Maklumat Kapolres Tapsel
Home >  Artikel >  Opini
Opini
Kisah Orang Buta Membawa Lampu
Sabtu, 24 Juni 2017 10:30 WIB
Alkisah ada seorang tuna netra berjalan di malam hari. Tangan kirinya memegang tongkat, sementara tangan kanannya memegang lampu. Orang disekitarnya menatapnya heran. Mengapa pria buta ini membawa lampu, sementara matanya tidak bisa melihat!
Waktu Adalah Nafas
Jum'at, 23 Juni 2017 11:00 WIB
Jika Anda menempatkan pola pikir  waktu adalah uang, maka sehari-hari pikiran Anda akan bertumpu pada target, aset untuk terus bertempur mendapatkan uang. Tapi jika Anda berpikir  waktu adalah nafas, maka orientasi tujuan hidup Anda menjadi berbeda. Pergunakan nafas itu untuk ibadah.
Dalam kehidupan sehari hari, ketika ada suatu problem yang mulai kehilangan jalan keluar, maka tiba-tiba orang pun nyelutuk. “Udah lah, Chin chai- chin chai lah!
Jurnalisme Warga
Buka Puasa di Tembok Besar Cina
Rabu, 21 Juni 2017 09:38 WIB
Di penghujung Ramadan ini saya masih berada di Cina sampai akhir Ramadan nanti. Artinya saya berada di Negara Tirai Bambu satu bulan penuh selama Ramadan. Ramadan akan segara meninggalkan kita beberapa hari lagi, namun kodrat seorang pelajar yang jauh dari keluarga pasti rindu dengan suasana Ramadan di kampung halaman. 
Cara Rasulullah Menyambut Ramadhan
Sabtu, 27 Mei 2017 13:24 WIB
Bulan suci Ramadhan memang bulan paling mulia, paling agung. Tak heran semua manusia ingin menyambutnya dengan cara-cara yang dianggap paling cocok dengan rasa dan selera.
Oleh: Agus Dwi Darmawan Selain didominasi kota dan kabupaten di Pulau Jawa, dalam peringkat 50 besar, kami menemukan 18 persen lokasi potensial untuk pengembangan pasar terletak di luar Pulau Jawa.
Merajut Kembali Jakartaku!
Rabu, 26 April 2017 21:43 WIB
BEBERAPA hari yang lalu, seorang aktivis perdamaian menelphone saya, kami berdiskusi mengenai kondisi anak-anak negeri ini yang terpecah belah karena Benturan Pilihan Politik.
Semua Melakukan Money Politic
Rabu, 19 April 2017 23:48 WIB
HUJAN sembako di masa tenang, tumpukan sembako menumpuk di kantor DPC PPP di Jagakarsa. Ratusan ton beras dijadikan alat money politik menjelang pilihan gubernur DKI Jakarta. Jor- joran pengerahan masa dan tabur sembako menjadi berita utama hampir di setiap media. 
Pilkada dan Inkompetensi
Senin, 17 April 2017 11:03 WIB
PASCA pemilihan kepala daerah (Pilkada) roda pemerintahan berjalan tertatih-tatih, sehingga membuat kecewa dan penyesalan masyarakat. Harapan akan pergantian kepala daerah berlanjut ke terwujudnya pemerintahan mapan atau good governance ternyata tidak lebih baik, malahan rontok di awal perjalanan.
Berwudhu pastinya tidak asing dengan istilah ini, ya berwudu adalah salah satu cara mensucikan diri dari hadas kecil. Berwudhu biasa nya dilakukan sebelum sholat guna mensucikan diri kita sebelum menghadap Sang Maha Kuasa. Namun berwudu dapat dilakukan kapan saja tidak hanya saat menjelang sholat. Berwudhu dapat dilakukan sebelum tidur, ketika hendak melakukan perjalanan, ketika kita dalam keadaan marah. Dan lainnya. Berwudhu ternyata memiliki berbagai manfaat lo teman, begitu banyak manfaat berwudhu baik untuk kesehatan maupun kehidupan kita. Beberapa Manfaat berwudhu di bawah ini tentunya membuat kita akan semakin rajin berwudhu.
Hadits 6: Halal dan Haram
Selasa, 11 April 2017 17:35 WIB
Oleh Ustaz Abdurrahman Yusuf Dari Abu Abdullah Nu'man bin Basyir ra ia berkata, sayamendengar Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan diantara keduanya ada perkara yang samar-samar (syubhat), kebanyakan manusia tidak mengetahuinya, maka barangsiapa menjaga dirinya dari hal yang syubhat itu, berarti ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya, dan barangsiapa terjerumus dalam wilayah sybhat, maka ia telah terjerumus kedalam wilayah yang haram, seperti seorang penggembala yang menggembala disekitar daerah terlarang maka hampir-hampir dia terjerumus kedalamnya, ingatlah setiap raja memiliki hima (larangan) dan ingatlah bahwa hima Allah apa-apa yang diharamkan-Nya. Ingatlah bahwa dalam jasad ada segumpal darah, jika ia baik maka baiklah seluruh jasadnya dan jika ia rusak maka rusaklah seluruh jasadnya,ketahuilah! bahwa segumpal darah itu adalah hati”. (HR:Bukhari – Muslim)  
Oleh Tgk H Luthfi Arongan (Ayah Panti) Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia dan terdapat kelebihan tersendiri di sisi Allah SWT. Dia telah menciptakan alam dan isinya serta menjadikan dalam setahun dua belas bulan yang merupakann sunnatullah (ketetapan Allah) kepada hamba-Nya.
Hadis 5: Perbuatan Bid'ah Tertolak
Selasa, 04 April 2017 10:59 WIB
Oleh Ustaz Abdurrahman Yusuf Dari ummul mukminin ‘Aisyah ra ia berkata Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa yang mengada-adakan dalam urusan agama kami ini yang bukan (berasal) dari kami, maka dia tertolak". (HR: Bukhari – Muslim). Dalam riwayat Muslim yang lain disebutkan; “Barang siapa yang melakukan suatu amal yang tidak ada perintahnya dari kami, maka dia tertolak”.
Oleh Ustadz Abdurrahman Yusuf Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Mas'ud ra ia berkata, Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nutfah, kemudian menjadi ‘alaqah (segumpal darah) selama itu juga, lalu menjadi mudhghrah (segumpal daging) selama itu juga, kemudian diutuslah Malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya lalu diperintahkan untuk menuliskan 4 hal: rizki, ajal, amal dan celaka atau bahagianya, maka demi Allah yang tiada Rabb selain Dia, ada seseorang di antara kalian yang mengerjakan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan surga kecuali sehasta saja, kemudian ia didahului oleh ketetapan Allah, lalu ia melakukan perbuatan ahli neraka dan ia masuk neraka, dan ada diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli neraka sehingga tidak ada lagi jarak antara dirinya dan neraka kecuali sehasta saja, kemudian ia didahului oleh ketetapan Allah, lalu ia melakukan perbuatan ahli surga dan ia masuk surga”. (HR: Bukhari – Muslim)
School Entepreneur di Era MEA, Sudahkah?
Sabtu, 25 Maret 2017 12:24 WIB
Oleh Qusthalani MEA merupakan akronim dari Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan kesepakatan yang lahir di Bali tahun 2003 lalu, pada saat KTT ASEAN ke-9. Dengan berlakunya MEA, pasar produk kita tidak lagi sebatas 240 juta penduduk Indonesia, tetapi sudah 615 juta penduduk di 10 Negara ASEAN. Luasnya cakupan negara-negara ASEAN tersebut berdampak pada peningkatan ekonomi di beberapa negara yang telah menandatangani tersebut.
Titik Nol Islam Nusantara
Kamis, 23 Maret 2017 10:15 WIB
Oleh Teuku Kemal Fasya Tiba-tiba terdengar kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan meresmikan Tugu Titik Nol Islam Nusantara di Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Acara itu dirangkai dengan Silaturahim Nasional Jam'iyah Batak Muslim Indonesia, 24-25 Maret 2017, di Mandailing Natal. Kabar ini dipublikasi di situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (setkab.go.id). Penentuan ini tentu tidak jatuh begitu saja. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama kabarnya ikut mendukung program Barus sebagai pusat masuknya Islam pertama di Nusantara. 
www www