PADANGSIDIMPUAN - Untuk menyukseskan Pilkades serentak yang aman dan kondusif, Polres Padangsidimpuan menggelar latihan Simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Latihan digelar di Alaman Bolak jalan Sudirman, Kecamatan Padangsidimpuan utara, Senin (21/8/2023). Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, SH, S.IK, MH, mengatakan, peragaan simulasi pengamanan TPS ini dilakukan guna mempersiapkan personil pengamanan, baik dari Kepolisian, TNI dan Pemerintah Kota padangsidimpuan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan pada pelaksanaan tahapan Pilkades yakni pemungutan suara dan penghitungan suara.

"Simulasi ini bertujuan untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada 24 Agustus 2023 mendatang di 42 Desa yang berada di wilayah Hukum Polres Padangsidimpuan," sebut AKBP Dudung.

Dengan demikian, kata AKBP Dudung, personil yang terlibat pengamanan di sejumlah TPS maupun yang stand-by, benar-benar memahami tugas dan tindakan apa yang dilakukan jika terjadi potensi gangguan Kamtibmas atau gangguan kerusuhan.

AKBP Dudung menambahkan, Polres Padangsidimpuan beserta jajarannya siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak dan Simulasi tersebut bagian dari pemantapan persiapan pengamanan menjelang pesta Demokrasi.

“Kepolisian tentu memiliki tanggung jawab besar dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak yang aman dan kondusif Dan kegiatan ini merupakan bentuk kesiapan Polres padangsidimpuan untuk menciptakan Kamtibmas yang aman, lancar dan damai,” ujar AKBP Dudung.

Pihaknya mengimbau semua pihak membantu menjaga situasi tetap kondusif dan menghindari konflik yang dapat membelah persatuan kesatuan di tengah warga.

Dalam Simulasi yang digelar nampak menampilkan berbagai adegan yang mengarah pada potensi ancaman gangguan Kamtibmas yang melibatkan massa banyak dan penanganan terhadap massa yang melakukan percobaan kerusuhan berikut penanganan efektif dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota Padangsidimpuan sehingga situasi menjadi kondusif kembali.

Simulasi Pengamanan Pilkades yang dilaksanakan di Alaman Bolak tersebut dipimpin Kabagops Kompol Saut Silitonga yang dihadiri Waka Polres Kompol Maju Harahap, Kabagren Kompol Patar Manurung, Kasat Samapta AKP T Saragih, Kasat Lantas AKP Junaidi, dan para Perwira dan Brigadir Polres Padangsidimpuan.***