MADINA- Todung Muliya Lubis berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Dalam kunjungannya itu ia disibukkan mengunjungi beberapa tempat proyek pembangunan, termasuk Bandara Jendral Abdul Haris Nasution di Kecamatan Bukit Malintang. Todung Muliya Lubis juga mengunjungi pembangunan rumah sakit di pelataran komplek perkantoran Payaloting, Kecamatan Panyabungan. Duta besar Indonesian untuk Neworgia dan Isalandia itu pun mengunjugi dua titik lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah di Kecamatan Siabu dan Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Madina.
 
Dalam perencanaan pembangunan PLTA tersebut, Todung Muliya Lubis merencanakan akan membawa investor dari Norwegia dan sejumlah perusahaan nasional untuk mengkaji lebih dalam.
 
Pendiri lembaga hukum The Law Office of Mulya Lubis and Partners (Lubis Santosa and Maulana Law Offices) itu diketahui menginjakkan kakinya ke kampung halamannya Kabupaten Madina tersebut diketahui pada Sabtu 18 Maret 2023 kemaren. Pulang kampung mantan pengacara itu juga ditemani seorang putri.
 
Dalam riwayat hidupnya, Todung Muliya Lubis lahir di Muara Botung, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Madina pada tahun 1949, saat ini uisanya sudah menginjak 73 tahun.
 
Dalam pemerintahan Sukhairi - Atika ini, Dubes Duta besar Indonesian untuk Neworgia dan Isalandia itu diangkat menjadi Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Kabupaten Madina.
 
Todung Muliya Lubis mengatakan untuk Kabupaten Madina ini mesti harus dibangun bersama-sama secara bergandengan tangan.
 
Todung juga mengutarakan bahwa dalam memberikan dukungan untuk pembangunan Kabupaten Madina tak bakalan surut dan tidak akan memilah, siapapun yang memimpin Kabupaten Madina sekarang ini atau kedepannya. Karena jiwanya saat ini kata Todung sudah diatas politik.
 
" Nah kita masih punya kampung halaman dan inilah mesti kita bangun sama-sama, saya selalu mengatakan kawan -kawan saya di Jakarta, sesepuh kita di Jakarta mari kita bekerja sama bergandengan tangan membantu apa yang bisa kita bantu demi Mandailing Natal," Katanya pada sambutanya di jamuan makan malam di Rumah Dinas Bupati Madina, Senin (20/2023).
 
"Ketika kita punyak Bupati yang baru Pak Sukhairi yang juga saya kenal sejak menjadi Wakil Bupati. Saya mengatakan siapapun dia, saya akan mendukung karena saya sudah diatas politik, dions pollitic buat saya itu apakah dia PKB, Golkar atau yang lain lain, selama dia untuk masyarakat Madina pembangunan kita bantu semaksimal mungkin dan kita tetap membangun bersinergi dengan kawan kawan di Jakarta untuk pemerintahan di Madina , apa yang bisa kita lakukan tetap kita lakukan, " ujranya. 
 
Selanjutnya Todung mengucapkan bahwa di Kabupaten Madina ini banyak sekali potensi yang bisa dikemabangkan. Meski demikian dia tak akan memberikan angin surga, karena semua orang tetap mempunyai keterbatasan jaringan.
 
"Kita punya keterbatasan semua yang kita punya. Walaupun kita punya koneksi tak mungkin kita bisa lakukan semua dan kita harus membuat prioritas yang mana yang mungkin. Sekali lagi meski saya usaha maksimal tapi saya hanya menjanjikan apa yang mungkin kita lakukan," imbuhnya.