MADINA - Pemilihan calon kepala desa di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) seraca serentak, dinyatakan berjalan dengan aman dan baik, Senin (21/8/2023). Pada pelaksanaan Pilkades tersebut ada sebanyak 256 desa yang tersebar di 23 Kecamatan Kabupaten Mandailing Natal.

"Proses pelaksanaan pemilihan kepala desa ini sesuai dari pemantuan kita aman dan damai, diantara calonnya juga sudah melakukan upaya menyatukan dan memperlihatkan kekompakan dan terlihat wajah beberapa calon," kata Bupati Madina Muhammad Jafar Sukhairi Nasution disaat mengunjugi TPS pencoblosan pemilihan kepala desa di Kecamatan Panyabungan Utara.

Pada peninjauan Bupati Madina itu juga turut dihadiri, Kabidkum Polda Sumut, Dandim 0212 TS dan asisten serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Madina.

Namun dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Madina pada tahun 2023 ini telah juga ditemukan adanya surat suara yang salah cetak. Sehingga waktu pencoblosannya ditunda.

Informasi yang dihimpun, surat suara calon kepala desa yang salah cetak tersebut ditemukan ada sebanyak enam desa yakni Desa Gunung Tua Jae, Gunung Barani Kecamatan Panyabungan, Desa Maga Lombang Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Desa Hutarimbaru Kecamatan Ulupungkut, Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara serta di Desa Lubuk Bondar Panjang Kecamatan Batang Natal.

"Hal itu lebih cenderung kita dari pemerintahan daerah mengakui dan mohon maaf itu human error, ada kesalahan cetak penempatan nomor (Cakades di surat suara). Dan alhamdulillah PMD dan panitia bergerak cepat untuk memperbaikinya," akunya.

"Kemudian Desa Gunung Tua Jae barang kali besok (Selasa 22/8/2023) akan melaksanakan pencoblosan calon kepala desanya. Sementara yang lima desa itu hari juga akan melaksanakan pencoblosan," imbuh Bupati.

Selanjutnya Bupati Madina juga mengapresiasi antusias warga dalam menyampaikan hak suaranya di tempat pemungutan suara. Bupati juga memberikan apresiasi kepada pihak keamana, TNI dan Polri karena telah melakukan pengamanan di TPS di 23 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal.