ASAHAN - Sebagian titik lokasi di wilayah Kabupaten Asahan bagian atas akan dipadamkan oleh pihak PT PLN ULP Simpang Kawat, UP3 Rantau Prapat pada Jumat besok (22/9/2023) dari pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB. Hal itu disampaikan oleh Manager PT PLN ULP Simpang Kawat, Mujibur Rahman kepada Gosumut.com, Kamis (21/9/2023).
 
Mujibur Rahman menegaskan, wilayah Asahan atas yang dimaksud meliputi 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Rakyat, Kecamatan Aek Songsongan, Kecamatan Rahuning dan Kecamatan Bandar Pulau.
 
Adapun titik lokasinya secara detail adalah di sekitaran Jalan Lintas Sigura-gura, Pulo Rakyat Pekan, Pulo Raja, Stasiun Pulo Raja, Padang Pulo, Parleangan, Haunapitu, Buntu Maraja, Gajah Sakti, Pondok Baru, Desa Manis, Sidomulyo, Kompi 126 P. Raja, Desa Baru, Kebun Bambu, Perkebunan Socfindo, Bandar Pulo Pekan dan Gunung Berkat.
 
Selain itu, kata Mujibur Rahman, juga Aek Nagaga, Gunung Melayu, Gonting Malaha, Aek Songsongan, Kampung Wetan, Kampung Napa, Rambung Merah, Pargambiran, Perkebunan Bandar Selamat, Aek Tarum, Persaguan, Huta Rao, Pinggul Toba, Haboko, Godong-godong, Aek Nagali dan sekitarnya.
 
Diterangkannya, bahwa dilakukan pemadaman bertujuan untuk pemeliharaan jaringan listrik khususnya di daerah yang sudah ditentukan.
 
"PLN melakukan pemeliharaan berkala pada peralatan di jaringan listrik dan perintisan pohon di sekitar jaringan listrik untuk mengurangi potensi padamnya listrik karena tertimpa dahan pohon. Apalagi saat ini kondisi cuaca ekstrem, diketahui saat ini musim hujan," tuturnya.
 
Untuk itu, Mujibur Rahman menghimbau kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dalam menjaga keandalan dan keselamatan kelistrikan, demi kenyamanan bersama.
 
"Kami harap, masyarakat turut membantu kami dengan tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik untuk menghindari benang layang-layang tersangkut di jaringan listrik yang berpotensi menyebabkan gangguan aliran listrik dan aktif menyampaikan kepada PLN apabila menemukan potensi-potensi yang dapat menyebabkan terganggunya aliran listrik," tuturnya.
 
Karena menurut Mujibur Rahman, pemadaman listrik ini tentunya dapat mewujudkan pelayanan listrik yang lebih baik kepada para pelanggan.
 
"Kami memohon maaf kepada para pelanggan atas terganggunya aktivitas masyarakat yang diakibatkan dari pemadaman listrik yang kamu lakukan. Hal itu kami lakukan demi yang terbaik untuk kedepannya," ujarnya.