LANGKAT - Kajari Langkat menegaskan siap membantu kegiatan HPN (Hari Pers Nasional) 2023 yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar. "Benar, kami pasti membantu, karena PWI adalah mitra kami. Apalagi, selama ini sudah terjalin hubungan kemitraan yang baik, sehingga hal itu harus terus dipertahankan dan ditingkatkan," ujar Kajari Langkat, M. Abeto Harahap, SH, MH, didampingi Kasi Intel Sabri Fitriansyah Marbun, SH saat pengurus PWI Kabupaten Langkat dan panitia pelaksana kegiatan HPN (Hari Pers Nasional) 2023 beraudiensi 
Kamis ( 2/2/2023).
 
Lebih lanjut, Abeto pun menegaskan PWI adalah mitra kerja yang sttategis, sehingga ke depan ada beberapa program yang bisa dilaksanakan bersama, seperti sosialiasi hukum ke desa (Jaksa Masuk Kampung) untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.
 
PWI harus ikut agar program itu bisa terekspose ke tengah- tengah masyarakat dan diketahui publik. Misalnya, tentang penggunaan Dana Desa (DD) agar transparan dan tidak melanggar hukum. 
 
"Sebab seperti yang kita ketahui tidak semua kepala desa 'melek hukum' dan berasal dari kalangan birokrasi," ujarnya.
 
Abeto pun menegaskan tentang prestasi yang diraih Kejari Langkat. Ya, paling tidak prestasi yang telah berhasil diraih di tahun 2022 yang lalu.
 
Prestasi itu adalah meraih penghargaan sebagai terbaik I dari Kejati Sumut dalam hal pencapaian kinerja dan prestasi bidang Pidum dan terbaik II nasional penyelesaian perkara berdasarkan RJ (Restorative Justice).
 
Yakni 20 perkara berhasil diselesaikan dan 23 orang tersangka berhasil dibebaskan berdasarkan Perja Nomor : 15 Tahun 2020 tentang Penyelesaian Perkara Melalui Restorative Justice.