LANGKAT - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Langkat mengumumkan juara Lomba Penyelesaian Sengketa Antar Peserta Pemilu (PSAPP) 2024 melalui video simulasi, Rabu (22/11/2023). Pengumuman tersebut disampaikan usai rakor dengan panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwaslucam) se-Langkat di Stabat Seafood Jalan KH Zainal Arifin, Stabat.

Komisioner Bawaslu Langkat Kordiv Sumber Daya Manusia Organisasi (SDMO) Rika Sari
mengatakan, pembuatan perlombaan video singkat berdasarkan instruksi Bawaslu RI ini dimulai sejak 11-20 Oktober kemarin.

"Untuk kabupaten Langkat 18-20 Oktober 2023. Pesertanya panwaslu kecamatan dan telah diseleksi dan dinilai," ujar Rika.

Sementara, Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Muhammad Abdul Hakim SPd menambahkan dari 23 panwaslu kecamatan semua baik, namun ada yang terbaik meski ada beberapa kecamatan yang masih perlu pembenahan alur dan penyesuaian durasi.

"Butuh kejelian dan pemahaman serius tentang penanganan sengketa antar peserta pemilu, sehingga prosesnya cepat dan tidak berkembang," urainya.

Video singkat dimaksud berdurasi 5 menit dan diharapkan seluruh Panwaslucam memahami dan dengan sigap serta dapat dipraktekkan saat terjadi sengketa di lapangan.

Adapun pemenang lomba ini yakni Panwaslucam Binjai, Bahorok dan Secanggang.

Sementara, untuk juara harapan 1 diraih Panwaslucam Gebang, Harapan 2 diraih Kecamatan Selesai dan harapan 3 diraih Kecamatan Kuala, dan masing-masing Juara menerima sertifikat.

Hadir saat rakor, komisioner Komisi Pemilih Umum (KPU) Langkat, Muhammad Khair, kordinator sekretariat (korsek) Bawaslu Langkat, Rudianto Siagian S Sos serta staf.*