Home >  Artikel >  Opini
Opini
Titik Nol Islam Nusantara
Kamis, 23 Maret 2017 10:15 WIB
Oleh Teuku Kemal Fasya Tiba-tiba terdengar kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan meresmikan Tugu Titik Nol Islam Nusantara di Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Acara itu dirangkai dengan Silaturahim Nasional Jam'iyah Batak Muslim Indonesia, 24-25 Maret 2017, di Mandailing Natal. Kabar ini dipublikasi di situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (setkab.go.id). Penentuan ini tentu tidak jatuh begitu saja. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama kabarnya ikut mendukung program Barus sebagai pusat masuknya Islam pertama di Nusantara. 
Membangun Pendidikan ala Finlandia
Rabu, 22 Maret 2017 09:37 WIB
Oleh Marthunis PADA saat Finlandia meraih kemerdekaan pada 1917, negara ini merupakan salah satu negara di Eropa yang terbelakang secara perekonomiannya. Kini setelah tepat 100 tahun usia kemerdekaan, negara dengan populasi penduduk sekitar 5,5 juta jiwa ini telah menjelma menjadi salah satu negara terkaya di Eropa bahkan di dunia. 
Hadits 3: Pondasi dan Pilar Islam
Selasa, 21 Maret 2017 10:39 WIB
Oleh Ustaz Abdurrahman Yusuf Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Khatthab ra,ia berkata; Rasulullah Saw bersabda: "Islam didirikan diatas lima perkara, yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan ramadhan dan mengerjakan haji ke baitullah". (HR: Bukhari – Muslim)
Al Ihsan
Selasa, 14 Maret 2017 09:28 WIB
Oleh: Ustaz Abdurrahman Yusuf "Bahwa ketika engkau beribadah (beramal) kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihatnya, sesungguhnya (yakinlah) Dia pasti melihatmu". Ihsaanulaah ialah beramal ikhlas, beramal rapi/tertib, beramal baik dan merasakan betul akan pengawasan Allah SWT, sehingga ibadah dan amalnya itu benar-benar semata kepada Allah, karena Allah, untuk Allah dan dalam rangka mencari keridhaan Allah SWT.
Tupoksi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat
Tidak Asal Gertak & Gebrak Meja
Senin, 13 Maret 2017 11:46 WIB
SETIAP apapun bentuk gerak rentak yang terkait kelindan dengan lembaga maupun pribadi Dewan Perwakilan Rakyat  (DPR) tingkat pusat maupun daerah pasti menjadi heboh. Dari persoalan resmi menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), hingga pernak pernik pada pergerakan, sosial kemasyarakatan sampai sisi paling pribadi kehidupan tak terkecuali bumbu-bumbu duka lara serta asmara.
Al – Iman
Kamis, 02 Maret 2017 14:07 WIB
Oleh: Ustaz Abdurrahman Yusuf Syahadah seorang muslim merupakan realisasi imannya kepada Allah SWT, kelezatannya dapat dicapai dengan adanya cinta dan ridha kepada Allah, Rasul dan Islam. Syahadatain adalah realitas iman kepada Allah SWT dan Rasul, dan konsekuensi iman kepada Allah dan Rasul adalah juga iman kepada malaikat, kitab, qiamat dan qadar baik/buruk.
Gemuk = Sehat = Bahagia, Benarkah?
Selasa, 21 Februari 2017 07:47 WIB
Oleh: Agustina, S.SiT Sekarang ini fashionable menjadi kebutuhan masyarakat, hampir setiap insan pasti menginginkannya. Tak dipungkiri, insan fashionable itu semua ingin berlomba-lomba untuk menjadi pusat perhatian orang lain. Dimulai dari bentuk tubuh yang menarik hingga gaya jalan yang menawan. 
Pemimpin Aceh di Masa Depan
Kamis, 09 Februari 2017 09:00 WIB
Oleh: Fazar Fahrozi “pemimpin adalah seorang penguasa yang memiliki nilai yang lebih dan tinggi derajatnya dari yang lain.Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memimpin dan bisa dipimpin oleh anggotanya”.             Aceh bukanlah provisi yang tergolong baru. Namun ternyata umur tua bukan suatu jaminan untuk suatu kemajuan. Kenyataan Aceh  saat ini, banyak masyarakat Aceh yang merasa tidak puas dan mengeluhkan terhadap pelayanan pemerintah saat ini. Ketertinggalan ini sering menjadi bahan diskusi dari berbagai kalangan.
Bahasa Inggris, Solusi Basis
Rabu, 08 Februari 2017 10:54 WIB
Oleh: Ghustiva Liani, SS Berapapun jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia versi data terpercaya pihak manapun-- mau ratusan, ribuan, puluh ribuan atau ratusan ribu – Terserahlah! karena bukan itu persolaan utamanya. Yang menjadi ketakutan kita semua ialah direnggutnya lapangan pekerjaan oleh TKA karena kualitas kompetensi mereka jauh lebih baik dari pribumi. 
Memperingati Hari Kanker Sedunia
Oleh Ns. Edy Mulyadi. M. Kep. RN. WOC(ET)N.CHTN   Kesehatan adalah hak setiap warga negara dan merupakan hak azasi tertinggi yang musti menjadi perhatian setiap individu. Kesehatan adalah nikmat terbesar yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada seluruh insan mulai dari lahir sampai usia lanjut. Saat ini perkembangan kesehatan di Indonesia telah berubah. Penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian terbesar dibandingkan  penyakit tidak menular, salah satunya adalah kanker. Kanker membunuh lebih banyak dari pada AIDS, Malaria, dan TBC. Bahkan Bila ketiganya digabungkan menjadi satu.
Opini
HPN 2017 di Maluku dan NKRI
Jum'at, 27 Januari 2017 20:01 WIB
HARI Pers Nasional (HPN) 2017 berlangsung di Provinsi Maluku pada tanggal 9 Febuari, yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri dan sejumlah pejabat. Pada peringatan HPN ini ditampilkan keutuhan budaya, kekayaan  alam dan kemajemukan.
Ibarat Menyimpan Apel Busuk
Sabtu, 14 Januari 2017 22:35 WIB
SETIAPorang pasti pernah merasakan sakit hati karena perbuatan orang lain, entah disengaja atau tidak disengaja. Rasa sakit yang terus disimpan akan mengakibatkan hati merasa sedih dan tidak nyaman. Apalagi jika disimpan dalam waktu yang lama, sakit hati akan menimbulkan penyakit hati yang lebih berbahaya yakni dendam. Ada sebuah kisah menarik yang patut Anda simak mengenai dendam.
Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Sandiaga Shalahuddin Uno mengaku merasa sedikit tegang dalam debat pilkada yang berlangsung. Dia tampak tidak banyak senyum seperti biasanya.
Muda, Kaya, dan Tetap Eksis
Kamis, 12 Januari 2017 10:00 WIB
JAKARTA - Masih muda, kaya, dan tetap eksis, sepertinya sudah menjadi fenomena yang yang wajar terjadi dalam 10 tahun terakhir. Mulai dari latar belakang dunia usaha, hingga latar belakang teknologi atau start up yang saat ini sedang euforia.
Opini
Hakikat Negara
Senin, 09 Januari 2017 22:45 WIB
SELAYANG pandang perlu kita lihat mengapa negara itu muncul. Bukankah Negara itu abstrak. Kita tidak pernah melihat Negara Inggris, Prancis, ataupun Indonesia, yang kita lihat hanya benderanya, orangnya, lambangnya atau merasakan ideologinya dan mendengarkan lagu kebangsaannya, serta bahasa nasionalnya.
Di Media- media muncul berita perkelahian di jalanan Jakarta, antara kader sebuah partai politik dengan kader organisasi massa. Saya tersenyum geli membaca berita serta foto-fotonya. Mungkin orang percaya begitu saja, tetapi tidak demikian bagi yang pernah atau sering berkelahi fisik.
Opini
Tragedi Kemanusiaan di Perairan Teluk Jakarta
Selasa, 03 Januari 2017 22:59 WIB
PERISTIWA yang sangat memilukan dan menyulut emosi kemanusian terjadi awal tahun 2017. Peristiwa tersebut mengakibatkan 23 orang tewas, dalam kebakaran Kapal Zahro Express di Perairan Teluk Jakarta. Selain itu 17 orang lainnya dinyatakan hilang.
Opini
MENUTUP Tahun 2016, tepatnya tanggal 5 Desember DPRD Provinsi Riau walau sempat tertunda 2 kali, akhirnya berhasil mengesahkan Perda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) tahun 2017.
Opini
Kredibilitas Rosihan Anwar Sebagai Wartawan
Kamis, 22 Desember 2016 07:28 WIB
HAJI Rosihan Anwar merupakan sosok wartawan yang konsekuen dalam berjuang melawan korupsi. Almarhum adalah pejuang pers yang gigih. Sebagai seorang jurnalis murni, keteladanannya benar-benar merupakan simbol perjuangan dalam membela kebenaran. Seorang wartawan senior, Atmadji Sumarkidjo mengatakan apa yang dilakukan Rosihan Anwar adalah cermin seorang wartawan.
Opini
Hindari Politik Adu Domba di Pilkada Serentak
Jum'at, 16 Desember 2016 23:00 WIB
APA yang diwariskan penjajah Belanda, yang selama 350 tahun di Indonesia secara fisik telah berakhir. Akan tetapi dari sisi mental dan moral masih membekas di bumi jajahan Belanda ini. Peristiwa seperti yang berbau Sukuisme, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA) belum seluruhnya hapus dari persada. Sehingga dengan mudah sesama suku dan kelompok masyarakat dipecah belah. Mulanya melalui isu-isu yang kelihatannya sepele, tapi karena ditiupkan terus menerus menjadi meluas. 
MEDAN - Bioskop di Medan pernah berjaya dan dibanjiri penonton. Seiring berjalannya waktu, tahun 1990-an, adalah tahun sangat sulit bagi perfilman Indonesia. Produksi film menurun drastis dimana penonton film Indonesia juga turun. 
www www