ASAHAN - Tukang las yang hanya lulusan SD di Asahan baru-baru ini menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Sebab, aksinya cukup viral karena telah merakit sebuah helikopter. Tukang Las tersebut adalah Irwan Piliang (57) warga Jalan Akasia, Lingkungan I, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan.

Dari berita sebelumnya, Irwan mengaku telah menghabiskan uang sebanyak 7 juta rupiah untuk membuat helikopter tersebut. Kemudian akan menguji coba dalam waktu dekat.

Berdasarkan hal tersebut, Lurah Mekar Baru, Hermansyah SH menggelar musyawarah dengan memanggil Irwan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepling dan beberapa warga setempat lainnya untuk membahas segala sesuatunya, mengantisipasi hal-hal yang diluar kendali dan risiko keamanan warga dengan pihak terkait.

Dalam musyawarah, Lurah Mekar Baru mengapresiasi kerja dan karya Irwan. Dengan keyakinan yang kuat, Irwan melakukan perakitan helikopter sendiri.

“Secara pribadi saya mengapresiasi Pak Iwan dengan hasil karya yang sangat bagus. Semua itu dilakukan sendiri tanpa merepotkan pihak mana pun, Doa kami sukses selalu untuk Pak Iwan,” ucap Hermansyah.

Hermansyah meminta agar selain berkarya dengan ide atau inovasi tersebut, hendaknya bersama sama memahami dan mentaati aturan yang ada, dan mengedepankan kepentingan dan keselamatan orang banyak.

“Untuk itu dalam uji coba nantinya, saya menghimbau kepada Pak Irwan agar memperhatikan keselamatan diri sendiri, juga keselamatan warga sekeliling kita, sebab sesuai info yang diterima, uji coba akan dilakukan di lapangan Hoki Kisaran, yang perlu diingat, wilayah itu sangat dekat dengan pemukiman warga, atau komplek bangsal yang sangat padat penduduknya,” terang Lurah Mekar Baru ini.

Hermansyah berharap agar pelaksaan uji coba Helikopter tersebut, dapat mencari lokasi yang betul-betul aman, minimal bukan di tempat yang padat penduduk, hal ini untuk mengantisipasi atau memperkecil resiko yang mungkin terjadi di luar rencana.

“Saya tidak menyuruh, juga tidak bisa melarang, tapi kalau bisa carilah lokasi yang sepi, atau yang tidak ada warga berdomisili, minimal mengantisipasi resiko yang tak terduga, ini sebagai bentuk rasa sayang kami ke Pak Iwan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Irwan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak pihak yang sudah peduli mengingatkan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan masyarakat.

Dengan komitmen yang kuat, Irwan mengatakan akan tetap melaksanakan uji coba pada hari yang telah ditetapkan. Namun, untuk tempat Irwan akan menggeser ke tempat lain demi keselamatan bersama.

“Kalau rencana uji cobanya tetap kita lakukan, tapi untuk lokasi akan kita geser demi keamanan, kemungkinan di tengah sawitan di sekitar Jalan Tusam,” pungkasnya.