LANGKAT- Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menghadiri pelantikan pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Langkat, di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Senin (05/02/2024). APSI Kabupaten Langkat melantik 39 pengurus anggota periode 2023-2028. Tema yang diambil dalam pelantikan kepengurusan APSI ini yaitu "Pengawas Profesional, Bermartabat dan Sejahtera".

Ketua panitia penyelenggara Afrudi, M.A
menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Plt. Bupati Langkat.

"Saya sebagai ketua panitia berterimakasih sebesar-besarnya karena acara ini bisa terselenggara berkat bantuan dana dari Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH," ucapnya.

Selanjutnya Pembacaan Surat Keputusan dan Susunan pengurus DPD APSI Kabupaten Langkat dan Penandatanganan Berita Acara Pelantikan.

Dalam kepengurusan ini Plt. Bupati Langkat diangkat sebagai penasehat APSI Kabupaten Langkat dan ketua terpilih APSI periode 2023-2028 Basyaruddin, S.Pd., M.Pd.

Ketua APSI Kabupaten Langkat Basyaruddin, S.Pd., M.Pd dalam kesempatannya menyampaikan 2 peran APSI di era 4.0.

"2 peran penting yang harus kami jalankan di era 4.0 yaitu sebagai seorang trainer dan seorang mentor. APSI berkomitmen memajukan dunia pendidikan Kabupaten Langkat," tambahnya.

Ketua APSI Sumatera Utara Ahmad Lubis, S.Pd ., M.M ingin APSI Kabupaten Langkat meningkatkan peran pengawas.

"Jadikan APSI sebagai wadah dan tingkatkan peran pembelajaran. Mari kita saling menguatkan dan membesarkan organisasi ini agar pendidikan di Kabupaten Langkat ini semakin baik dan semakin berkualitas" harapnya.

Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin menjelaskan menurut ilmunya tentang pendidikan di Kabupaten Langkat.

"Lurus tidaknya pendidikan kabupaten Langkat ada ditangan pengawas. Makannya hari ini saya tempatkan acara ini di Jentera Malay karena pengawas sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk pendidikan Kabupaten Langkat," ucapnya.

"Saya pesankan kepada pengawas jadikan generasi muda kabupaten Langkat yang bermoral dan mempunyai skill yang siap untuk masa depan," tambahnya.

Syah Afandin ingin APSI juga menjadi pengawas untuk guru honorer. "Saya mau semua guru Honorer di tahun saya ini, menjadi PPPK tahun 2024 ini. APSI bertugas awasi jangan sampai ada yang bermain disitu.

Awasi benar benar persyaratan yang benar benar layak. Jangan yang tidak bisa mengikuti persyaratan dibuat bisa. Semoga APSI bisa membantu mengawasi hal tersebut," ucapnya.

Dirinya nanti akan mengundang Dirjen Kemendikbud untuk memberikan motivasi dan semangat untuk para guru honorer di Kabupaten Langkat.

"Selamat kepada kepengurusan APSI periode 2023-2028 semoga bisa membawa dunia pendidikan Kabupaten Langkat lebih baik lagi," harapnya.

Turut Hadir Ketua APSI Sumatera Utara Ahmad Lubis, S.Pd ., M.M, Plt. kadis Kominfo H. Sutrisuanto, S.Sos, M.AP, Perwakilan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Langkat, Dandim 0203 LKT diwakili Danramil 07 Stabat Edi, Ketua APSI Kabupaten Langkat dan pengurus, Ketua KNPI Kecamatan Stabat, dan Ketua PP kecamatan Stabat. *