LANGKAT - Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar se-Kabupaten Langkat, Kamis (23/11/2023) di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat.


Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, H. Amril, menyampaikan, rapkor ini untuk meningkatkan koordinasi dengan pihak atau lembaga terkait mengenai penanganan konflik tugas dan fungsi Masing-masing.

"Kemudian mendeteksi diri permasalahan yang akan timbul di lapisan masyarakat yang bisa mengakibatkan terjadinya konflik dan mengupayakan pemulihan pasca konflik dengan sebaik-baiknya apabila ada terjadinya konflik," ujarnya.

Selain itu, dia juga menyebut, tujuan lain dari rakor yakni mengambil langkah-langkah cepat dan tegas serta profesional dalam menangani konflik yang terjadi.

Sementara, Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, menyampaikan pelaksanaan rapat koordinasi perkopimda, perkopincam dan unsur 3 pilar Se- kabupaten Langkat pada hari ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 tentang forum koordinasi pimpinan di daerah serta peraturan Bupati Langkat Nomor 10 Tahun 2023 tentang forum koordinasi pimpinan daerah dan forum koordinasi pimpinan kecamatan.

"Melalui peraturan tersebut diharapkan dapat memberikan umpan balik yang baik bagi jalannya roda pemerintahan dan seluruh rencana pembangunan di daerah serta dapat meminimalisir terjadinya konflik dan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat dan juga mampu menyelesaikan masalah faktual di daerah dalam rangka kelancaran penyelenggaraan urusan pemilihan umum dan pembangunan daerah," terangnnya.

Dia juga mengajak untuk tetap berkomunikasi dan berkoordinasi secara intens.

"Terhadap semua kejadian dan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Langkat dan segera menyampaikan laporan cepat kepada pimpinan yang lebih tinggi," harapnya.

Hal ini menjadi penting untuk menjaga stabilitas dan kondusitas wilayah kabupaten Langkat, sehingga dengan terwujudnya keamanan dan ketertiban.

Dandim 0203/LKT Letkol Inf.M.Eko Prasetyo menyampaikan, apabila ada hal yang terjadi atau pun kerawanan konflik sosial di masyarakat menjelang pemilu 2024, semuanya harus bergerak cepat dan tanggap, sehingga bisa diminimalisir kerawanan tersebut dan terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah tersebut.

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SIK SH menyampiakan hal senada dengan Dandim 0203/LKT untuk terus meningkatkan kondusifitas wilayah di Kabupaten Langkat.

"Saya patut memberikan apresiasi memberikan penghormatan yang lebih kepada rekan-rekan kepala desa Babinsa dan babinkamtibmas kenapa demikian karena sejatinya kondusif tidaknya Langkat ini semua itu ada di tangan rekan-rekan sekalian tiga pilar yang ada di Langkat ini," ucapannya.

Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin SE berterima kasih kepada seluruh masyarakat baik Forkopimcam ataupun 3 pilar karena sudah betul-betul menjaga desa dan mengkondusifkan daerah.

"Kedepannya kita lebih tingkatkan lagi untuk kesejahteraan masyarakat di setiap desa jika dusun bersatu maka tercipta desa yang aman sehingga terciptanya Langkat yang aman tentram sertakondusif," harapnya.