PADANGSIDIMPUAN - Kapolres Padangsidimpuan, AKBP. Dudung Setyawan, S.H, S.IK, MH menyampaikan ungkapan apresiasi pada Polwan Polres Padangsidimpuan. "Di Polres Padangsidimpuan sendiri, kita patut berbangga. Karena, seorang Polwan, Ibu AKP Maria Marpaung, SE, MM bisa menjabat Kasat Reskrim, yang notabenenya merupakan tugas yang tak mudah. Namun Ibu AKP Maria Marpaung, bisa menunjukkan bahwa ia mampu menjalankan tugas dengan baik,” tutur Kapolres usai kegiatan syukuran HUT Polwan ke-75 yang diikuti secara virtual di Aula Polres Padangsidimpuan dari Mapolda Sumut, pada Senin (4/9/2023) pagi.
 
Sebelum itu juga kata AKBP Dudung, Polres Padangsidimpuan juga pernah dipimpin AKBP Juliani Prihartini, S.IK, MH. Yang selama kurang lebih dua tahun, mampu memimpin Polres Padangsidimpuan dengan baik, meski melewati masa pandemi Covid-19.
 
Oleh karenanya, AKBP Dudung berharap, prestasi-prestasi Polwan sebelumnya hendaknya menjadi inspirasi dan motivasi, untuk mengembangkan diri bagi seluruh personel Polres Padangsidimpuan.
 
AKBP Dudung juga berpesan ke seluruh Polisi Wanita (Polwan) di wilayah hukumnya agar berkolaborasi dengan Polisi Laki-laki (Polki) dalam menciptakan Pemilu Damai di Tahun 2024 mendatang.
 
Selain kolaborasi untuk ciptakan Pemilu damai, lanjut Kapolres, Polwan khususnya di Polres Padangsidimpuan harus lebih tangguh dan jangan mau kalah dengan Polki (Polisi laki-laki) Sebab, tugas-tugas Polri dimasa yang akan datang juga akan makin berat.
 
“Kami juga berharap, kinerja dan prestasi Polwan Polres Padangsidimpuan ke depan lebih maksimal,” harap AKBP Dudung.
 
Lebih lanjut, AKBP Dudung menegaskan, bahwa selaku orang nomor satu di Polres Padangsidimpuan, ia sangat mendorong Polwan untuk mengembangkan diri. Ia juga mendukung Polwan untuk mengembangkan diri dan keterampilannya.
 
“Hal itu, semata-mata guna mewujudkan institusi Polri yang Presisi,” imbuhnya.
 
Diusianya yang ke-75, menurut Kapolres, Polwan pastinya sudah lebih matang dan percaya diri bertugas dengan Polki. Pada awal kemunculannya, Polwan khususnya menangani kasus yang berkaitan dengan perempuan dan anak.
 
Namun, kata Dudung, seiring berjalannya waktu, tugas Polwan dalam melayani masyarakat, kian meningkat.
 
Mulai dari penanganan ranah wanita dan anak, kenakalan remaja, pidana umum, hingga Narkotika, yang semua tugas itu setara dengan Polki.
 
“Terakhir, kami ucapkan sekali lagi, selamat Hari Jadi Polwan ke-75. Tetaplah berkiprah demi mewujudkan Indonesia yang maju di kemudian hari,” pungkas AKBP Dudung, menutup.
 
Sebagai informasi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H, S.IK, MSi, memimpin HUT Polwan ke-75 ini secara virtual.
 
HUT Polwan ke-75 ini, mengusung tema : “Polri Presisi untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju.
 
Tampak hadir, Ketua Bhayangkari Cabang Padangsidimpuan, Ny Liza Dudung Setyawan, Waka Polres Padangsidimpuan Kompol Maju Harahap, S.H, Kabag SDM Polres Padangsidimpuan AKP Alexander Piliang, SH, MH, Kasat Lantas Polres Padangsidimpuan, AKP Junaidi, SH serta para Polwan se-jajaran Polres Padangsidimpuan.***