ASAHAN -Syekh H. Mustafa BS Rokan merupakan Tokoh Agama Islamdi Kabupaten Asahan. Semasa hidupnya, ia dengan semangat belajar dan mengajarkan pengetahuan agamanya kepada umat di Kabupaten Asahan.
 
Di tahun 1972, Syekh Mustafa mendirikan Rumah Suluk di Desa Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Rumah Suluk itu tetap bermanfaat bagi umat Islam hingga saat ini, walaupun Syekh Mustafa telah wafat pada tahun 2002 silam. Bahkan, Haulnya pun selalu diperingati.

Kini, telah memasuki Haul ke 21 Syekh H. Mustafa BS Rokan. Dalam peringatan ini, Wakil Gubernur, Musa Rajekshah memngambil kesempatan untuk merayakan dan berziarah ke makam di Desa Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Jumat (26/8/2022).

Musa Rajekshah mengaku kagum dengan perjuangan Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan dalam mendirikan rumah suluknya di Dusun III Desa Sei Paham Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan.

"Alhmdulillah kami bisa menghadiri acara Haul ke 21 Allahuyarham Syekh H Mustafa BS Rokan. Selain acara haul, saya juga berkesempatan meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Tahfidz Quran Pondok Pesantren Syekh Abu Shoghir. Juga digelar pameran peninggalan sejarah Syekh H Mustafa BS Rokan seperti batu petir, mustika telur burung merah, telpon ajaib dan lainnya," ungkapnya.

Mendengar cerita Syekh Abu Shoghir, orang yang akrab disapa dengan sebutan Bang Ijek itu mengungkapkan, betapa luar biasanya perjuangan Almarhum Syekh H Mustafa BS Rokan dalam mendirikan rumah suluknya di kampung ini. Ilmu Syekh Mustafa Rokan bisa ditularkan ke Syekh Abu Shoghir. Apalagi sekarang ia telah mewujudkan keinginannya untuk menghadirkan pondok pesantren di kampung tersebut.

"Saya berharap dengan peringatan haul tersebut semakin mengingatkan umat Islam dan jemaah yang hadir dengan kematian. Mengingatkan bahwa kita akan kembali kepadanya (Allah SWT,red)," tuturnya.

Sebelumnya, Pimpinan Pondok Pesantren, Syekh Abu Shoghir pada sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wagubsu beserta rombongan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan pada Haul ini.

"Kedatangan Wagubsu di tempat kami ini merupakan impian kami, karena kami sudah lama mengharapkan beliau datang ke Pondok Pesantren kami. Semoga kehadiran Wagubsu dapat membuat perubahan di kampung kami ini khususnya di Pondok Pesantren Syekh Abu Shoghir," harap Syekh Abu Shoghir.

Di tempat yang sama, Bupati Asahan pada pidatonya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution mengatakan, melalui momentum Haul Syekh H. Mustofa Bs. Rokan Ke-21 ini, dirinya mengajak agar sebarkan ilmu yang bermanfaat, akhlak yang mulia, pribadi yang santun, toleran dan kesolehan sosial sebagaimana senantiasa diajarkan dan diteladani oleh Almarhum semasa beliau hidup.

"Mari kita berikan sumbangan terbaik kepada Bangsa dan Negara kita, baik untuk saat ini maupun untuk generasi berikutnya dan berakhlak mulia agar menjadi bangsa yang berdaya saing tinggi, yang mampu memberikan kontribusi pada pembangunan peradaban," tuturnya.

Dikesempatan ini juga Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada keluarga besar Syekh H. Mustafa Bs. Rokan "Allahuyarham" yang telah mewarisi perjuangan beliau dalam memajukan dakwah, menyebarkan Syiar Islam dan menerapkan nilai-nilai Universal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Kedepan, saya berharap Keluarga Besar Syekh H. Mustafa Bs. Rokan dapat terus meningkatkan peran dan pengabdiannya yang lebih luas lagi dalam meningkatkan iman, ilmu dan amal soleh kaum muslimin terutama di Kabupaten Asahan dan sekitarnya," harap John.

Dikesempatan ini juga para jamaah diberikan tausiyah agama oleh Al-Ustadz TGB. Dr. Ahmad Sabban El-Rahmany Rajagukguk yang mengajak para jamaah untuk memperbanyak dzikir, karena dengan memperbanyak dzikir kepada Allah SWT dapat terhindar dari perbuatan tercela.

Pada haul ini, Wagubsu beserta rombongan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, OPD, Camat Sei Kepayang, Forkopimcam Sei Kepayang, Pimpinan Pondok Pesantren Syekh Abu Shoghir dan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan meletakan batu pertama pembangunan Gedung Tahfidz Qur'an Pondok Pesantren Syekh Abu Shoghir sekaligus melihat peninggalan sejarah dari Syekh H. Mustafa Bs. Rokan dan melanjutkan berziarah.