PALAS - Masyarakat Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas, bergotong royong memperbaiki akses jalan lintas desa. Selain perbaikan akses jalan, warga juga bergotong royong melaksanakan pengecoran drainase saluran parit untuk aliran air agar badan jalan tidak tergenang air pada saat musim hujan.

Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri menjelaskan, gotong royong yang dilakukan masyarakat sesuai dengan hasil musyawarah desa.

“Dalam musdes disepakati bersama bahwa pembangunan drainase yang menggunakan anggaran dana desa dikerjakan secara gotong royong,” jelasnya, Selasa (31/8/2021).

Kata Hasan Basri, untuk pembangunan drainase tersebut menelan anggaran senilai Rp 391.493.000 dengan panjang mencapai 886 meter.

"Dari anggaran termasuk upah untuk tenaga teknisinya dan ada juga untuk pekerjanya," terangnya.

Hasan Basri menjelaskan, sistem pengerjaannya dikerjakan oleh masyarakat dengan sistem gotong royong tanpa upah.

"Upah yang seharusnya diterima oleh masyarakat dibeli untuk anggaran kebutuhan material pembangunan drainase," imbuhnya.

Menurut dia, prioritas pembangunan drainase sangat mendukung kondisi jalan desa agar tidak tergenang air pada saat musim hujan.

Kalau drainase baik, sambung dia, secara otomatis jalan desa akan bagus dan tidak tergenang air khususnya pada musim penghujan seperti saat ini.

”Apabila jalan desa bagus tentu berdampak mendorong peningkatan perekonomian masyarakat akan lebih baik. Sarana transportasi yang baik sangat penting karena mendukung kelancaran produksi pertanian dan perkebunan yang dengan mudah dapat diangkut keluar dari desa," pungkasnya.