PADANGSIDIMPUAN - Persatuan Wartawan (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) menggelar Workshop Pengenalan Jurnalistik kepada Kepala Desa se Kota Padangsidimpuan, Selasa (16/11/2021) di Emerald Hald Hotel Mega Permata, Kota Padangsidimpuan.


Workshop tersebut mengambil Tema "Sinergitas PWI dengan Pemerintah Desa Wujudkan Padangsidimpuan Bersinar Menuju Indonesia Maju".

"Hari ini banyak media yang menghiraukan tata cara pendiriannya. Untuk itu saya mengajak seluruh media agar mengikuti seluruh ketentuan - ketentuan tata cara mendirikan media yang baik," ujar Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution.

"Saya pernah mendengar dari senior media mengatakan, satu peristiwa pantas atau tidak pantas ditulis oleh seorang wartawan, keputusan terakhir ada pada hati nuraninya, tapi kalau kemudian dengan menulis berita ini tidak memberi kemaslahatan, tidak memberi kemanfaatan kepada pembaca, sesungguhnya wartawan harus mengabaikan itu, ini antara lain yang dijelaskan kepada saya dan itu tertuang dalam kode etik jurnalistik wartawan Indonesia," jelasnya.

Walikota juga berharap kepada teman - teman pers khusunya PWI di Tabagsel dengan seluruh unsur Pemerintahan Kota Padangsidimpuan melalui workshop ini akan semakin baik sinergitasnya di masa - masa yang akan datang.

Ketua Panitia, Mohon Lubis dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat sinergitas antara PWI Tabagsel dengan kepala desa dalam rangka menuju Padangsidimpuan bersinar untuk mewujudkan Indonesia maju.

Sementara, Sukri Falah, Ketua PWI Tabagsel mengatakan kegiatan ini sudah direncanakan mulai tahun yang lalu menyikapi aspirasi dari kawan - kawan kepala desa. Di mana selama ini banyak didatangi oleh kawan - kawan jurnalis dan yang mengaku jurnalis, jadi sehingga kawan - kawan kepala desa tidak tahu yang mana jurnalis dan yang bukan jurnalis.

"Maka untuk itu kita laksanakan Workshop ini buat teman - teman kepala desa untuk mengetahui yang mana benar - benar Jurnalis dalam memperkuat sinergitas antara PWI Tabagsel dan teman - teman Kepala desa menuju Padangsidimpuan bersinar untuk mewujudkan Indonesia maju," ucapnya.

Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Sumut dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh PWI Tabagsel sudah bersusah payah dalam menyukseskan acara ini.

"Kegiatan ini adalah visi - misi saya waktu saya maju sebagai Ketua PWI Sumut dan saya harus mewujudkan visi - misi yang sebagai tanggung jawab saya," Ujarnya

Workshop ini juga dihadiri Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto, Kajari Padangsidimpuan yang diwakili Kasi Intel Sonang Simanjuntak, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumut Muhammad Syahrir, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa se Kota Padangsidimpuan.