TAPSEL - Setelah mengalami kekosongan pupuk subsidi jenis urea hampir dua minggu belakangan ini, akhirnya kelompok tani di Tapanuli Selatan merasa lega. Hingga Minggu (5/12) sebanyak 800 ton lebih pupuk urea bersubsidi sudah masuk ke Tapanuli Selatan. "Hingga hari ini, secara bertahap sudah masuk 800 ton pupuk untuk Petani Tapanuli Selatan ke gudang distributor. Pupuk ini langsung kita salurkan ke pengecer dan petani," ujar Kadis Pertanian Tapanuli Selatan Ir Bismark Maratua Siregar melalui pesan singkat WhatsApp ke awak media, Minggu (5/12/2021).
 
Lebih jauh Kadis Pertanian Tapanuli Selatan ini menyampaikan, masuknya pupuk ini, akan memenuhi kebutuhan petani pada musim tanam untuk akhir tahun ini.
 
Masuknya pupuk untuk kebutuhan petani Tapanuli Selatan ini, tentu disambut gembira oleh petani. kekhawatiran petani akan kekurangan pupuk subsidi akhirnya terobati.
 
"Terimakasih Pemda Tapsel dan semua Stek holder, akhirnya kami petani ini merasa tenang untuk tanam padi musim ini," ujar Mak Peni, petani di Kecamatan Angkola Muaratais.
 
Kelangkaan pupuk urea yang sempat terjadi beberapa waktu di Kabupaten Tapanuli Selatan, dipengaruhi berkurangnya jatah pupuk bersubsidi untuk Tapanuli Selatan dari pemerintah. Sementara untuk jenis pupuk lainnya ZA, SP36, Phonska, organik tidak mengalami kelangkaan di masyarakat karena stok yang sudah ada.