PADANGSIDIMPUAN - Dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kota Padangsidimpuan Kepolisian Resor Padangsidimpuan (Polres Padangsidimpuan) menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Tracing kepada Lurah dan Kepala Lingkungan (Kepling) se Kecamatan Padangsidimpuan Utara di Jalan Sudirman (Alaman Bolak) Kelurahan Wek II depan Pos Kota Polres Padangsidimpuan, Sabtu (24/7/2021). Giat Sosialisasi dan Pelatihan Tracing yang dipimpin langsung Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini S.IK, MH yang di hadiri oleh Camat Padangsidimpuan Utara Zulkifli Lubis, Dan Ramil Kota Kapten B Hutabarat, Kasat Binmas AKP Sulhan Arifin Siregar SH, Padal Padangsidimpuan Utara Iptu Suhairi SH, Para Lurah se Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Para Kepling se Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Tracing Padangsidimpuan Utara Polres Padangsidimpuan.

Rangkaian kegiatan antara lain Paparan Kapolres Padangsidimpuan terkait Data, situasi dan kondisi pandemi Covid-19 di wilayah Kota Padangsidimpuan dan Penjelasan Konsep Dasar dan cara bertindak terkait pelaksanaan Tracing yg perlu di dampingi Kepling.

Serta Pembekalan cara pelacakan, pemantauan dan pengawasan yang Isolasi mandiri (Isoman) dan Pembagian SOP Isoman untuk dipedomani oleh yang terpapar Covid-19.

“Mengingat situasi Covid-19 saat ini yang kian mengkuatirkan, maka tindakan tracing dianggap perlu sebagai langkah antisipasi. Tracing juga harus disaksikan minimal oleh Kepling setempat, agar penyebaran Covid-19 dapat dideteksi secara dini di suatu lingkungan,” terang Kapolres.

Tak hanya itu, Kapolres juga memberikan pembekalan singkat tentang cara melacak, memantau, serta mengawasi masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri (Isoman) Covid-19. Kapolres juga meminta supaya buku panduan standar opersional prosedur (SOP) sebagai pedoman warga Isoman yang terpapar Covid-19.

“Sebab, melalui buku panduan itu, diharap seseorang yang terpapar Covid-19 mampu memulihkan dirinya lebih cepat,” tambah Kapolres

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini mengharapkan agar para Tracer yang telah diberikan Pelatihan dapat menjalankan tugasnya dengan baik, serta peserta giat sosialisasi dan pelatihan tracing agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan Pola 5 M serta dalam berkegiatan.

Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Tracing berlangsung aman dan lancar dengan Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 yaitu peserta pelatihan maupun nara sumber menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.