PADANGSIDIMPUAN - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Padangsidimpuan Faisal, SH, MH mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), dan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) atas dukungan dalam penegakan hukum di wilayah tersebut, Senin (22/1/2024). Dalam sambutannya, Faisal memohon doa karena dirinya yang merupakan alumni Padangsidimpuan dapat bertugas di pusat dan juga berharap untuk istiqomah menjalankan tugasnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan yang mungkin terjadi selama kepemimpinannya dan kepada ketua PN yang baru, Silvianingsih, SH, MH, dirinya mengucapkan selamat bertugas.

"Selamat bertugas kepada Ibu Silviningsih, Ketua PN Padangsidimpuan," ucapnya.

Selanjutnya, Silvianingsih, SH, MH, yang akan mengambil alih kepemimpinan, menyampaikan rasa bahagia dan bersyukur atas sejarah baru yang akan diukir.

Ia menjelaskan, dirinya merupakan hakim perempuan pertama di PN Padangsidimpuan setelah 20 hakim sebelumnya adalah laki-laki.

Silvianingsih mengungkapkan ini suatu penghargaan sekaligus tantangan besar dalam menjalankan amanah sebagai Ketua PN Padangsidimpuan yang baru.

"Saya pernah menjadi ketua pengadilan negeri di Langsa, namun PN Padangsidimpuan mencakup wilayah Padangsidimpuan, Tapsel, dan Paluta, ini merupakan suatu tantangan," ujar Silvianingsih.

Ia merasa terharu, kedatangannya disambut secara adat dan kekeluargaan.

Menurutnya, Padangsidimpuan adalah kota yang agamais dan ramah.

Silvianingsih yakin bahwa dengan koordinasi yang baik, berbagai problematik hukum dapat diatasi bersama.

Sebagai pemimpin baru, ia berkomitmen untuk menjaga tradisi keberagaman dan keakraban dalam melayani masyarakat hukum.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe mengatakan, datang untuk bertemu dan pergi untuk berpisah menurutnya adalah hal yang biasa terjadi.

Pergantian pejabat adalah suatu dinamika organisasi dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya memperkaya pengalaman tugas, memperluas wawasan dan pengetahuan serta keterampilan di bidang kepemimpinan, maupun pengembangan karir.

"Rasanya memang berat untuk melepas dan berpisah, yang disebabkan rasa persaudaraan serta silaturahmi yang telah terjalin selama inj, namun karena tugas meskipun berat haruslah tetap kita jalani dan laksanakan," ucap Letnan Dalimunthe.

Ia juga menyampaikan, atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Kota Padangsidimpuan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua PN yang lama Faisal, SH, MH yang telah mendharma baktikan tenaga, pikiran serta perannya, sesuai dengan tugas dan fungsi di PN Padangsidimpuan.

"Mudah-mudahan, pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan selama bertugas di Kota Padangsidimpuan akan menjadikan pengalaman dan memberikan motivasi positif dalam mengemban tugas ditempat yang baru," ujarnya

"Dan kami juga mengucapkan selamat bertugas di Kota Padangsidimpuan kepada ibu Silvianingsih sebagai ketua PN yang baru, keberadaan ibu tetunya bukan hal yang baru bagi kami, kami yakin ibu ketua akan memberikan warna tersendiri, motivasi baru dan tentunya perubahan yang lebih baik lagi," tambah Letnan Dalimunthe.***