TAPSEL - Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, menghadiri rapat Deteksi Dini Konflik Pengendalian Penyebaran (DDKPP) Covid-19, Rabu (7/7/2021) di Aula Beringin Eks. Kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga, Kota Padangsidimpuan. Rapat yang dihadiri Dandim 0212/Tapanuli selatan Letkol. Inf. Rooy Chandra Sihombing, Sekda Tapsel Parulian Nasution, dan Kaban Kesbangpol Tapsel Hamdi S. Pulungan, juga dihadiri para Kabag Sejajaran Polres Tapsel, para Kasat sejajaran Polres Tapsel, dan Forkopimda Tapsel.

Sekda Kabupaten Tapanuli Selatan Parulian Nasution berharap semua pihak dapat mendorong vaksinator untuk melaksanakan vaksinasi tepat waktu agar terlaksana vaksinasi dengan lancar menyediakan tempat yang memadai agar tidak terjadinya kerumunan sehingga terjaga dari Covid-19.

"Kami menyesuaikan arahan dari Dandim dan Kapolres agar tetap bersama sama dalam mengambil langkah yang tepat, untuk menangani pandemi covid 19," kata Sekda Tapsel"

Sekda Tapsel juga memberikan informasi dari juru bicara untuk selanjutnya meminta pendapat dan solusi mengenai apa yang harus dilakukan pemerintah daerah dan instansi terkait, karena perubahan status Covid-19 ke status orange.

Sementara Kapolres Tapsel AKBP Roman dalam arahan memberikan edukasi terhadap warga pentingnya vaksin untuk kekebalan tubuh kepada masyarakat, khususnya di daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, serta upaya meningkatkan dan mendorong masing-masing kecamatan agar dapat mengikuti vaksinasi massal.

"Polres Tapsel siap mendukung dan berharap agar target dalam melaksanakan vaksinasi massal dapat tercapai sesuai target yang ditentukan," terang Kapolres AKBP Roman.

Kapolres menambahkan, di jajaran Polres Tapsel hingga saat ini terus melakukan berbagai upaya penegakan protokol kesehatan Covid-19 bersama instansi terkait lainnya, guna menegakan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Bekerja sama beserta jajaranya mulai dari Polsek dan Danramil, camat serta perangkat sesa sudah mengimbau tentang pelaksanaan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat, diantaranya mewajibkan masyarakat disiplin memakai masker ketika beraktivitas, melakukan cuci tangan, disiplin melaksanakan jaga jarak dan melaksakan pola hidup sehat," jelas Kapolres.

Di lokasi yang sama, Dandim 0212/TS Letkol. Inf. Rooy Chandra Sihombing juga memberikan arahan dan mengimbau, agar edukasi terhadap masyarakat terus disampaikan, termasuk melalui peran tokoh masyarakat untuk menyatukan pemahaman tentang pencegahan Covid-19 di lingkungan sekitar.

"Di harapkan kepada anggota TNI- POLRI dan Pemerintah mulai dari perangkat Desa Maupun anggota Babinsa dan anggota Bhabinkamtibmas dapat menjadi contoh bagi masyarakat di lingkungannya," ucap Dandim.