BATUBARA - Kalapas Labuhan Ruku mengikuti kegiatan penutupan rekonsiliasi keuangan semester II Tagun 2023di Hotel Mariana, Samosir, Kamis (11/1/2024).  Kegiatan  di hadiri oleh Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Mhd Jahari Sitepu. Kegiatan rekonsiliasi, yang berlangsung mulai tanggal 8 hingga 11 Januari 2024, menjadi perwujudan komitmen Kanwil Kumham Sumut dalam menciptakan laporan keuangan yang tidak hanya akurat, tetapi juga transparan dan akuntabel.

Jahari Sitepu menyampaikan bahwa proses ini bukan hanya menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas, tetapi juga merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme para operator dalam mengikuti Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa tahapan penyusunan laporan keuangan Semester II Tahun 2023 telah berhasil diselesaikan dengan hasil yang memuaskan. Kini, kami memasuki tahap berikutnya, yaitu mengevaluasi dan merumuskan langkah-langkah perbaikan guna mencegah temuan yang sama terulang di masa yang akan datang," Ujar Jahari.

Proses rekonsiliasi ini bukan hanya sekadar sebuah kewajiban pelaporan, melainkan juga sebagai wadah sinergi dan kolaborasi di antara semua komponen Kantor Wilayah. Para peserta diharapkan dapat mengambil pembelajaran dari tahapan yang telah dilalui, menciptakan kerangka kerja yang lebih efisien, serta mendukung pertanggungjawaban anggaran sesuai dengan regulasi yang berlaku.
Melibatkan perwakilan operator yang bertanggung jawab pada bagian keuangan dan dari setiap satuan kerja.

Kanwil Kumham Sumut berhasil mencapai tujuan utama terselenggaranya kegiatan rekonsialisasi diantaranya telah menyusun laporan keuangan yang akurat, transparan, dan tepat waktu. Jahari berharap keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh entitas di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, penutupan rekonsiliasi keuangan ini mencerminkan komitmen Kanwil Kumham Sumut untuk menjaga integritas keuangan dan memenuhi standar akuntabilitas yang tinggi.

Kalapas Labuhan Ruku, Alexa berharap setelah kegiatan rekon ini, Operator BMN dan Bendahara dapat meningkatkan kinerjanya kedepannya untuk mencapai seluruh rencana kerja dan terget kerja yang telah dibuat.