dan ratusan daerah lain di Indonesia akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Tujuannya untuk memilih calon pemimpin daerah yang telah diusung koalisi partai politik.
SEORANG nenek pemulung berusia 60 tahun di Mataram, Nusa Tenggara Barat, membuat publik terharu dengan kebaikan hatinya.
Fenomena Hijrah dan Usaha EO Generasi Milenial
Senin, 19 Agustus 2019 07:02 WIB
SALAH satu ciri masyarakat era revolusi industri 4.0 adalah menginginkan sesuatu dengan instant tanpa repot. Begitu juga dalam hal penyelenggaraan acara. Oleh sebab itu, usaha event organizer (EO) menjadi salah satu usaha yang menjanjikan saat ini.
Pemuda Dalam Kemerdekaan 4.0
Sabtu, 17 Agustus 2019 09:05 WIB
74 Tahun- yang lalu Negara kita merdeka. Pekikan kata Merdeka! menyeruak ke seantero negeri. Merdeka ! Merdeka ! Merdeka ! Pada zaman perjuangan sebelum kemerdekaan hingga menunggu kemerdekaan, kata merdeka selalu diucapkan.
PERPUSTAKAAN RSUD dr Pirngadi Medan terus berbenah. Sejumlah inovasi dan strategi dalam peningkatan pelayanan di rumah sakit milik Pemko Medan terus dipacu, seiring dengan terobosan yang tengah digadang-gadangkan sebagai solusi yang nantinya berimplikasi pada meningkatnya pelayanan terhadap pasien.
Peci Hitam Masihkah Ada?
Senin, 05 Agustus 2019 11:07 WIB
SAYA masih ingat saat di sekolah rakyat dulu, pak guru memperlihatkan buku Atlas Dunia, di mana pada halaman pertama terdapat foto atau gambar profil orang-orang berbagai bangsa.
Harga Cabai Merah yang Semakin Pedas
Senin, 05 Agustus 2019 10:19 WIB
SEJAK Maret sampai dengan Juli 2019, cabai merah selalu menjadi komoditas yang menyumbang inflasi di Riau. Kenapa cabai merah selalu menyebabkan inflasi di Riau?
Khutbah dan Khatib
Minggu, 28 Juli 2019 19:19 WIB
SEBAGAI salah satu bentuk dakwah, khutbah jumat merupakan kegiatan yang paling banyak menyerap partisipasi umat. Khutbah jumat merupakan rangkaian shalat Jumat, maka setiap orang Islam laki-laki berbondong-bondong ke masjid.
Pemilihan Umum Kepala Daerah Humbang-Hasundutan 2020 :
Pemilihan- umum kepada daerah serentak tahun 2020 merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia yang menentukan keberlanjutan kehidupan kenegaraan dan menjadi pilar yang memperkokoh bangunan demokrasi di setiap daerah, khususnya kabupaten Humbang Hasundutan.
Pentingnya Sistem Merit dalam Mutasi Pejabat
Jum'at, 26 Juli 2019 08:03 WIB
SEBAGAIMANA lazimnya, setiap pergantian atau suksesi kepemimpinan di daerah seperti pergantian Kepala Daerah tidak terlepas dari isu mutasi pejabat. Mutasi pejabat sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi, namun jika dikaitkan dengan berbagai hal yang berkenaan dengan suksesi kepemimpinan, maka akan menjadi bahasan yang ramai di masyarakat.
Tambang Emas Martabe yang dikelola PT Agincourt Resources beroperasi di Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 31 Desember 2017 adalah 8,8 juta ounce emas dan 72 juta ounce perak. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe lebih dari 5 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun.
Bijak dengan Kelapa Sawit
Jum'at, 19 Juli 2019 13:46 WIB
WALAUPUN pada tahun 2018 sektor pertanian memberikan sumbangan sebesar 22,44 persen atau sebesar Rp169,49 triliun dalam perekonomian Riau yang diukur berdasarkan PDRB atas dasar harga berlaku, ternyata sebagian besar dihasilkan dari sub sektor perkebunan.
DALAM rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good gavernance) serta mewujudkan pelayanan publik yang baik, efisien, efektif dan berkualitas tentunya perlu didukung adanya sumber daya manusia (SDM) aparatur yang profesional, bertanggung jawab, adil, jujur dan kompeten dalam bidangnya.
Hari Bhakti Adyaksa ke 59 tahun
Kejaksaan merupakan satu sisi sebagai aparat hukum naungan Kejaksaan Agung Rebublik Indonesia. Penguatan kedudukan Kejaksaan perlu ditingkatkan di seluruh jajaran terutama di Kejaksaan Kab/kota dalam menjalankan tugas dan tupoksinya sebagai lembaga pelayanan hukum kepada masyarakat.
www www