PALAS –Untuk mendukung program desa yang sehat dan bersih, Pemerintah Desa Gunung Inten, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padanglawas melaksanakan bakti sosial Jumat bersih, Jumat (26/8/2022).
 

Bakti sosial ini meliputi pembersihan pekarangan tempat pemakam umum (TPU) Desa Gunung Inten melibatkan unsur Koramil 08 Barumun Kodim 0212/TS yang dipimpin langsung Pelda Aman P.Nasution.

Sasaran bakti sosial Jumat bersih ini diprioritaskan pada kegiatan kebersihan sampah sampah dan memotong ilalang hang mulai semak belukar di sekitar area pekarangan TPU Desa Gunung Inten.

Pantuan di lokasi kegiatan, warga terlihat antusias dalam kegiatan bakti sosial sebagai bentuk peran serta dalam keikut sertaan untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih dan sehat sebagai wujud kelestarian lingkungan yang aman dan nyaman.

Babinsa Desa Gunung Inten, Pelda Aman P Nasution mengatakan, kegiatan Jumat bersih ini sebagai upaya memberikan motivasi dan edukasi ke masyarakat dan aparat desa agar senantiasa menjaga lingkungan desa yang bersih sebagai cermin budaya hidup sehat dan bersih.

Ia berharap, melalui kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian warga untuk cinta lingkungan bersih dan sehat dalam menopang kemandirian desa yang lebih baik.

"Mari kita jaga lingkungan desa agar selalu bersih yang bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan agar tidak terkontaminasi udara yang tidak sehat yang berdampak bagi kesehatan warga," ajak Pelda Aman.

Sementara, Kepala Desa Gunung Inten, Mhd Imran Harahap mengatakan, kegiatan kerja bakti Jum’at bersih di sekitaran TPU merupakan bentuk kepedulian warga untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih.

"Atas nama pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada pihak Koramil 08 Barumun yang telah memprakarsai kegiatan Jumat bersih," ucapnya.

Imran menambahkan, kegiatan bakti sosial jumat bersih secara gotong royong ini memjadi momentum menjalin silaturahmi sekaligus membangun sinergitas antara masyarakat dan TNI.

Salah seorang warga, Y.Harahap yang ikut di kegiatan bakti sosial Jumat bersih mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan agat tetap bersih tentu tidak terlepas peran serta warga untuk mengaktifkan kegiatan gotong royong secara berkesinambungan.

"Adanya kegiatan Jumat bersih ini, tentu meningkatkan kebersamaan antar warga untuk ambil bagian dalam menciptakan desa yang bersih dan asri," imbuhnya.