TAPSEL - Akses jalan Desa Somba Debata - Padang Mandailing Galugur di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, kembali lancar dilalui kendaraan karena sebelumnya sempat tertutup akibat tertimbun material longsor. "Alhamdulillah, akses jalan sudah kembali lancar setelah alat berat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel bekerja di lokasi untuk memindahkan material yang berisi tanah dan batu tersebut," kata Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Selasa (31/8/2021).

Sebelumnya, Minggu (29/8/2021), Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, meninjau lokasi jalan longsor di Dusun Bangun Purba, Desa Padang Mandailing Garugur, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapsel. Tampak timbunan longsor yang menimbun jalan sepanjang lebih kurang 20 meter yang menghubungkan antara Desa Sombadebata Purba dan Padang Mandailing Garugur.

"Kami biasanya setiap akhir pekan melakukan monitoring ke posko Covid-19 dan Rumah Isolasi Mandiri yang ada di desa se-Kabupaten Tapanuli Selatan. Begitu kami mengetahui adanya longsor, maka Saya perintahkan Camat, Kalaksa BPBD, Camat Saipar Dolok Hole untuk meninjau dan melakukan tindakan segera," tutur Bupati.

Bupati menyampaikan, pihaknya hadir untuk bergerak cepat supaya akses jalan yang sempat terputus akibat tertimbun longsor bisa segera dilewati oleh masyarakat seperti sediakala.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada TNI-Polri yang turut berjibaku merespons adanya musibah longsor yang terjadi pada Jumat (28/8/2021) malam itu.

"Karena TNI-Polri telah sigap dan berperan aktif dalam memperlancar arus lalulintas di Desa Padang Mandailing Garugur ini. Mudah-mudahan, ke depan tidak ada lagi kendala dalam perbaikan akses jalan di sekitar kawasan tersebut," harap Bupati.