PALAS - Upaya mendukung ketahanan pangan di daerah setempat, Dinas Pertanian Kabupaten Padanglawas menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan SMK Terpadu Ja'fariyah Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Selasa (31/8/2021).
Dalam perjanjian kerjasama tersebut, kedua pihak sepakat untuk melaksanakan budi daya tanaman pangan dan hortikultura yang ditandai tangani antara Dinas Pertanian dan Pimpian SMK Terpadu Ja'fariyah Hutaibus.

Dari pihak SMK Ja'fariyah ditandatangi oleh Kepala Sekolah H. Pauzan Hamidy Hasibuan, S.Ag dan dari Dinas Pertanian ditandatangi Kepala Dinas, Falah Alfitri, S.Tp.

Kepala SMK terpadu Ja’Fariyah Hutaibus, H. Pauzan Hamidy Hasibuan mengatakan, melalui perjanjian kerjasama ini akan menambah khazanah keilmuwan siswa dalam bidang tanaman pangan dan hortikultura.

Disamping itu, kata Pauzan, mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan dalam bidang pertanian.

Lebih dari itu, sambung Pauzan, peserta didik sekolah yang dipimpinnya lebih mengarahkan kepada spesifik jurusan yang dipilih untuk pengembangan pertanian.

Sementara itu, Kadis Pertanian Palas Falah Alfitri mengatakan, dengan adanya perjanjian kerjasama ini, peserta didik dapat menggunakan fasilitas atau jasa instansi Pertanian termasuk lahan percontohan pertanian di lingkungan Balaka Sitongkon.

"Kita berharap, melalui Mou ini memberi dampak positif dalam pengembangan pertanian yang memberikan kontrubusi untuk mendukung ketahahan pangan bagi Kabupaten Palas," harapnya.

Ia menambahkan, budi daya tanaman ini diprogramkan akan dilaksanakan di lokasi lahan Dinas Pertanian yang berada di wilayah Kecamatan Lubuk Barumun.