TAPSEL -Seribuan Santri dan Pemuda Naposo Nauli Bulung di Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara, Jumat (29/7/2022) malam melaksanakan pawai obor di Jalinsum, sepanjang empat kilometer lebih. Pawai dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H ini menjadi menarik, ketika Pemuda membuat atraksi semburan api.
 
"Kita buat pawai obor ini dalam rangka menyambut tahum baru Islam 1 Muharram 1444 H, pawai dimulai dari Pasar Kelurahan Hutatonga hingga ke Kelurahan Bintuju," ujar Dodi Harahap, koordinator pawai.

Pawai dimulai dari Pasar Kelurahan Hutatonga kemudian berjalan kaki menuju Desa Bintuju dan kembali ke Pasar Hutatonga.

Awalnya, pawai hanya dilakukan Pemuda Naposa Nauli Bulung Kelurahan Hutatonga dan Desa Sipangka. Namun, saat melewati Desa Hutaholbung, rombongan Pawai Pemuda Naposo Nauli Bulung bertemu dan bergbung dengan peserta pawai dari Santri Pesantren Yusufiah Desa Hutaholbung.

Aksi pawai obor ini menjadi menarik, ketika seorang Pemuda Naposo Nauli Bulung melakukan atraksi sembur api dari mulut menggunakan minyak.

"Alhamdulillah sungguh meriah. Terenyuh kita melihatnya. Pawai Obor pemuda dan santri ini menggugah semangat kita untuk lebih baik ke depan" ujar Sofyan Pulungan, warga yang menonton pawai.

Pawai dimulai sekitar pukul 21.00 Wib dan berakhir pukul 22.00 Wib dengan jarak tempuh sekitar 4 kilometer lebih.